Latest News

Apa Arti Dari Pendidikan Itu?

Sahabat Edukasi yang berbahagia…

Bicara perihal pendidikan sesungguhnya sangat luas pembahasannya, mulai dari pendidikan formal di sekolah / madrasah, pendidikan non formal, pendidikan keluarga, sampai pendidikan dalam bermasyarakat.

Lalu apa arti dari pendidikan itu sendiri? Berdasarkan KKBI, Pendidikan berasal dari kata dasar “Didik” yang berarti memelihara dan memberi latihan (ajaran, tuntunan, pimpinan) mengenai watak dan kecerdasan pikiran.

Sehingga pendidikan yaitu proses / cara mengubah sikap dan tata laris seseorang atau kelompok orang dalam perjuangan mendewasakan insan melalui upaya pengajaran dan pelatihan.

Maka tak pelak lagi, bahwasannya pendidikan mutlak dibutuhkan oleh semua warga negara sebagaimana amanat Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 yang merupakan salah satu tujuan dari negara itu sendiri yakni “mencerdaskan kehidupan bangsa”. 

Oleh alasannya itu, apapun yang terkait dengan pendidikan akan selalu berevolusi dalam menyesuaikan “jamannya”, mulai dari kurikulum, kebijakan anggaran, pemerataan jalan masuk pendidikan, sampai semua hal yang terkait dengan perjuangan peningkatan mutu pendidikan nasional sedang dan akan terus dikembangkan oleh Pemerintah.

Berbagai sinyalemen kasatmata pun dikala ini sudah mulai terbuka, ibarat halnya Ujian Nasional di tahun 2015 dikala ini telah terbukti tak lagi angker bagi siswa, dikarenakan hasil ujian nasional tidak menjadi patokan kelulusan mereka. Hal ini juga berdampak kasatmata bagi sekolah, di mana setiap nilai yang menjadi cerminan dari sikap maupun kompetensi siswa di sekolah bersangkutan menjadi benar-benar berharga bagi siswa maupun guru, alasannya menjadi faktor penting bagi kelulusan mereka dari sekolahnya.

Dan akhirnya, sebagai bab dari bangsa Indonesia yang mempunyai aneka ragam kebudayaan, suku, bahasa, sampai agama yang beragam ini seyogyanya tetap menyamakan satu visi mewujudkan kehidupan bangsa yang benar-benar cerdas dan berkarakter baik, alasannya yang menjadi salah satu faktor majunya bangsa ditentukan dari kualitas pendidikan dari suatu bangsa tersebut. 

Pendidikan sanggup dikatakan berhasil, jikalau bisa melahirkan manusia-manusia yang berperilaku baik, baik hatinya, dan juga cerdas pikirannya. …!

0 Response to "Apa Arti Dari Pendidikan Itu?"

Total Pageviews