Latest News

Perda Sumsel, Kuliah Gratis Diberlakukan

Ini merupakan kabar bangga untuk warga Sumatera selatan (Sumsel). etsssss bukan Kulit manggis sudah ada ekstraknya, tapi Perda kuliah Gratis diberlakukan. hehe

kuliah gratis di sumsel
Setelah usang dijanjikan Gubernur Sumsel H Alex Noerdin jadinya kegiatan kuliah gratis siap dicanangkan mulai tahun ini dengan ditandai peluncurannya pada 20 Mei mendatang.

Kuota awal untuk kegiatan kuliah gratis sampai lulus sarjana ini akan ditetapkan sebanyak 2.000 mahasiswa.
Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Sumsel Widodo mengatakan, meski dinamakan kuliah gratis namun ada bidang tertentu yang menjadi persyaratan untuk mengikuti kegiatan ini.

Program studi yang diprioritaskan yaitu ilmu teknik, kesehatan, dan pendidikan. Mengingat ketentuan bagi yang mengambil kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan sistem pendidikan dan kesehatan di Sumsel. “Direncanakan tahun ini,” ungkapnya, Rabu (22/4/2015). sindonews.com

Pihaknya pun gres saja membicarakan teknis kegiatan kuliah gratis ini dengan tiga Perguruan Tinggi Negeri di Sumsel, yakni Universitas Sriwijaya (Unsri), UIN Raden Fatah, dan Politeknik Negeri Sriwijaya (Polsri) Palembang.

Rencananya, pihak perguruan tinggi tinggilah yang akan melaksanakan seleksi kemudian disetujui oleh gubernur. Bagi yang memenuhi kriteria, maka akan diusulkan untuk mendapat kegiatan ini.

“Perguruan tinggi memiliki hak untuk memilih siapa yang mengambil prodi tersebut melalui jalur masuk ke perguruan tinggi tinggi bersangkutan, sehingga berhak mendapat kuliah gratis,” timpal dia. sindonews.com

Widodo menambahkan, selain PT di Sumsel pemerintah akan menggandeng beberapa Perguruan Tinggi (PT) di luar Sumsel bahkan luar negeri. Untuk kerjasama dengan PT di luar Sumsel belum diketahui. Sementara untuk kerjasama dengan perguruan tinggi tinggi dari luar negeri dimungkinkan dengan Korea Selatan dan China.

Menurutnya, kerjasama dengan kedua negara ini bertujuan untuk membuatkan SDM yang nantinya, dan salah satunya dalam persiapan menyongsong terbukanya kran Masyarakat Ekonomi Asean.

“Jika nanti mereka berinventasi di Sumsel, maka SDM tersebutlah yang akan ditarik. Makara kita memakai putra daerah, bukan menarik dari luar,” terang Widodo. sumber

Untuk launching kuliah gratis ini nantinya akan digelar di Palembang Sprot Convention Centre (PSCC) Palembang sekitar pukul 14.00 WIB. 

Direncanakan akan dibuka eksklusif oleh Gubernur H Alex Noerdin. Nantinya, setiap perwakilan perguruan tinggi tinggi akan diundang, juga tak ketinggalan partisi dan akdemisi yang turut menyaksikan launching tersebut.

Sementara itu, PR I Unsri Prof Anis Saggaf mengatakan, kegiatan kuliah gratis ini memang dinantikan masyarakat. 

Pihaknya yakin pemerintah provinsi bisa memenuhi perihal tersebut alasannya yaitu anggaran untuk pendidikan di Sumsel memang cukup besar.  

Sebelumnya ketika bertemu dengan jajaran Pemimpin Redaksi MNC Media di MNC Tower, beberapa waktu kemudian Gubernur Alex Noerdin menciptakan gebrakan gres dengan kegiatan kuliah gratis sampai lulus menjadi sarjana. 

Program ini akan mulai digulirkan tahun 2015 terhadap sejumlah mahasiswa Sumsel yang berprestasi dan tidak mampu. 

=================================================================
source: http://daerah.sindonews.com/read/992740/190/20-mei-program-kuliah-gratis-di-sumsel-diluncurkan-1429715055

0 Response to "Perda Sumsel, Kuliah Gratis Diberlakukan"

Total Pageviews