Latest News

Contoh Soal Pts Seni Budaya Kelas 11 Semester 1 Kurikulum 2013 -Foldersoal.Com - Soal Dan Pembahasan Un | Uambn Uasbn Unbk

Soal Penilaian Tengah Semester (PTS) Seni Budaya kelas 11 semester 1 kurikulum 2013 beserta tanggapan yang sedang anda baca ini , berisikan pokok bahasan mulai dari materi ihwal Berkarya Seni Rupa hingga soal SBK ihwal Musik Barat.

Ada sekitar 50 butir soal (30 PG + 20 essay) yang sanggup anda pelajari dan jadikan referensi dalam menghadapi Perguruan Tinggi Swasta SBK semester satu atau Mid/UTS SBK di tahun ini.
Baca juga: 170 Contoh Soal Perguruan Tinggi Swasta SBK K13 Kelas 11 Semester 1 Lengkap dengan Jawaban
Oke , berikut rujukan soal dengan kunci jawabannya.

1. Unsur seni rupa yang memperlihatkan abjad pada permukaan bidang yang sanggup dilihat dan diraba adalah…
a. bentuk
b. warna
c. ruang
d. tekstur
e. garis
Jawaban: d. tekstur
Pembahasan:
Tekstur merupakan unsur seni rupa yang memperlihatkan watakkarakter pada permukaan bidan yang sanggup dilihat dan diraba. Tekstur sanggup dibedakan menjadi dua yaitu tekstur alamiah dan tekstur buatan atau tiruan.

2. Dibanding dengan perkembangan seni tradisi lain , kerajinan anyaman mempunyai perkembangan sangat….
a. lambat
b. sedang-sedang saja
c. cepat
d. cukup cepat
e. sangat cepat
Jawaban: a. lambat
Pembahasan:
Dibanding dengan perkembangan seni tradisi lain , kerajinan anyaman mempunyai perkembangan yang lambat. Pada awal perkembangan nya kerajinan anyaman mempunyai bentuk yang sederhana dan hanya sekedar untuk memenuhi kebutuhan praktis. Namun demikian , perkembangan terkini kerajinan ini mulai muncul dalam banyak sekali varian yang sangat indah dan dipakai tidak sekedar sebagai pembuat alat-alat kebutuhan eksklusif , asesoris fashion , dan sebagainya. Perkembangan ini menerangkan bahwa karya seni anyaman mempunyai potensi besar sebagai komoditas industry kreatif yang bernilai estetis dan ekonomi yang tinggi.

3. Jenis gambar yang dibentuk dengan coretan-coretan yang menitikberatkan abjad objeknya dan bersifat sindiran , olok-olokan , dan kritikan yang dibentuk lucu disebut…
a. sketsa
b. kolasa
c. poster
d. karikatur
e. reklame
Jawaban: d. karikatur
Pembahasan:
Karikatur , ialah gambar yang dibentuk dengan coretan-coretan yang menitikberatkan abjad objeknya , gambarnya bersifat sindiran , olok-olokan , dan kritikan yang dibentuk lucu. Pada umumnya , insiden yang digambarkan ialah insiden yang dilakukan oleh orang-orang ternama atau tokoh-tokoh dunia.

4. Garis yang sanggup mengungkapkan kesan damai , statis , atau stabil diwakili dengan bentuk….
a. putus-putus
b. silang
c. lengkung
d. lurus vertikal
e. patah-patah
Jawaban: d. lurus vertikal
Pembahasan: -

5. Ruang yang berada dalam batasan benda , di antaranya ruang eksterior bangunan atau ruang patung disebut  dengan ruangan…
a. terbuka
b. tertutup
c. perlambangan
d. gelap terang
e. interior
Jawaban: b. tertutup
Pembahasan:
Ruang tertutup atau ruang terbatas , yaitu ruang yang berada dalam batasan benda , ibarat ruang eksterior bangunan dan ruang patung.

6. Deretan warna yang letaknya berdampingan dengan bulat warna disebut…
a. analogus
b. tertier
c. sekunder
d. primer
e. komplementer
Jawaban: a. analogus
Pembahasan:
Warna analogus , yaitu gugusan warna yang letaknya berdampingan dalam bulat warna , misalnyaderetan dari warna ungu menuju warna merah , gugusan warna hijau menuju warna kuning dan lain-lain.

7. Kata simbol berasal dari bahasa Yunani symbolon ( symballo) yang berarti….
a. dibentuk tanpa makna
b. asal – usul
c. tanpa maksud apapun
d. tanpa sebab
e. menarik kesimpulan
Jawaban: a. dibentuk tanpa makna
Pembahasan:
Simbol ialah warna yang mengandung makna atau arti. Kata simbol dalam bahasa inggris symbol. Latin symbollium , berasal dari bahasa yunani symbolon yang berarti menarik kesimpulan berarti , atau memveri kesan .

8. Seni yang dibentuk dengan garis-garis yang sederhana dan dilakukan setrik impulsif tetapi penuh makna disebut…
a. poster
b. sketsa
c. grafis
d. kolase
e. karikatur
Jawaban: b. sketsa
Pembahasan:
Sketsa ialah belahan seni yang dibentuk dengan garis-garis yang sederhana dan dilakukan setrik impulsif tetapi penuh makna.

9. Seni berupa gambar reklame yang berisi undangan , proposal , larangan , dan peringatan disebut…
a. poster
b. sketsa
c. grafis
d. kolase
e. karikatur
Jawaban: a. poster
Pembahasan:
Poster ialah gambar reklame yang berisi undangan , proposal , larangan , peringatan , dan lain-lain dan bersifat sosial. Pada umumnya poster hampir sanggup kita lihat di setiap seluk beluk jalan maupun rumah-rumah.

10. Warna pensil memperlihatkan area produksinya. Jika diproduksi dari negara Brasil , maka akan memberi warna…
a. kuning
b. hijau
c. hitam merah
d. merah
e. ungu
Jawaban: b. hijau
Pembahasan:
Warna pensil memperlihatkan area produksinya. Pabrik-pabrik di Amerika Utara memberi warna kuning , jerman dan Brasil memberi warna hijau.

Lanjut ke soal UTS no. 11-20 => Contoh Soal Perguruan Tinggi Swasta Seni Budaya Kelas 11 Semester 1 Kurikulum 2013 Part-2

Berbagai Sumber

0 Response to "Contoh Soal Pts Seni Budaya Kelas 11 Semester 1 Kurikulum 2013 -Foldersoal.Com - Soal Dan Pembahasan Un | Uambn Uasbn Unbk"

Total Pageviews