Latest News

Analisis Penyebab Artikel Hilang Dari Pencarian Google

Analisis Penyebab Artikel Hilang Dari Pencarian Google -Sebagai blogger tentunya akan bahagia ketika artikel yang dibuatnya bisa muncul di halaman pertama google. Tetapi pernahkah Kamu mengalami ketika artikel yang berada di pageone google tiba-tiba menghilang dari serp (Search Engine Result Page)? Hal ini pernah alami pada diri Saya sendiri. Ketika itu Saya menciptakan artikel untuk kontes seo. Isinya kurang lebih mengenai review sebuah jasa. Memang Saya akui artikel untuk perlombaan seo besar resikonya untuk "kesehatan" blog.

Analisis Penyebab Artikel Hilang Dari Pencarian Google Analisis Penyebab Artikel Hilang Dari Pencarian Google


Artikel Saya hilang dari serp empat bulan sehabis dipublish padahal sebelum itu selalu menempati lima besar teratas. Saya panik ketika cek posisi artikel Saya memakai keyword yang ditentukan dan ternyata tidak ada di halaman pertama. Kemudian Saya cek hingga halaman 10 tak terlihat blog Saya terpampang di sana. Sebenarnya tidak sepenuhnya artikel Saya hilang atau deindex dari google search. Nyatanya ketika Saya mencari kata kuncinya lewat image google, gambar dari artikel Saya masih ada. Yang berarti artikel Saya tidak populer google sandbox. Padahal waktu itu sudah H-2 pengumuman. Dan pada hari H dengan sedikit kecewa Saya tidak mendapat juara pada lomba seo tersebut.

Baca juga : Kerugian dan Keuntungan Ikut Kontes SEO

Terdapat beberapa analisis yang mungkin menjadi faktor penyebab artikel Saya "hilang" di google. Setelah mencari dilema dari membaca referensi di internet hasilnya Saya mengambil kesimpulan bahwa postingan Saya hilang dari serp alasannya beberapa faktor berikut ini

Apa penyebab artikel hilang di google?


#1 Duplikat Konten

Duplikat Konten bisa terjadi alasannya isi, deskripsi, atau judul postingan yang sama dengan blog lain. Memang sulit dihindari apabila ada blog lain yang mempunyai judul ataupun deskripsi yang sama dengan blog Kita. Pengalaman ketika mengikuti kontes SEO, hampir semua yang mengikuti kontes mempunyai judul artikel yang sama. Ini memang sudah resiko alasannya persaingan di google cukup ketat maka sebisa mungkin mereka menciptakan judul dan deskripsi yang mengandung kata kunci. Lihatlah SERP berikut ini. Semuanya dengan judul yang sama.

Analisis Penyebab Artikel Hilang Dari Pencarian Google Analisis Penyebab Artikel Hilang Dari Pencarian Google

Duplikat konten bisa jadi disengaja atau tidak disengaja, tetapi hal menyerupai ini tidak baik untuk blog. Google akan sulit mengindex konten mana yang seharusnya menjadi acuan, oleh karenaya biasanya terdapat blog yang kalah persaingan akhir dari hal ini.

#2 Backlink Berlebihan

Penggunaan backlink untuk meningkatkan rangking SERP di google merupakan salah satu trik blogger. Tentunya dengan blog-blog yang mempunyai DA dan PA tinggi akan menciptakan tingkat persaingan tinggi. Tetapi menunjukkan backlink yang berlebihan akan dicurigai oleh google, terlebih kalau blog masih baru. Bisa-bisa blog malah terkena pinalti google. Maka usahakan untuk menunjukkan backlink secara perlahan,bertahap, dan variatif. Berikan backlink dofollow dan sesekali nofollow. Jangan tergesa-gesa alasannya ingin pribadi peringkat pertama google. Bisa saja Kamu pribadi menunjukkan backlink banyak pada artikelmu dan menempati peringkat satu ketika itu juga. Tetapi beberapa bulan kemudian hilang dari pencarian.

#3 Broken Link

Ketika menciptakan artikel pastikan untuk teliti sebelum dipublish. Jika perlu dibaca kembali apakah yummy dibaca atau tidak. Teliti kata demi kata dan juga link tautan. Cek kembali apakah link yang dipasang sudah benar atau belum. Bisa-bisa menyerupai Saya, anchor text yang Saya pasang external link ternyata salah url. Jadinya malah link mati (not found). Dan Saya menyadari hal ini sehabis satu bulan ketika akan mendaftarkan artikel Saya di kontes SEO. Pihak panitia ternyata mereject artikel Saya alasannya link tautannya salah.Adanya broken link akan menghipnotis pagerank di google dan mengurangi nilai SEO artikel.

#5 Persaingan Ketat di Google 

Membidik keyword dengan volume pencarian tinggi dan kompetisi tinggi tentu akan lebih sulit menembus halaman pertama google. Membuat artikel yang berkualitas dan tentunya unik (tulisan sendiri bukan copy paste) tentu berpeluang menempati serp teratas. Artikel yang SEO Friendly masih menjadi senjata utama yang ampuh bersaing di pencarian google. Tetapi jangan pernah memakai black hat seo ataupun hal-hal kecurangan yang dihentikan google alasannya artikel Kamu tidak akan bertahan usang di serp google bahkan hilang di pencarian.

Baca juga : Faktor Pageone Untuk Bersaing di Google

Mungkin itu beberapa faktor penyebab artikel hilang dari serp. Maka dari itu sebagai seorang blogger buatlah artikel yang original dan unik. Tulis artikel secara mengalir apa yang ada di pikiran Kamu. Demikian artikel ini Saya buat untuk menyebarkan pengalaman, supaya bisa menjadi rujukan para blogger. Mari Kita sama-sama belajar.

0 Response to "Analisis Penyebab Artikel Hilang Dari Pencarian Google"

Total Pageviews