Latest News

Cara Mempublikasikan Website Ke Internet Biar Dapat Diakses Secara Online

cara Mempublikasikan website ke internet biar online Cara Mempublikasikan website ke internet biar bisa diakses secara online
Untuk mempublikasikan halaman website biar bisa diakses secara online bergotong-royong bukanlah hal yang sulit, apalagi untuk anda yang sudah berpengalaman di bidangnya, namun untuk anda yang gres bisa berbagi website dan belum mempunyai banyak pengalaman mengelolanya, anda kemungkinan akan bertanya-tanya bagaimana cara biar halaman website bisa diakses secara online melalui jaringan internet.

Kita ketahui bersama, ketika halaman website masih dalam proses pengembangan, pada umumnya halaman website akan dibentuk secara offline memakai komputer pribadi, komputer yang dipakai biasanya sudah terinstal webserver local mirip xampp dan webserver lainnya,  pada komputer local halaman website biasanya hanya sanggup diakses secara lokal memakai alamat domain localhost, gres sehabis halaman website siap, pengembang bisa mengonlinekannya sehingga halaman tersebut bisa diakses melalui internet.

Untuk menciptakan halaman website yang kita buat bisa diakses secara public, ada 2 pilihan yang bisa kita gunakan, bisa dihosting memakai komputer server pribadi, atau bisa menyewa penyedia layanan web hosting. Tentunya yang paling simpel yaitu dengan memakai jasa penyedia layanan web hosting.

Ada aneka macam layanan hosting murah yang bisa kita pilih, dengan memakai jasa mereka selain sanggup menekan biaya, kita juga tidak akan disibukan dengan duduk kasus teknis yang berkaitan dengan troubleshooting hardware dan jaringan, sehingga kita bisa fokus mengelola halaman website yang kita miliki secara maksimal.

Saat ini ada aneka macam penyedia layanan web hosting yang bisa kita gunakan, baik berlokasi di indonesia maupun luar negeri, lokasi layanan web hosting yang harus dipilih tentunya bisa diadaptasi dengan kebutuhan, bila sasaran visitor untuk halaman website anda yaitu orang indonesia maka sebaiknya anda menentukan jasa penyedia layanan web hosting local yang terdapat di indonesia, namun bila anda menargetkan pengunjung dari luar negeri, maka anda bisa menyewa penyedia layanan web hosting luar negeri atau penyedia layanan webhosting lokal yang menyediakan server di luar negeri.

Jika ketika ini anda bisa berbagi halaman website sendiri, namun kebetulan anda masih gundah alasannya yaitu belum mempunyai pengalaman bagaimana cara mengonlinekan halaman website anda, sehingga bisa diakses melalui internet, maka anda beruntung membaca artikel ini, alasannya yaitu pada artikel ini akan mengatakan gosip perhiasan untuk anda, bagaimana cara biar website anda yang anda kembangkan sendiri di komputer anda bisa diakses secara online melalui jaringan internet.

Cara biar website anda sanggup diakses secara online melalui jaringan internet

Langkah-langkah untuk mempublikasikan website biar sanggup diakses secara online yaitu sebagai berikut:

A. Membeli nama domain

cara Mempublikasikan website ke internet biar online Cara Mempublikasikan website ke internet biar bisa diakses secara online
Domain yaitu semacam alamat fisik yang dipakai pengguna internet untuk mengakses  halaman website anda, nama domain sama halnya seperti  nama alamat untuk menuju rumah anda.

Untuk menciptakan website anda bisa diakses secara publik, maka anda harus mempunyai nama domain dengan cara membelinya di penyedia layanan webhosting contohnya di domainesia.com dengan harga yang cukup murah, harga domain  biasanya akan sangat ditentutan dengan jenis ektensi domain yang ingin dipakai (.com, .net, .id, .co.id dan lain sebagainya).

