Latest News

6 Proposal Dalam Menulis Blog


Blog merupakan media komunikasi yang cukup efektif untuk memperlihatkan informasi atau tutorial dengan bahasa Anda sendiri. Tapi sayang aneka macam blogger pemula atau newbie tidak tahu kriteria penulisan yang baik untuk blog.

Ingat blog itu buka koran, juga buka goresan pena ilmiah jadi buat blog itu informatif, tidak kaku dan berkesan.
ini ada sedikit hukum untuk para blogger pemula atau newbie yang dapat kita lakukan dalam menulis blog dari blogger senior CB:

1. Fokus!
Agar menulis di blog dengan fokus, pertama-tama jawab pertanyaan ini: Siapa sasaran pembaca Anda? Jika targetnya para pencari info wacana sepakbola, maka fokuslah menulis wacana sepakbola.

2. Jadilah diri sendiri! Be yourself!
Tulisan di blog sebaiknya memakai bahasa sehari-hari, gunakan gaya "ngobrol", bukan gaya menulis di koran apalagi bergaya "tulisan ilmiah". Ingat, blog itu "online diary", buku harian online. Let your readers get to know you.

3. Gunakan link dalam tulisan.
Use links within your posts. Usahakan selalu ada link dalam goresan pena Anda, khususnya link blog atau website yang berisi informasi terkait, juga link ke goresan pena Anda yang lain di blog Anda. Ini akan meningkatkan "klik" dan peringkat mesin pencari. Lagi pula, kekuatan blog itu yaitu link dan informasi.

4. Sertakan Gambar/Foto.
Foto atau gambar ilustrasi berfungsi menguatkan goresan pena blog, sekaligus "stimulasi visual" bagi pembaca blog. Jangan lupa, isi "properties" foto, yaitu judul foto (title) dan alternative text (alt text). Lebih baik lagi, rename foto Anda sesuai dengan judul goresan pena sebelum diupload, sertaedit supaya ukuran filenya tidak besar (usahakan di bawah 100kb).

5. Respons komentar yang masuk.
Jangan "cuekin" komentar yang masuk, terlebih kalau berupa pertanyaan. Paling tidak, ucapkan "terima kasih atas kunjungan Anda", “Thanks for reading my blog”.

6. Sebarkan goresan pena Anda via Facebook, Twitter, Google+, dan di mana saja.
Jangan takut memakai media umum untuk mempromosikan goresan pena Anda di blog. Teman dan follower Anda yaitu pembaca potensial blog Anda.

Nah bagaimana, apakah kalian sudah melakukannya? Mari kita praktikan. Happy blogging

0 Response to "6 Proposal Dalam Menulis Blog"

Total Pageviews