Latest News

Contoh Soal Essay Sejarah Kelas Xi Semester 1 Beserta Jawabannyakurikulum 2013 - Foldersoal.Com - Soal Dan Pembahasan Un | Uambn Uasbn Unbk

Contoh Soal Essay Sejarah Kelas XI Semester 1 Beserta Jawabannya Kurikulum 2013 yang sedang Anda baca ini , berisikan materi sejarah bab kesatu alias pertama dengan berisikan materi yang sama dengan 50 Soal Sejarah Kurikulum 2013 Kelas 11 Semester 1 Beserta Jawaban , yaitu perihal "Masuk dan Berkembangnya Kolonialisme dan Imprealisme Barat di Indonesia" , dengan sub pokok bahasan latar belakang masuknya bangsa Eropa ke Indonesia.

Selain itu , materi soal sejarah di atas , merupakan sub pokok bahasan sebelum siswa SMA/SMK/MA/MAK mengadakan penilaian tengah semester satu sejarah kelas 11.

Berikut di bawah ini , pola soal dengan kunci jawabannya:

1. Apa tujuan bangsa Barat ke Indonesia sehabis era ke-18?
Jawaban: mendapatkan materi baku industri , tempat atau tempat pemasaran hasil industri , mendapatkan tenaga kerja yang murah , dan tempat menanamkan modal.

2. Mengapa jatuhnya konstantinopel dianggap sebagai salah satu faktor pendorong bangsa Eropa mencai tempat rempah-rempah sendiri?
Jawaban: jatuhnya Konstantinopel pada tahun 1453 ke Turki Utsmani mengakibatkan pasokan rempah-rempah ke wilayah Eropa terputus. Hal ini dikarenakan boikot yang dilakukan oleh Turki Utsmani kepada bangsa Eropa. Situasi ini mendorong orang-orang Eropa menjelajahi jalur pelayaran ke wiilayah yang banyak mempunyai materi rempah-rempah , termasuk kepulauan Nusantara (Indonesia).

3. Bagaimana perilaku bangsa Indonesia pada awal kedatangan bangsa Barat?
Jawaban: bangsa Indonesia mendapatkan dengan baik atas kedatangan Bangsa Barat pada awalnya. Setelah tahu bahwa bangsa Barat hanya akan memanfaatkan kekayaan Indonesia , maka rakyat Indonesia mulai tidak suka dan segera melaksanakan perlawanan dengan sekuat tenaga hingga titik darah penghabisan.

4. Apa tujuan awal bangsa Barat tiba ke Indonesia?
Jawaban: pada awalnya , tujuan kedatangan bangsa Eropa ke Indonesia hanya untuk membeli rempah-rempah dari para petani di Indonesia. Namun , dengan semakin meningkatnya kebutuhan industri di Eropa akan rempah-rempah , mereka lalu mengkalim daerah-daerah yang mereka kunjungi sebagai tempat kekuasaannya. Di tempat-tempat ini , bangsa Eropa memonopoli perdagangan rempah-rempah dan mengeruk kekayaan alam sebanyak mungkin. Dengan memonopoli perdagangan rempah-rempah , bangsa Eropa menjadi satu-satunya pembeli bahan-bahan ini. Akibatnya , harga bahan-bahan ini pun sangat ditentukan oleh mereka.

5. Apa yang dimaksud dengan gospel?
Jawaban: orang Eropa yang sebagian besar beragama Nasrani terdorong untuk pergi kemana pun guna mewartakan Bibel (gospel). Mereka percaya bahwa mewartakan Bibel kepada orang-orang yang belum mengenal Tuhan ialah salah satu panggilan hidupnya.

Lanjut ke soal berikutnya => Contoh Soal Essay Sejarah Kelas XI Semester 1 Beserta Jawabannya Kurikulum 2013 Part-2
Berbagai Sumber

0 Response to "Contoh Soal Essay Sejarah Kelas Xi Semester 1 Beserta Jawabannyakurikulum 2013 - Foldersoal.Com - Soal Dan Pembahasan Un | Uambn Uasbn Unbk"

Total Pageviews