Latest News

Pedoman Penilaian Hasil Belajar Dalam Ktsp | Smp Pilpay

pedoman penilaian hasil berguru siswa dalam ktsp untuk pegangan guru sma Pedoman Penilaian Hasil Belajar dalam KTSP
Gambar hasil screen short dokumen

Berdasarkan standar pendidikan nasional , penilaian termasuk 1 dari 8 standar yang harus ada dalam penyelenggaraan pendidikan , termasuk juga pelaksanaan penilaian hasil berguru siswa. Penilaian terhadap siswa dilakukan sebagai suatu trik untuk mengukur kompetensi yang dimilikinya.

Kita mengetahui bahwa dalam kurikulum 2006 atau dikenal juga dengan KTSP. Nilai siswa dikategorikan menjadi 3 aspek atau ranah , adalah kognitif (pengetahuan) , afektif (sikap) , dan psikomotor (keterampilan).

Tiga penilaian tersebut tentunya harus mengikuti rule aturan yang berlaku supaya penilaian yang dilakukan tidak keluar dari jalur nya. Berdasarkan hal itu , di artikel ini , izinkan kami untuk membagikan pedoman penilaian hasil berguru siswa yang berlaku dalam KTSP.

Pedoman tersedia dalam bentuk file (.ppt) , atau lebih populer disebut hand-out. Adapun ini kami tujukan bagi guru-guru di SMA.

Melalui pedoman yang dibagikan , Bapak/Ibu mampu mempelajari bagaimana trik melakukan penilaian hasil berguru siswa yang benar berdasarkan aturan KTSP , baik dalam hal kognitif , afektif maupun psikomotor.

Materi pedoman penilaian ini diperoleh dari atrik DIKLAT (Pendidikan & Pelatihan) Implementasi KTSP.

Di dalam pedoman tersebut terdapat beberapa materi penting yang perlu dipahami guru guna memperdalam kompetensi atau keilmuan guru (terutama dalam aspek pedagogik).

Materi-materi tersebut terdiri dari:

  • Definisi penilaian
  • ciri penilaian oleh pendidik (belajar tuntas , autentik , berkesinambungan , berdasarkan acuan/kriteria , menggunakan berbagai trik & penilaian)
  • Teknik penilaian diantaranya penilaian unjuk kerja (performance) , penugasan (proyek) , penilaian hasil kerja (produk) , penilaian tertulis (paper & pen) , portofolio , penilaian perilaku , penilaian diri (self assessment)
  • Manfaat hasil penilaian
  • Ketuntasan mencar ilmu , dan
  • Pelaporan (rapor).
Itu lah isi materi yang terdapat pada pedoman yang dimaksud.

Selanjutnya.

Bagi Bapak/Ibu guru yang mengajar di Sekolah Menengan Atas , bila ingin menambah wawasan dalam hal pedagogik (penilaian KTSP) , Anda mampu mempunyai panduan yang kami maksud dengan mendowload file ppt nya melalui tautan di bawah ini.
Semoga pembahasan dalam artikel ini mampu dipahami oleh Bapak/Ibu sekalian yang membacanya. Dan mudah-mudahan apa yang kami bagikan mampu bermanfaat bagi kita semua dalam menunjang profesi sebagai guru.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pedoman Penilaian Hasil Belajar Dalam Ktsp | Smp Pilpay"

Total Pageviews