Latest News

Memilih Siswa Yang Tepat Untuk Dijadikan Ketua Kelas | Smp Pilpay

Salam ...

Membentuk organisasi kelas dengan baik sanggup menjadi salah satu faktor pendukung keberhasilan guru dalam me-manage kelas , nantinya. Dengan demikian , guru perlu mempunyai kemampuan menentukan siswa yang akan dijadikan/dimasukkan ke dalam susunan organisasi kelas , mulai dari ketua murid dan wakilnya , sekretaris , bendahara dan jabatan lainnya.

Kita jangan menganggap sepele hal itu alasannya ialah yakni menentukan siswa-siswa untuk dijadikan perangkat kelas ini benar-benar penting dan menentukan keberhasilan suatu kelas , terutama dalam hal prestasinya.

Berdasarkan hal itu , dalam artikel ini saya akan mengulas perihal trik menentukan siswa yang tepat untuk dijadikan ketua kelas atau disebut juga KM (ketua murid).

Mengapa hanya ketua kelas?
Karena sesudah Bapak/Ibu memahami trik menentukan ketua kelas yang tepat , itu sanggup dijadikan gambaran dalam menentukan siswa lainnya untuk diberikan jabatan kelasnya masing-masing.


 Membentuk organisasi kelas dengan baik sanggup menjadi salah satu faktor pendukung keberhas Memilih Siswa yang Tepat untuk Dijadikan Ketua Kelas


Berikut ini trik/langkah-langkah saya untuk menentukan ketua kelas yang tepat:

Langkah Pertama;

Sebelum Ibu/Bapak menyerahkan semua keputusan siapa yang akan menjadi KM di kelas kepada para siswa , lebih baik Anda melihat dan mengkaji karakter siswa dengan sebuah tes. Tujuannya yaitu untuk menentukan siapa calon ketua yang paling cocok. Anda sanggup menggunakan pertanyaan khusus untuk mereka jawab. Usahakan pertanyaan itu harus membutuhkan akibat yang bijaksana biar karakter pemimpin dalam diri siswa sanggup kita lihat jelas.


Langkah Kedua;

Analisa akibat siswa atas pertanyaan yang Anda ajukan. Analisa akibat mereka dan pilih 3 siswa dengan akibat yang terbaik.


Langkah Ketiga;

Serahkan semua keputusan pada siswa lainnya dalam menentukan KM untuk kelasnya.


Langkah Kelima;

setelah ketua kelas terpilih , maka berikan kesempatan kepada KM untuk menentukan sekretaris , bendahara dan semua sie-sie di kelas.

Itulah langkah-langkah menentukan siswa yang tepat untuk menjadi ketua kelas.


Perlu diingat. Cara di atas sangat cocok diterapkan di SMP dan SMA.

Kalau Bapak/Ibu yakni seorang Guru di sekolah dasar , sebaiknya kita sendiri lah yang menentukan ketua kelasnya. Alasannya yaitu alasannya ialah yakni siswa di SD cenderung masih membutuhkan bimbingan penuh dari guru kelasnya.

Sekian pembahasan yang sanggup saya sampaikan pada artikel ini.
Mudah-mudahan bermanfaat.

Tetaplah menjaga suasana demokratis di kelas. Biarkan mereka yang memilih. Kita hanya berperan sebagai pembimbing/pamong bagi siswa/siswi kita.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Memilih Siswa Yang Tepat Untuk Dijadikan Ketua Kelas | Smp Pilpay"

Total Pageviews