Latest News

Ritual Unik Menjelang Ujian Nasional 2015

Ujian Nasional (UN) 2015 tingkat Sekolah Menengan Atas dan Sekolah Menengah Pertama sudah dilaksanakan, Sekolah Menengan Atas pada tanggal 13 April 2015, Tingkat Sekolah Menengah Pertama 4 Mei 2015 sedangkan untuk tingkat SD Ujian Nasional yang sering dikenal dengan USBN dilaksanakan pada tanggal 18-20 Mei 2015.

Banyak sekolah-sekolah mengadahkan pembinaan motivasi untuk siswa menghadapi, ada juga sekolah yang mengadahkan pengajian dan istighosah memohon kepada Allah SWT untuk memperlancar penerima didik untuk mengikuti unjian nasional.

Tapi Ternyata masih banyak para pelajar yang terdidik masih mempercayai mitos-mitos yang turut berdasarkan sehingga memunculkan Ritual-ritual unik menjelang Ujian Nasional 2015. Yang terang hal ini jika dipandang haram oleh sudut agama Islam alasannya ialah sudah termasuk musryik. Tapi kalu sudut pandang budaya hal ini wajar. Apa saja Ritual unik Menjelang Ujian Nasional yang dirangkum dari okezone.com dan dikutif oleh pendidikan indonesia

1. Ritual brobosan
Ritual ini mengharuskan siswa keluar rumah melalui kolong kaki ibunda. Salah satu siswa di Pamekasan melaksanakan ritual brobosan sebanyak tiga kali ketika akan berangkat sekolah untuk mengikuti UN. Tujuannya, meminta restu sang ibu semoga ia lancar mengerjakan soal.
Filosofi brobosan ialah melalui kedua kaki ibu, menyerupai yang terjadi dikala insan gres lahir ke dunia. Selain meminta restu, ritual ini dimaksudkan semoga si anak memahami pengorbanan hidup mati ibunya.

2. Jampi-jampi pensil
Di Jombang, siswa sebuah madrasah aliyah (MA) menjampi-jampi pensil yang akan mereka gunakan untuk ujian. Tujuannya sama, yaitu mengharapkan kelancaran dikala UN alasannya ialah meski sudah berguru keras, siswa tetap merasa kurang percaya diri.

3. Minum air putih dicampur dengan bubuk dari kertas yang dibakar usai belajar
Ada juga siswa yang melaksanakan ritual ajaib dengan meminum air putih dicampur dengan bubuk dari kertas pelajaran yang dibakar usai belajar. Para siswa meminum air itu semoga tetap percaya diri dikala menghadapi soal UN.

4. Guru cuci kaki siswa dan sungkeman
Ritual menjelang UN ini tidak biasa alasannya ialah para guru dan orangtua membasuh kaki siswa dan anak mereka. Biasanya, anaklah yang membasuh kaki orangtua. Ritual ini dilanjutkan dengan sungkeman para penerima UN ke orangtua dan guru untuk meminta doa restu semoga dapat menjalani UN dengan lancar.

5. Mandi kembang
Siswa di sebuah sekolah melaksanakan mandi kembang semoga siap menghadapi UN. Tetapi, para siswa tidak mengguyur tubuhnya dengan air kembang, hanya membasuh tangan dan wajah mereka. Ritual itu dilakukan sehabis semua murid final berdoa bersama dan bersalaman dengan kepala sekolah beserta para guru.
Pihak sekolah berdalih, ritual membasuh tangan dan wajah dengan memakai air kembang hanya perhiasan dan tidak ada unsur mistis. Diharapkan, dengan mencuci tangan dan wajah dengan air kembang para siswa pun menjadi rileks dan tidak stres.

Nah apakah Anda yang termasuk melaksanakan ini? Sadarlah bahwasanya pendidikan yang baik itu ialah tidak instan, belajarlah yang ulet dari awal masuk sekolah hingga menjelang UN. Insyaallah semua akan lancar.

0 Response to "Ritual Unik Menjelang Ujian Nasional 2015"

Total Pageviews