Latest News

Contoh Instrumen Supervisi Pelaksanaan Pembelajaran | Smp Pilpay

Instrumen supervisi pelaksanaan pembelajaran yaitu alat penilaian (assessment) yang digunakan dalam atrik supervisi terhadap pembelajaran di kelas oleh pengawas dan/atau kepala sekolah terhadap guru yang di-supervisi.

Instrumen tersebut nantinya akan menghimpun sekumpulan data yang diperlukan berdasarkan kriteria atau aspek-aspek yang diamati dari guru terkait proses pembelajaran yang dilaksanakan. Kemudian aspek tersebut akan ditelaah. Penelaahan mengacu pada penampilan guru saat memimpin pembelajaran di dalam kelas. Dan ini tentunya ter-fokus juga pada rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang disusun oleh guru bersangkutan.

setelah supervisor (kepala sekolah/pengawas) menelaah proses pembelajaran-nya , maka guru akan diberi skor atau nilai berdasarkan performa nya.


Berdasarkan pembahasan di atas , manfaat instrumen supervisi pelaksanaan pembelajaran yaitu:

  • Sebagai alat pengumpulan data , sekaligus sebagai assessment alat penilaian terhadap guru dalam segi kinerja-nya
  • Sebagai pola bagi supervisor dalam melakukan penilaian terkait pelaksanaan pembelajaran pada suatu sekolah (satuan pendidikan).
Setrik lengkap , instrumen supervisi pembelajaran memuat hal-hal berikut.
  1. Judul instrumen
  2. Nama Guru
  3. Mata pelajaran
  4. Topik/tema yang dibahas saat pelaksanaan supervisi
  5. Tabel instrumen (terdiri dari keterangan seperti: nomor , aspek yang diamati dalam pembelajaran , hasil telaah berisi pilihan "Ya" dan "Tidak" yang maksudnya membenarkan atau tidak membenarkan suatu aspek tertentu dimiliki guru , skor yang diperoleh guru dari hasil penelaahan , dan catatan supervisor bagi guru terkait supervisi yang dilaksanakan contohnya berupa masukan atau balasan lainnya)
  6. Pedoman pen-skor-an atau penilaian yang dilengkapi dengan keterangan predikat untuk masing-masing nilai , misalnya: nilai 90-100 mempunyai predikat amat baik dan sebagainya.
Contoh instrumen supervisi pembelajaran mampu dilihat melalui gambar berikut.

Instrumen supervisi pelaksanaan pembelajaran yaitu alat penilaian  Contoh Instrumen Supervisi Pelaksanaan Pembelajaran

Demikian pembahasan yang mampu kami sampaikan pada artikel ini.
Semoga pembahasan singkat dan sederhana ini mampu menawarkan pengetahuan embel-embel bagi kita semua.
Bagi Bapak/Ibu Pengawas sekolah atau pun kepala sekolah di SD , Sekolah Menengah Pertama , SMA dan/atau di Sekolah Menengah kejuruan , mudah-mudahan pola instrumen yang kami sharing-kan bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Instrumen Supervisi Pelaksanaan Pembelajaran | Smp Pilpay"

Total Pageviews