50 Soal Sejarah Kurikulum 2013 Kelas 11 Semester 1 Beserta Jawaban penggalan pertama hingga dengan bagian ke-2 (soal nomor 11-20) , kedua soalnya berbentuk pilihan ganda. Dan untuk penggalan ketiga soal sejarah Indonesia kelas xi semester satu soalnya berbentuk essay/uraian , dengan dimulai dari nomor 21 berikut ini:
21. Apa saja dampak konkret pelaksanaan sistem tanam paksa bagi rakyat Indonesia?
Jawaban:
- Petani mengenal jenis flora gres dari luar negeri
- Petani mengetahui kawasan agn sesuai untuk jenis flora tertentu
- Petani mengetahui trik mengolah tanah dan memelihara flora ekspor
- Pasar internasional mengetahui hasil flora perdagangan Indonesia
22. Sebutkan laba yang diperoleh Portugis dikala sanggup menguasai Malaka!
Jawaban: Portugis akan menguasai jalur perdagangan penting di Asia , termasuk perdagangan rempah-rempah. Malaka sanggup dijadikan kerikil loncatan untuk menguasai perdagangan rempah-rempah di Maluku. Itulah sebabnya , Portugis membangun basis militer yang berpengaruh di Malaka.
23. Kerajaan di Maluku yang mendapatkan kedatangan bangsa Portugis adalah....
Jawaban: Kerajaan Ternate
24. Tujuan diadakannya sistem tanam paksa oleh Van den Bosch adalah....
Jawaban: Untuk mendapatkan laba yang sebesar-besarnya , guna menutupi kekosongan kas negara dan untuk membayar utang-utang negara
25. Penyebab bangsa Eropa mencari rempah-rempah ke Indonesia yaitu jatuhnya Kota Konstantinopel ke tangan bangsa....
Jawaban: Turki Usmani
26. Buku Imago Mundi menceritakan tentang....
Jawaban: perjalanan Marcopolo ke dunia timur yang kaya akan rempah-rempah
27. Buku karangan Multatuli yang isinya memprotes pelaksanaan tanam paksa berjudul....
Jawaban: Max Havelaar
28. Berdasarkan isi Kapitulasi Tuntang , orang-orang sipil Belanda sanggup dipekerjakan pada pemerintahan....
Jawaban: Inggris
29. Verplichte Leverantie , yaitu....
Jawaban: kewajiban bagi raja pribumi untuk membyar pajak hasil bumi kepada Belanda
30. Akhirnya , pelaksanaan sistem tanam paksa dihapuskan , diawali dengan dikeluarkannya....
Jawaban: Undang-undang (Regrering Reglement) pada tahun 1854 wacana pembatalan perbudakan.
31. Bangsa Eropa yang pertama kali hingga di Indonesia adalah....
Jawaban: Portugis
32. Bangsa Eropa tiba ke Indonesia guna mengembangkan agama Nasrani. Hal ini disebut dengan semangat....
Jawaban: Gospel
33. Siapakah yang mencetuskan diterapkannya sistem tanam paksa?
Jawaban: Gubernur Jenderal Van den Bosch
34. Sebutkan tokoh humanis yang menentang adanya sistem tanam paksa!
Jawaban: Edward Douwes Dekker , Baron van Hoevell , Fransen van de Pute , dan Van Deventer.
35. Apa yang dilakukan Daendels untuk menutup utang-utang Belanda?
Jawaban: Untuk menutup utang-utang Belanda dan biaya-biaya pembaruan tersebut , Daendels kembali menjual tanah negara beserta isinya kepada swasta sehingga timbullah sistem tuan tanah di Jawa yang bertindak sebagai raja kawasan , contohnya disekitar Batavia dan Probolinggo.
Lanjut ke soal nomor 36-50 => 50 Soal Sejarah Kurikulum 2013 Kelas 11 Semester 1 Beserta Jawaban Part-4 Berbagai Sumber
21. Apa saja dampak konkret pelaksanaan sistem tanam paksa bagi rakyat Indonesia?
Jawaban:
- Petani mengenal jenis flora gres dari luar negeri
- Petani mengetahui kawasan agn sesuai untuk jenis flora tertentu
- Petani mengetahui trik mengolah tanah dan memelihara flora ekspor
- Pasar internasional mengetahui hasil flora perdagangan Indonesia
22. Sebutkan laba yang diperoleh Portugis dikala sanggup menguasai Malaka!
Jawaban: Portugis akan menguasai jalur perdagangan penting di Asia , termasuk perdagangan rempah-rempah. Malaka sanggup dijadikan kerikil loncatan untuk menguasai perdagangan rempah-rempah di Maluku. Itulah sebabnya , Portugis membangun basis militer yang berpengaruh di Malaka.
23. Kerajaan di Maluku yang mendapatkan kedatangan bangsa Portugis adalah....
Jawaban: Kerajaan Ternate
24. Tujuan diadakannya sistem tanam paksa oleh Van den Bosch adalah....
Jawaban: Untuk mendapatkan laba yang sebesar-besarnya , guna menutupi kekosongan kas negara dan untuk membayar utang-utang negara
25. Penyebab bangsa Eropa mencari rempah-rempah ke Indonesia yaitu jatuhnya Kota Konstantinopel ke tangan bangsa....
Jawaban: Turki Usmani
26. Buku Imago Mundi menceritakan tentang....
Jawaban: perjalanan Marcopolo ke dunia timur yang kaya akan rempah-rempah
27. Buku karangan Multatuli yang isinya memprotes pelaksanaan tanam paksa berjudul....
Jawaban: Max Havelaar
28. Berdasarkan isi Kapitulasi Tuntang , orang-orang sipil Belanda sanggup dipekerjakan pada pemerintahan....
Jawaban: Inggris
29. Verplichte Leverantie , yaitu....
Jawaban: kewajiban bagi raja pribumi untuk membyar pajak hasil bumi kepada Belanda
30. Akhirnya , pelaksanaan sistem tanam paksa dihapuskan , diawali dengan dikeluarkannya....
Jawaban: Undang-undang (Regrering Reglement) pada tahun 1854 wacana pembatalan perbudakan.
31. Bangsa Eropa yang pertama kali hingga di Indonesia adalah....
Jawaban: Portugis
32. Bangsa Eropa tiba ke Indonesia guna mengembangkan agama Nasrani. Hal ini disebut dengan semangat....
Jawaban: Gospel
Jawaban: Gubernur Jenderal Van den Bosch
34. Sebutkan tokoh humanis yang menentang adanya sistem tanam paksa!
Jawaban: Edward Douwes Dekker , Baron van Hoevell , Fransen van de Pute , dan Van Deventer.
35. Apa yang dilakukan Daendels untuk menutup utang-utang Belanda?
Jawaban: Untuk menutup utang-utang Belanda dan biaya-biaya pembaruan tersebut , Daendels kembali menjual tanah negara beserta isinya kepada swasta sehingga timbullah sistem tuan tanah di Jawa yang bertindak sebagai raja kawasan , contohnya disekitar Batavia dan Probolinggo.
Lanjut ke soal nomor 36-50 => 50 Soal Sejarah Kurikulum 2013 Kelas 11 Semester 1 Beserta Jawaban Part-4 Berbagai Sumber
0 Response to "50 Soal Sejarah Kurikulum 2013 Kelas 11 Semester 1 Beserta Jawabanpart-3 - Foldersoal.Com - Soal Dan Pembahasan Un | Uambn Uasbn Unbk"