Latest News

Soal Matematika Yang Menggegerkan Dunia

Matematika memang pelajaran yang akhir-akhir ini menjadi Favorit kalangan pelajar dan mahasiswa. Tapi dengan munculnya soal matematika di Singapore menciptakan dunia jadi berpikir dengan keras, soal ini cukup menggemparkan dunia, banyak orang mau menyelesaikannya tapi tidak bisa.

Soal Matematika yang pertama kali di keluarkan oleh "Hello singapore" Kenneth Kong.Soal ini ditujukan kepada anak sekolah menengah pertama kelas III dan merupakan soal level olimpiade. Makanya sangat masuk akal jika kita tidak sanggup memecahkannya. :-). Adapun Soalnya menyerupai berikut:
Soal Matematika Yang menggemparkan Dunia
Albert dan Bernard gres saja berteman dengan Cheryl dan mereka ingin mengetahui hari ulang tahunnya. Cheryl kemudian menunjukkan 10 pilihan, yaitu:
15 Mei, 16 Mei, 19 Mei, 17 Juni, 18 Juni, 14 Juli, 16 Juli,14 Agustus, 15 Agustus, dan 17 Agustus

Cheryl kemudian menyampaikan kepada Albert dan Bernard secara terpisah wacana bulan dan tanggal ulang tahunnya secara berurutan.

Albert dan Bernard kemudian menciptakan pernyataan:
Albert : Saya tidak tahu kapan ulang tahun Cheryl, tetapi saya yakin Bernard tidak mengetahuinya juga.
Bernard : Awalnya saya tidak tahu ulang tahun Cheryl, tetapi saya kini tahu.
Albert : Berarti saya juga tahu ulang tahun Cheryl.

Jadi, kapan ulang tahun Cheryl?

Dapatkan Anda memecahkan problem ini? Kalau sanggup silakan di Jawab di Kolom Komen Post. :-)

===================================================
Ini Jawabannya
===================================================
Jika Anda tidak sanggup memecahkan masalahnya, ini ada balasan dari seorang Asisten Laboratorium Fisika Metalurgi pada Departemen Teknik Metalurgi dan Material, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia. yang kami kutif dari Kompas.com, Senin (13/4/2015).

Kemungkinan awal ialah 15 Mei, 16 Mei, 19 Mei, 17 Juni, 18 Juni, 14 Juli, 16 Juli, 14 Agustus, 15 Agustus, dan 17 Agustus.

Bila ulang tahun Cheryl ialah 18 Juni ataupun 19 Mei, maka Bernard yang diberi tahu angka niscaya pribadi tahu alasannya ialah angka 18 dan 19 tidak terdapat pada bulan-bulan lain.

Sisa kemungkinannya: 15 Mei, 16 Mei, 17 Juni, 14 Juni, 16 Juli, 14 Agustus, 15 Agustus, dan 17 Agustus.

Bila Albert diberi tahu bahwa bulan ultah Cheryl ialah Mei atau Juni, maka Albert tidak akan sanggup mengatakan, “I know that Bernard does not know, too.” Hal itu menandakan bahwa Albert diberi tahu bahwa ultah Cheryl antara Juli atau Agustus.

Sekarang, sisa kemungkinannya ialah 14 Juli, 16 Juli, 14 Agustus, 15 Agustus, dan 17 Agustus.

Bernard diberi tahu tanggal. Dari perkataan Albert, Bernard tahu bahwa Albert diberi tahu bulan Juli atau Agustus. Bila Bernard diberi tahu tanggal 14, maka beliau masih akan resah alasannya ialah terhadap 14 Juli dan 14 Agustus. Nyatanya beliau berkata, “But, I know”. Berarti Bernard tidak diberi tahu bahwa tanggalnya ialah 14. 

Pada tahapan ini, Bernard telah mengetahui bahwa ulang tahun pada tanggal 16 Juli. Sebabnya, Cheryl telah memberitahu Bernard bahwa anggal kelahirannya ialah 16.

Sebelumnya, sisa kemungkinannya ialah 16 Juli, 15 Agustus, dan 17 Agustus. Bila Albert diberi tahu bulannya Agustus, maka beliau masih akan resah alasannya ialah ada 15 Agustus dan 17 Agustus. Bila Albert diberi tahu bulannya Juli, maka dengan tereliminasinya tanggal 14 Juli, maka satu-satunya sisa tanggal ialah 16 Juli. Oleh alasannya ialah itu, Albert berkata, “Then I also know when….”
===============================================================

0 Response to "Soal Matematika Yang Menggegerkan Dunia"

Total Pageviews