Pada ketika kita memutuskan untuk membeli nama domain, maka kita akan diminta untuk menentukan nama domain yang ingin digunakan, nama domain yang sanggup kita gunakan bisa apa saja sesuai harapan namun harus unik (tidak boleh sama dengan nama domain yang sudah ada),  selain nama domain umumnya kita juga akan diminta untuk menentukan ektensi domain, yaitu akhiran untuk nama domain, seperti  (.com, .org, .co.id, .sch.id, . net dan lain sebagainy).

Contoh nama domain misalnya, domainesia.com, nama domain domainesia dan ektensinya yaitu .com. anda bisa mencari nama domain yang sesuai dengan jenis website anda. Nama domain tersebut selanjutnya akan diintegrasikan dengan web hosting yang akan  dipakai sebagai alamat untuk mengakses halaman website anda.

B. Menyewa Web hosting

cara Mempublikasikan website ke internet biar online Cara Mempublikasikan website ke internet biar bisa diakses secara online
Jika domain yaitu alamat fisik, maka webhosting yaitu rumahnya, ya bila dianalogikan webhosting bisa diibaratkan semacam rumah yang fungsinya yaitu untuk menyimpan dan sekaligus mengelola file-file halaman website.

Web hosting dan domain memang merupakan dua hal yang berbeda, namun keduanya saling terintegrasi dan akan saling berkaitan, domain yaitu nama alamatnya, sedangkan webhosting yaitu rumahnya.

web hosting secara fisik merupakan  komputer server khusus yang sudah dikonfigurasi sedemikian rupa serta sudah dilengkapi dengan aplikasi webserver di dalamnya. Webhosting berperan mirip layaknya sebuah rumah yang sanggup anda gunakan untuk menyimpan file-file website anda.

Sama halnya dengan domain, untuk mempunyai Web hosting kita juga bisa menyewanya di penyedia layanan webhosting, harga sewa webhosting biasanya berbeda-beda, namun biasanya para penyedia layanan webhosting sudah mengkategorikannya dalam bentuk paket pilihan, semakin tinggi spesifikasi paket yang ditawarkan dan semakin lengkap fiturnya umumnya harganya akan semakin mahal.

Ketika anda memutuskan untuk menyewa webhosting untuk website anda, sebaiknya tidak serampangan dan asal-asalan, alasannya yaitu bila salah menentukan kemungkinan anda akan merasa dirugikan di kemudian hari.

Ketika anda menentukan layanan web hosting maka jangan tergiur hanya alasannya yaitu harganya yang murah, ada banyak parameter yang harus anda jadikan acuan, namun satu hal yang harus diperhatikan yaitu memahami kebutukan website anda, sehingga anda pada kesannya akan sanggup menentukan paket webhosting yang cocok dan sesuai dengan jenis website anda dalam jangka panjang.

Tips menentukan webhosting yang baik dan berkualitas.

Untuk mendapat web hosting yang cocok dan berkualitas baik, memang gampang-gampang susah, untuk yang berpengalaman mungkin akan sangat mudah bagaimana memilihnya, namun untuk pemula apalagi yang gres pertama kali mengelola halaman web, kemungkinan akan dibentuk gundah harus menentukan yang mana.

Untuk membantu dalam mendapat layanan webhosting yang baik dan berkualitas, maka anda bisa memakai parameter sederhana sebagai acuan, diantaranya yaitu sebagai berikut:

1. Pikirkan mengenai sasaran visitor website anda, mirip yang sudah dijelaskan di awal artikel, sasaran visitor akan sangat menentukan lokasi server yang harus anda pilih ketika anda menyewa layanan webhosting, bila visitor dari luar negeri maka usahakan menentukan server yang lokasinya di luar negeri, namun bila sasaran visitor indonesia anda bisa menentukan server yang lokasinya di indonesia, semakin erat lokasi server dengan lokasi pengunjung yang mengakses website anda, maka saluran akan semakin cepat.

2. Spesifikasi server, selain lokasi server anda juga harus memperhatikan spesifikasi server, spesifikasi server yang harus anda perhatiakan diantaranya, teknologi server, jenis processor yang digunakan, RAM, kapasitas penyimpanan, jenis hardisk, kecepatan jaringan, semakin baik spesifikasinya dan semakin murah harganya maka itu bisa menjadi pilihan anda.

