Latest News

Rangkaian Proses Rekrutmen Cpns 2015 Mulai Dibuka, Bulan April Batas Ajuan Deretan Ke Pusat

Sahabat Edukasi yang berbahagia…

Dalam proses seleksi penerimaan CPNS tahun 2015, pemerintah sentra akan menetapkan gugusan penerimaan CPNS dari seluruh kawasan dengan menggunakan sistem e-formasi KemenPAN-RB yang harus rampung pada final bulan April 2015 ini.

Terkait dengan gosip CPNS 2015 ini, berikut info yang admin share dari Manapostonline.com selengkapnya, biar bermanfaat bagi seluruh Rekan-rekan yang akan mengikuti seleksi CPNS tahun 2015…

Rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun ini, akan segera dibuka. Ini menjadi peluang bagi pencari kerja di Sulut yang berkeinginan menjadi abdi Negara.

Sebagaimana disebutkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), ketika ini sudah masuk pada tahapan pengusulan gugusan dari kawasan ke pusat. “Tahapan ini bahwasanya sudah dimulai semenjak Januari. Karena, bulan ini (April, red) tenggat waktu yang diberikan bagi kawasan untuk mengusulkan formasi,” kata Deputi SDM KemenPAN-RB Setiawan Wangsaatmadja.


Dijelaskan, semua gugusan terkumpul, pihaknya membutuhkan waktu sekira satu bulan untuk memverifikasi tawaran daerah. Verifikasi nantinya akan dilihat belanja publik dalam APBD, kemudian analisis jabatan dan analisi beban kerja. “Setelah proses verifikasi ini tuntas, kemungkinan besar tes paling cepat antara Juni-Juli. Atau paling lambat Agustus,” sebutnya.

“Jika tidak, kawasan tersebut terancam tidak ada rekrutmen CPNS 2015. Makara kami meminta semua kawasan mengajukan gugusan yang dibutuhkan sesuai dengan analisis jabatan di masing-masing daerah,” sambung Setiawan

Proses verifikasi yang cukup usang tersebut dinilai baik bagi masyarakat yang bakal mengikuti penerimaan CPNS. Sebab memperlihatkan waktu yang cukup untuk mempersiapkan pendaftar guna menghadapi tes CPNS yang kembali menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT).

Dikatakannya, penerimaan tahun menurut siklus tahunan penerimaan CPNS. “Semoga tidak ada perubahan. Pastinya penerimaan tahun ini sangat ketat, semua harus menurut kemampuan seorang CPNS. Makara persiapkan diri kita sebaik mungkin,” tutupnya.

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Yuddy Chrisnandi menegaskan, rekrutmen akan diperketat. Dirinya memastikan penerimaan CPNS higienis dari praktik Kolusi Korupsi dan Nepotisme (KKN).

Bagi Yuddy, semua proses perekrutan dari kawasan hingga ke sentra harus sesuai prosedur. Sebab pihaknya sangat selektif selama proses seleksi dengan melaksanakan pemantauan eksklusif hingga proses pengumuman kelulusan bagi CPNS.

“Sangat ketat ya, lantaran semua laporan hingga nomor CPNS bakal hingga ke meja saya. Prosesnya menyerupai apa, aku akan lihat dan tanda tangani sendiri. Jadi, kalau ada yang mau main-main, sebaiknya dipikir-pikir lagi. Karena bila tertangkap lembap balasannya sangat fatal. Akan dikenakan hukuman berat," tegasnya.

Yuddy menuturkan bila ada yang menemukan agresi suap selama proses seleksi CPNS, diharapkannya supaya dilaporkan dengan mengambarkan bukti-bukti untuk diproses ke ranah hukum. “Sekali lagi aku tegaskan tidak ada kesempatan mau main curang. Kalau ada yang protes, tunjukan buktinya. Pasti diproses hukum,” tukas Yuddy.
Masih dikatakan Yuddy, untuk kebutuhan PNS berkisar 100 ribu orang, sementara angkatan kerja sekitar tiga juta dalam setahun. “Bagi para CPNS, terus berusaha, berguru serta berdoa. Seluruh elemen masyarakat, silakan mencoba mendaftar. Yang terperinci kelulusan bakal ditentukan dari prestasi seorang CPNS itu sendiri,” tutupnya.

Sekadar diketahui, Januari kemudian pemerintah melaksanakan moratorium atau penghentian sementara rekrutmen CPNS. Tetapi aturan tersebut tidak mengikat. Pasalnya, untuk beberapa jabatan tertentu, pemerintah tetap membuka lamarannya bagi CPNS. Dimana, hal tersebut bertujuan untuk menunjang agenda reformasi birokrasi dari pemerintahan presiden Jokowi-JK.(***)

0 Response to "Rangkaian Proses Rekrutmen Cpns 2015 Mulai Dibuka, Bulan April Batas Ajuan Deretan Ke Pusat"

Total Pageviews