Latest News

Contoh Desain Buku Tabungan Siswa Sd | Smp Pilpay

Kali ini kami akan sharing file dengan Bapak/Ibu Guru kelas di SD terkait contoh desain buku tabungan siswa dengan tampilan sederhana yang dibuat menggunakan ms word. Desain buku tabungan itu meliputi penggalan luar atau sampul (depan & belakang) , dan penggalan dalam atau lembar isi.

Sebelum melihat desain yang kami maksud , ada baiknya apabila Bapak/Ibu menyimak terlebih dahulu pembahasan berikut ini.

Buku tabungan siswa yakni sebuah buku saku (berukuran kecil) yang berfungsi sebagai bukti fisik dan sarana untuk mencatatkan uang yang masuk dan keluar (disetor dan ditarik) oleh siswa atau orangtua dalam kurun waktu yang tidak ditentukan.

Di sebagian SD , tabungan siswa hanya mampu ditarik pada selesai tahun pelajaran. Artinya , siswa atau orangtua nya hanya diperbolehkan mengambil uang tabungan sekali dalam satu tahun , mungkin biar jumlah uangnya banyak dikala dibagikan pada waktu kenaikan kelas.

Sebagaimana disebutkan di atas.
Manfaat utama dari buku tersebut yaitu:
  • Sebagai media pencatatan setoran (sejumlah uang) yang ditabungkan dan/atau diambil
  • Sebagai bukti fisik bagi siswa atau orangtua (buku tersebut akan berguna untuk menawarkan berapa besar saldo tabungan. Tujuannya ialah untuk mengantisipasi hal-hal mirip hilangnya uang atau rekapitulasi data tabungan siswa. Maka , dengan adanya buku tabungan itu kita mampu menawarkan jumlah uang yang dimiliki kepada guru yang mengelola tabungan itu).
Itulah pembahasan singkat mengenai pengertian dan manfaat buku yang dimaksud.

Selanjutnya , mari kita lanjutkan ke contoh desain-nya.

Anda mampu melihatnya melalui gambar berikut.

Ibu Guru kelas di SD terkait contoh desain buku tabungan siswa dengan tampilan sederhana y Contoh Desain Buku Tabungan Siswa SD


Atau mampu juga melihatnya melalui tampilan docs di bawah ini.


Seperti yang mampu dilihat pada tampilan docs di atas. Buku tabungannya terdiri dari sampul depan , isi dan sampul belakang.

Sampul depan memuat identitas mirip nama sekolah dasar , nama siswa (nasabah) , NIS (nomor induk siswa) , kelas dan tahun pelajaran.

Bagian isi berupa tabel dengan 6 buah kolom yang terdiri dari keterangan: 1) Nomor urut; 2) Tanggal (tanggal berapa siswa menabung uangnya); 3) Setoran (diisi berdasarkan jumlah uang yang disetor dalam rupiah); 4) Penarikan (sejumlah uang yang ditarik , jikalau ada); 5) Saldo (jumlah keseluruhan uang tabungan); dan 6) Paraf (tanda berupa ukiran pena yang diberikan oleh guru sebagai bukti telah dilakukannya transaksi).

Bagian sampul belakang memuat kata-kata bijak tentang menabung.

Jika menginginkan contoh di atas , Bapak/Ibu mampu mendownloadnya melalui tautan berikut.
Jika berencana ingin menabungkan uang di Bank , Anda mungkin ingin membaca jenis tabungan di bank yang mungkin cocok untuk siswa.

Demikian pembahasan yang mampu kami sampaikan ke hadapan Bapak/Ibu Guru yang dikala ini sedang membaca artikel ini. Mudah-mudahan desain yang dibagikan beserta file (.doc) pada tautan di atas bermanfaat bagi Anda yang ingin menciptakan buku tabungan tersebut dengan men-cetak-nya sendiri.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Desain Buku Tabungan Siswa Sd | Smp Pilpay"

Total Pageviews