3. Flatform yang dipakai untuk menciptakan website, pastikan penyedia layanan webhosting yang akan anda sewa support dengan flatworm website yang anda gunakan.

4. Kapasitas data, ada banyak ragam website, beberapa website mungkin sangat secara umum dikuasai dalam memakai transaksi basis data, sehingga seiring waktu kapasitasnya akan semakin membengkak, bila kebutuhan penyimpanan data untuk website anda sangat besar, pastikan anda menentukan penyedia layanan web hosting yang memperlihatkan paket server dengan kapasitas penyimpanan yang besar dan juga spesifikasi hardware yang  mumpuni.

5. Harga, Harga memang bukan prioritas utama, namun anda bisa mengupayakan untuk mendapat dan menentukan layanan webhosting yang memperlihatkan harga termurah, namun tatap mengatakan kualitas terbaik. Untuk mendapat harga terbaik  anda bisa membandingkan beberapa harga layanan webhosting, silahkan tentukan pilihan pada layanan webhosting yang memperlihatkan harga termurah namun kualitasnya terjamin.

6. Testimoni pengguna, sebelum memutuskan untuk menyewa layanan web hosting, penting sekali untuk membaca testimoni dari para pengguna webhosting yang anda pilih, testimoni pengguna akan sangat menentukan kualits webhosting yang anda pilih, dengan membaca testimoni pengguna anda akan bisa mengetahui kelebihan dan kekurangan dari web hosting yang anda pilih, bila anda kurang puas dengan  testimoni yang ada, maka anda bisa bertanya pribadi dengan pengguna di webhosting tersebut di forum-forum populer terkait manis tidaknya layanan webhosting yang akan anda pilih.

Yang terang pastikan anda untuk menentukan layanan webhosting yang mempunyai testimoni yang baik dari penggunanya, walaupun tidak 100% semua testimoni positif, namun tetap anda bisa menentukan webhosting yang testimoni penggunanya didominasi oleh testimoni positif.

7. Customer support , selain 6 hal di atas, yang paling penting yang harus anda perhatikan adalah  custumer support, pastikan customer support dari penyedia layanan webhosting yang anda pilih selalu aktif dalam 24 jam , responsif dan sangat lezat diajak diskusi. Customer support akan memabantu anda manakala anda mendapat permasalahan terkait dengan website anda, customer support yang berkualitas yaitu customer support yang ramah serta selalu bisa membantu  untuk memecahkan permasalahan terkait website anda.

Jika anda mengacu pada parameter diatas, maka anda akan dengan mudah mencari dan menemukan layanan  web hosting  yang murah dan berkualtias untuk website anda.

C. Mengupload file-file halaman website anda

cara Mempublikasikan website ke internet biar online Cara Mempublikasikan website ke internet biar bisa diakses secara online
Selanjutnya sehabis anda mempunyai nama domain dan webhosting, maka biar halaman website anda sanggup diakses secara publik melalui jaringan internet, anda harus mengupload seluruh file-file website anda baik itu file html, css, javascript, script server ke web hosting.

Bagaimana cara menguploadnya ?
Cara menguploadnya tentunya tidak sulit, alasannya yaitu sehabis anda mempunyai halaman webhosting, maka anda akan mendapat akun webhosting yang sanggup anda gunakan untuk mengelola website anda, mirip untuk mengupload file-file website anda,  mengelola basis data (membuat basis data, membackup, restore basis data dan lain  sebagainya), sekaligus pengaturan konfigurasi untuk mengintegrasikan antara domain dan webhosting anda.

Untuk mengupload dan cara konfigurasi saya tidak akan bahas secara terperinci di artikel ini, alasannya yaitu umumnya setiap layanan web hosting mempunyai cara berbeda. Anda bisa mencari Referensi terkait sesuai dengan layanan webhosting yang anda pilih.

0 Response to "Cara Mempublikasikan Website Ke Internet Biar Dapat Diakses Secara Online"

Total Pageviews