Latest News

Tips Menghadapi Ujian Nasional

Soal Ujian Nasional
1. Tetapkan tujuan dan sasaran harus lulus dengan hasil memuaskan

Tips yang pertama ini akan menjadi tujuan yang harus dipegang teguh. Tujuan tersebut akan menciptakan kita sadar untuk apa semua perjuangan dan kerja keras yang dilakukan. Mengingat tujuan ini akan menciptakan rasa letih dan malas menjadi hilang. Tujuan ini harus terus diingat dan kita ucapkan berulang-ulang setiap hari biar menjadi masukan positif kepada pikiran.

2. Berdoa dan meminta derma kepada Allah
Kita harus sadar sebagai insan biasa ada kekuatan yang lebih besar diluar kendali diri kita yaitu kekuatan sang Maha Pencipta. Sebelum memulai segala sesuatu, ketika melakukannya dan setelahnya, kita harus mengiringinya dengan berdoa. Mintalah doa kedua orang tua, saudara, teman-teman dan orang-orang yang kita kenal untuk turut serta mendoakan kita. Kekuatan doa sangat besar pengaruhnya. Doa sanggup menciptakan hal yang tidak mungkin menjadi mungkin dan hal yang tidak mungkin menjadi kenyataan.


3. Buatlah skala prioritas dan agenda berguru untuk persiapan ujian
Selama semester II ini tentunya masih ada kiprah dari dosen yang harus dikerjakan. Selain itu, masih ada beberapa bahan pelajaran gres yang diterima. Hal ini tentu menjadi problem tersendiri. Siswa harus mendapatkan pelajaran gres dan harus meluangkan waktu untuk mereview semua bahan yang diterima selama 3 tahun. Oleh alasannya yakni itu, mulai dari kini buatlah skala proritas. Tugas yang ada harus segera diselesaikan. Materi yang gres dipelajari eksklusif direview kembali di hari itu. Selanjutnya, butlah agenda berguru khusus untuk mata pelajaran UN. Misalnya, setiap hari senin berguru Bahasa Indonesia, hari selasa Matematika, begitu seterusnya.

4. Buatlah regu belajar
Belajar sendirian biasanya untuk sebagian siswa terasa membosankan dan gampang sekali menciptakan mata mengantuk. Untuk mengatasi hal ini, buatlah regu berguru yang sekiranya nyaman. Hasil berpikir beberapa orang akan lebih gampang daripada hasil berpikir sendiri. Tapi jangan gunakan hal itu ketika ujian.

5. Ikutilah pemntapan di sekolah atau bahkan perhiasan les
Di sekolah biasanya guru-guru memfasilitasi para siswa dengan adanya pemantapan menjelang UN. Gunakan hal ini sebagai kesempatan untuk memantapkan diri dalam menghadapi UN. Tandai kembali bahan pelajaran yang sering guru tekankan sebagai bahan yang kemungkinan muncul ketika UN. Jika memang memiliki dana berlebih, tidak ada salahnya mengikuti les atau bimbel. Hal itu juga akan sangat membantu untuk memberi citra soal-soal UN yang akan keluar

6. Latihan mengisi soal
Soal Ujian dari tahun ke tahun biasanya tidak terlalu berbeda jauh. Tipe soal biasanya sama, hanya diubah kalimat dan tingkat kesulitan. Oleh karen itu, luangkan waktu untuk berlatih mengisi soal dan menilik tanggapan dengan mereview buku-bukunya kembali. Berlatih soal akan lebih berpengaruh untuk diingat daripada membaca buku dari awal.




7. Tuliskan bahan penting di daerah yang gampang dilihat
Kita sanggup menuliskan apa yang kita pelajari di tempat-tempat yang sering kita lihat dan lewati di rumah. Misalnya menuliskan rumus di cermin daerah kita berias. Bisa juga menuliskan beberapa definisi di secarik kertas yang ditempel di daerah yang gampang dilihat atau menyimpannya di Handphone sehingga mau tidak mau kita sanggup membacanya

8. Yakinkan pada diri sendiri
Tuliskan di secarik kertas “AKU BISA LULUS UJIAN” atau “UJIAN ITU MUDAH” atau kata-kata postitif lainnya. Bacalah setiap hari sebelum tidur. Yakinkan diri dan bayangkan bahwa ujian itu memang mudah. Ulangi lagi ketika bangkit tidur. Baca kembali kalimat itu hingga benar-benar memantapkan hati bahwa ujian itu mudah. Hal ini akan membentuk mindset bahwa ujian itu memang gampang dan akan menciptakan diri semangat serta penuh keyakinan.

9. Jagalah kesehatan
Belajar keras jangan hingga melupakan kesehatan. Istirahata yang cukup juga harus diperhatikan. Asupan masakan juga jangan hingga terabaikan. Tubuh kita juga memiliki hak yang harus dipenuhi. Tidak lucu jikalau sakit gara-gara berguru keras ketika Ujian sudah di depan mata. Kondisi badan akan sangat memilih proses berpikir yang berdampak pada hasil ujian.

0 Response to "Tips Menghadapi Ujian Nasional"

Total Pageviews