Latest News

Rangkuman Materi Ipa Kelas 9 Smp Semester 1 Ktsp | Smp Pilpay

Rangkuman materi ilmu pengetahuan alam atau IPA untuk kelas 9 SMP semester 1 KTSP yang dibagikan terdiri dari kumpulan materi tentang:

  • Saraf dan Indera pada Manusia
  • Kelangsungan Hidup Organisme
  • Bioteknologi
  • Listrik Statis
  • Listrik Dinamis
  • Sumber Arus Listrik
  • Energi dan Daya Listrik.
Kumpulan rangkuman atau ringkasan materi di atas dibagikan dalam bentuk doc.

Bapak/Ibu Guru yang mengajar di kelas 9 sanggup men-download (unduh) doc tersebut apabila membutuhkannya.

Sebelum mengunduh doc-nya , mari kita simak pembahasan singkat untuk setiap materi yang dibagikan.

Rangkuman materi ilmu pengetahuan alam atau IPA untuk kelas  Rangkuman Materi IPA Kelas 9 SMP Semester 1 KTSP


1. Saraf dan Indera Manusia

Saraf merupakan potongan badan organisme yang berfungsi sebagai peserta rangsang dari luar. Berdasarkan itu , ada 3 komponen saraf yang mesti dimiliki , yaitu: reseptor (penerima rangsang) , penghantar impuls dan efektor (penanggap rangsang mirip otot).


Bagian terkecil dari saraf ialah sel saraf atau disebut Neuron. Neuron ini terdiri dari 3 potongan utama yakni: badan sel , dendrit dan akson.


Jika saraf yang terdapat dalam badan tidak berfungsi atau kondisinya terganggu , makhluk hidup (khususnya manusia) akan hilang keseimbangannya.

Setrik umum , saraf dibedakan menjadi dua macam yaitu saraf pusat (berada di otak dan sumsum tulang belang) dan saraf tepi yang tersebar hampir pada semua potongan badan mirip kulit , mata , hidung , pendengaran dan lidah (lima alat indera pada manusia).



2. Kelangsungan Hidup Makhluk Hidup

Untuk melangsungkan kehidupannya , makhluk hidup atau organisme harus bisa bertahan dari semua hal yang sanggup "mengancam" kehidupannya di bumi. Oleh alasannya yaitu itu , makhluk hidup perlu mempunyai kemampuan untuk mempertahankan eksistensi-nya biar bisa tetap hidup dalam waktu yang panjang.

Kemampuan yang dibutuhkan biar sanggup bertahan hidup yaitu:
  • Kemampuan adaptasi
  • Kemampuan untuk bertahan dari seleksi alam
  • Kemampuan re-generasi atau "Berkembang biak".
Macam-macam perkembangbiakan makhluk hidup dibedakan menjadi 2 , yaitu: vegetatif dan generatif.



3. Bioteknologi

Bioteknologi merupakan suatu cabang ilmu biologi yang mengulas wacana pemanfaatan makhluk hidup dan/atau produksinya untuk menciptakan barang atau jasa yang bermanfaat dan bernilai ekonomis.

Bioteknologi dibedakan menjadi 2 jenis yaitu: bioteknologi konvensional dan modern.

Produk yang dihasilkan dari bioteknologi konvensional diantaranya: tape singkong , yoghurt , keju , nata de coco , tempe dan sebagainya. Adapun produk hasil bioteknologi modern diantaranya seperti: vaksin Malaria , tanaman tahan hama dan lain-lain.



4. Listrik Statis

Pada pembahasan listrik statis kita mempelajari sub-materi diantaranya yaitu: benda ber-muatan , menciptakan benda jadi mempunyai muatan listrik (penggaris plastik yang digosok dengan kain wol) , sifat-sifat muatan listrik , hukum Coulomb , dan penerapan listrik statis dalam kehidupan sehari-hari mirip penangkal petir dan generator Van De Graff.



5. Listrik Dinamis

Dalam materi ini dibahas sub-materi yang terdiri dari: Arus Listrik , Hukum OHM , Daya Hantar Listrik , Hukum Kirchoff , Rangkaian Hambatan Listrik (Seri-Paralel).



6. Sumber Arus Listrik


Dalam materi sumber arus listrik dibahas sub-materi meliputi: Gaya Gerak Listrik (GGL) , Sumber Arus Listrik (AC dan DC) , Elektrokimia dan Pengukuran Tegangan Listrik.



7. Energi dan Daya Listrik

Pada materi tersebut dipelajari beberapa sub-pokok materi yang terdiri atas: Energi-Daya Listrik , Perubahan Energi Listrik , dan Cara Menghemat Listrik.



Demikian pembahasan singkat mengenai rangkuman materi IPA kelas 9 SMP Semester 1 KTSP yang sanggup kami bagikan kepada Bapak/Ibu Guru sekalian.

Mudah-mudahan kumpulan rangkuman materinya sanggup mempunyai kegunaan dalam menunjang pembelajaran di SMP-nya masing-masing.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rangkuman Materi Ipa Kelas 9 Smp Semester 1 Ktsp | Smp Pilpay"

Total Pageviews