Latest News

Cara Mengatasi Situasi Sekitar Berisik Di Kelas | Smp Pilpay

Selamat datang Bapak/Ibu Guru dimana pun Anda berada. Pada artikel trik mengatasi suasana berisik dalam kelas yang sedang Anda baca kini , kami akan mencoba membuatkan pengalaman. Berisik yang kami maksud di sini ialah suara ribut dari para siswa dikala guru sedang menerangkan.

Pengalaman yang kami sharing kan di sini mampu sesuai , atau mungkin juga tidak. Karena untuk menenangkan keadaan kelas yang gaduh itu membutuhkan penanganan atau tindakan yang tidak sama-beda , mengingat karakteristik siswa itu tidak sama.

Di sini lah kita sebagai pendidik perlu memahami karakteristik berguru siswa di kelas. Tujuannya ialah semoga mampu mengatasi permasalahan yang mungkin terjadi di kelas (seperti hal yang sedang dibahas). Sehingga kita mampu mengetahui solusi yang paling tepat untuk mengatasi hal tersebut.

Untuk mengatasi suasana berisik di dalam kelas , kami mempunyai beberapa kiat atau trik.

 Pada artikel trik mengatasi suasana berisik dalam kelas yang sedang Anda baca kini Cara Mengatasi Situasi Sekitar Berisik di Kelas


Cara-triknya yaitu:
  • Mengingatkan siswa semoga tidak gaduh
  • Memberikan pertanyaan yang sulit kepada siswa yang berisik
  • Memberikan penghargaan kepada siswa yang disiplin saat belajar.
Untuk menerapkan trik-trik tersebut di atas kami mempunyai teknik.

Teknik untuk trik pertama (mengingatkan siswa semoga tidak gaduh) ialah mampu dengan mengajak siswa yang suka berisik untuk berdialog dan menanamkan nilai-nilai pendidikan kepadanya setrik halus dengan memperlihatkan penjelasan bahwa gaduh di kelas itu mampu merugikan siswa lain yang bersungguh-sungguh ingin belajar.

Contoh obrolan yang mampu diterapkan:

Guru: "Nak , semuanya tidak diperbolehkan ribut , ayo dengarkan Ibu. Sebagai anak yang baik , apakah kamu pernah merugikan orang lain?"

Siswa: "Tidak pernah , Bu."

Guru: "Sekarang Ibu mau bertanya lagi. Ketika seseorang di sekitar kamu ingin mendengarkan musik yang dia suka. Kemudian kamu berteriak-teriak di depannya. Apakah teriakan-mu mampu merugikan dia?"

Siswa: "Tidak tau , Bu".

Guru: "Kalau kamu tidak tau. Ibu akan bertanya lagi. Ketika kamu mendengarkan sesuatu yang penting. Kemudian ada orang di samping kamu gaduh. Apakah kamu akan terganggu?"

Siswa: "Tentu saja , Bu. Saya akan merasa terganggu".

Guru: "Nah , jikalau begitu , apa yang kamu rasakan itu sama dengan yang dirasakan oleh temanmu. Ketika kamu berisik sedangkan dia ingin berguru dan memperhatikan guru , maka ia juga akan merasa terganggu. Oleh karena itu , mari kita saling menghargai dan empati terhadap orang lain. Jangan hingga kita tidak menyukai suatu hal yang orang lain lakukan terhadap kita , tapi kita sendiri melakukan itu pada orang lain".

Maksud dari trik kedua (memberikan pertanyaan yang sulit kepada siswa yang berisik) yaitu semoga ia berhenti gaduh dan kembali berguru dikala guru menerangkan. Cara tersebut cukup ampuh karena setrik psikologis , siswa berhenti karena malu tidak mampu menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru.

Maksud dari trik ketiga (memberi penghargaan kepada siswa yang disiplin dikala belajar) ialah siswa yang selalu memperhatikan dan tidak menciptakan suasana jadi gaduh sesekali perlu diberikan penghargaan berupa hadiah atau pun pujian. Cara tersebut dibutuhkan mampu memotivasi siswa lainnya semoga selalu disiplin saat berguru di kelas.

Namun , trik tersebut menurut kami kurang efektif karena guru harus mengeluarkan materi untuk men-stimulus siswa semoga tertib. Efeknya mungkin cepat , akan tetapi rata-rata sifatnya hanya sesaat.

Demikian pembahasan yang mampu kami sampaikan. Artikel ini ditulis hanya sebagai ajang sharing pengalaman. Tidak ada maksud untuk menggurui Bapak/Ibu sekalian.

Menurut Bapak/Ibu , mana trik yang paling efektif?

Mari membuatkan pengalaman dengan menuliskan pendapat Anda dalam kolom komentar di bawah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengatasi Situasi Sekitar Berisik Di Kelas | Smp Pilpay"

Total Pageviews