Latest News

Beasiswa Jepang 2018

Program Japanese Studies 2018 merupakan aktivitas non-gelar yang akan dilaksanakan selama satu tahun di universitas yang ada di Jepang. Para kandidat terpilih akan diberangkatkan ke Jepang pada bulan September 2018 dan di selesai aktivitas kandidat akan mendapat sertifikat.

Cakupan pembiayaan:
  1.  Tanggungan penuh biaya perkuliahan.
  2.  Tunjangan hidup senilai ± 117.000 Yen (Rp 13 juta) per bulan.
  3.  Tiket pesawat PP Indonesia – Jepang.
  4.  Bebas biaya pembuatan visa pelajar.
  5.  Beberapa universitas menyediakan asrama. Biaya dibayarkan dari pertolongan hidup yang diberikan. Untuk universitas yang tidak menyediakan asrama, pihak universitas sanggup membantu mencarikan daerah tinggal kalau dibutuhkan.
  6.  Beasiswa tidak bersifat ikatan dinas.
Persyaratan:
  1.  Merupakan mahasiswa aktif jenjang S1 jurusan Sastra atau Pendidikan Bahasa Jepang.
  2.  Sehat jasmani dan rohani.
  3.  Berusia maksimal 29 tahun pada tanggal 1 April 2018 (lahir antara 2 April 1988 hingga 1 April 2000).
  4.  Merupakan mahasiswa minimal semester 3.
  5.  Mendapatkan rekomendasi dari institusi daerah berkuliah ketika ini, menurut seleksi internal di institusi masing-masing.
  6.  Belum akan mengikuti sidang skripsi selama proses seleksi berlangsung maupun pada ketika telah ditetapkan sebagai peserta beasiswa.
  7.  Pelamar harus segera kembali ke Indonesia dan melanjutkan kuliah sehabis aktivitas beasiswa selesai.
  8.  Bagi pelamar yang mempunyai salah satu kondisi/situasi berikut, tidak sanggup mendaftar beasiswa ini (Baca : Persyaratan Kondisi)
Berkas dokumen yang dibutuhkan:
  1.  Surat Pengantar dari Ketua Jurusan berisi daftar mahasiswa yang direkomendasikan oleh Ketua Jurusan. Surat dibentuk dalam bahasa Jepang atau Inggris.
  2.  Lembar print-out e-mail konfirmasi pendaftaran online yang berisi nomer ujian pelamar.
  3.  Application Form 2018 (Form) yang diisi dalam bahasa Jepang. Sertakan juga pas foto berwarna dengan warna background bebas ukuran 3,5cm x 4,5cm. Pasfoto harus ditempel pada setiap Application Form. Foto formal, diambil dalam 6 bulan terakhir.
  4.  Placement Preference Application Form 2018 ( Form ) yang diisi dalam bahasa Inggris/Jepang. Pilih maksimal 3 universitas yang terdapat dalam link berikut: Guide
  5.  Fotocopy transkrip nilai dari semester satu hingga ketika ini. Transkrip nilai diterjemahkan ke dalam bahasa Jepang atau Inggris dan dilegalisasi/cap berair oleh pihak universitas.
  6. Surat Keterangan Mahasiswa yang membuktikan bahwa pelamar merupakan mahasiswa dari jurusan dan universitas tersebut.Surat harus dilengkapi dengan keterangan daerah dan tanggal lahir mahasiswa, dan dibentuk dalam bahasa Jepang atau Inggris. Satu surat untuk satu mahasiswa.
  7.  Surat Rekomendasi dari Ketua Jurusan atau Dosen Pembimbing yang ditulis dalam bahasa Jepang atau Inggris. Bisa memakai format surat berikut: Download
  8.  Fotokopi Sertifikat Nihongo Noryoku Shiken/ JLPT (jika ada).
Catatan:
  1.  Seluruh dokumen dibentuk dalam kertas ukuran A4.
  2.  Untuk dokumen pada poin 1 (Surat Pengantar dari Ketua Jurusan), satu institusi cukup melampirkan 1 lembar saja.
  3.  Dokumen selain poin 1 dibentuk masing-masing sebanyak 3 rangkap, ialah 1 rangkap orisinil dan 2 rangkap fotokopi. Disusun sesuai urutan di atas (poin 2 hingga 8).
  4.  Harap melengkapi seluruh dokumen yang diperlukan sesuai instruksi. Bagi dokumen yang tidak sesuai isyarat tidak akan diproses.
Tata Cara Pendaftaran:
Untuk mendaftar Beasiswa Japanese Studies 2018, pelamar sanggup melaksanakan pendaftaran online pada link berikut: Register
Setelah melaksanakan pendaftaran online, pelamar akan mendapat e-mail konfirmasi. Silakan cetak e-mail tersebut dan harap mengingat “Nomor Ujian” yang diterima. Selanjutnya lengkapi berkas dokumen yang disebutkan di atas, dan olok-olokan kepada pihak jurusan atau institusi asal. Karena pengiriman berkas harus dilakukan secara kolektif, bukan perorangan disertai dengan rekomendasi dari institusi yang bersangkutan. Seluruh berkas dokumen sanggup dikirimkan kepada:
Bagian Informasi dan Kebudayaan (Pendidikan) Kedutaan Besar JepangJl. M. H. Thamrin 24 Jakarta 10350
Berkas pendaftaran sudah harus datang di Kedutaan Besar Jepang di Jakarta paling lambat 12 Januari 2018. Pengumuman hasil seleksi dokumen akan dilaksanakan pada 29 Januari 2018 pada website Kedutaan Besar Jepang: www.id.emb-japan.go.jp.
Para peserta yang lolos seleksi akan mengikuti ujian tulis dan ujian wawancara. Pengumuman final akan diumumkan pada bulan Juli 2018.
Informasi lebih detail mengenai Beasiswa Japanese Studies 2018 sanggup menghubungi kontak Kedutaan Besar Jepang pada nomer telp. (021) 3192-4308 atau
e-mail: beasiswa@dj.mofa.go.jp
Source : IND Beasiswa

0 Response to "Beasiswa Jepang 2018"

Total Pageviews