Latest News

Tips Menentukan Nama Domain Menarik Supaya Website Lebih Keren

Tips Memilih Nama Domain Agar Website Lebih Keren - Pemilihan nama domain menjadi salah satu hal penting ketika menciptakan blog atau website. Setelah menemukan konten dengan tema apa yang akan di masukkan dalam blog, langkah selanjutnya yaitu menentukan nama url blog. Ya, sedikit sulit menemukan kata yang pas untuk dijadikan url link web.

Tips Memilih Nama Domain Agar Website Lebih Keren Tips Memilih Nama Domain Menarik Agar Website Lebih Keren

Suatu nama domain akan menjadi penting sebab digunakan untuk jangka waktu yang relatif lama. Untuk itu pilihlah nama domain yang menarik semoga tidak selalu ganti-ganti nama sebab alasan kurang cocok atau bosan.

Menentukan domain yang sempurna akan membantu blog dalam meningkatkan pengunjung dan peringkat di search engine. Nanti akan dijelaskan mengenai problem ini.

Sebuah website memerlukan nama url yang unik untuk menjadi sebuah merk situs yang gampang dikenal orang.

Ini bertujuan semoga setiap orang tertarik mengunjungi blog kita, di samping konten yang juga harus berkualitas.

Seperti apa sih untuk menentukan nama domainnya? atau bagaimana tipsnya menentukan domain yang menciptakan visitor tertarik berkunjung ke blog kita? Ini dia.


1. Memilih ekstensi domain terlebih dahulu


Ekstensi domain terdiri dari gTLD (generic Top Level Domain) dan ccTLD (country code Top Level Domain. Ekstensi ibarat COM, NET, dan ORG termasuk gTLD. Sedangkan ID termasuk ccTLD khusus Indonesia.

Perlu diketahui bahwa ekstensi yang paling banyak digunakan yakni COM. Kebanyakan pemilik blog memilihnya sebab sudah familiar di mata setiap orang. 

Jika Kamu bertanya kepada orang awam atau gaptek, niscaya mereka berfikir alamat website hanya berakhiran COM. 

Alasan Saya menentukan ekstensi ini juga hampir sama. COM sudah sangat terkenal bahkan di dunia internasional sekalipun. Terlebih lagi untuk blog perorangan atau eksklusif akan sangat umum menentukan ekstensi ini.

Jika mungkin nama domain yang Kamu pilih tidak tersedia dalam ekstensi COM, alternatif kedua yakni dengan berakhiran ID. Ya, banyak blogger menentukan alternatif ini sehabis COM. 

Mungkin dulu untuk menciptakan domain ID sedikit ribet sebab memerlukan scan kartu identitas ibarat KTP, tetapi kini syarat itu sudah dihapus. Kaprikornus Kamu sanggup menentukan domain ID sebagai alternatif lain.

Selain itu domain NET juga banyak digunakan. Tetapi untuk menggunakannya, Kamu harus merogoh kocek lebih dalam sebab untuk menciptakan dan perpanjangan domain sedikit lebih mahal.

Saya sarankan jangan menggunakan domain gratisan ibarat Taman Kanak-kanak dan GA sebab terlihat tidak profesional dan sedikit orang yang mengetahui domain tersebut. Selain itu domain tersebut jarang yang masuk di halaman pertama google.


2. Nama domain harus gampang diingat


Tips Memilih Nama Domain Agar Website Lebih Keren Tips Memilih Nama Domain Menarik Agar Website Lebih Keren


Jadikan nama domain atau blog selalu diingat oleh orang yang mengunjungi. Coba buat visitor atau yang melihat blogmu memiliki kesan pandangan pertama. 

Untuk menciptakan kesan gampang diingat, tentukan nama domain yang sekiranya tidak abnormal di pendengaran kita. Terdapat beberapa blogger yang salah dalam menentukan kata untuk nama. Ini ia beberapa kesalahannya.

  • kata terlalu panjang
buat orang gampang mengingat blog kita. Kaprikornus pilihlah kata sesingkat mungkin tidak lebih dari 10 karakter. Coba bandingkan domain rekblogging.com dengan areksukangeblog.com. Tentu lebih gampang diingat yang pertama.

  • hindari menggunakan angka
memang terdapat website-website besar yang menggunakan angka ibarat liputan6.com atau bagas31.com. Sebenarnya tidak salah juga. Tetapi akan lebih baik untuk menggunakan karakter saja.

  • jangan menggunakan tanda hubung minus
Menurut Saya tanda hubung minus akan menciptakan Kamu kesusahan dalam mempromosikan web ke setiap orang. Coba saja bila ada orang menayakan apa alamat webmu? Entah Kamu atau ia yang bertanya, sedikit mencerna mengenai alamat urlnya.

  • menggunakan ejaan yang susah
usahakan pengucapan dan penulisan nama domain sama semoga tidak terjadi kesalahan dalam penafsiran.


3. Cari kata menarik bekerjasama dengan niche blog


Ini yang menjadi fokus blogger dalam menentukan istilah untuk domainnya. Cari kata yang sekiranya cocok dengan niche blogmu untuk dijadikan url. 

Contohnya Saya, blog Saya berdomain rekblogging.com sebab isinya berfokus pada tutor mengenai blogging dan internet marketing. Tetapi jangan terpaku untuk menentukan kata yang bekerjasama dengan niche saja. 

Kamu juga sanggup menggunakan nama panggilanmu sebagai url domain. Jika Kamu memiliki inspirasi kata yang menarik iu juga sanggup dijadikan merk websitemu. 

Intinya pilihlah istilah yang unik sehingga banyak orang yang mau klik alamat blog Kamu.


4. Buat list pilihan nama domain lebih dari satu


Tips Memilih Nama Domain Agar Website Lebih Keren Tips Memilih Nama Domain Menarik Agar Website Lebih Keren

Usahakan untuk mencari nama domain lebih dari satu. Nantinya ini akan mengakibatkan perbandingan mana domain yang lebih manis dan mana yang kurang cocok. 

Nah ketika Saya menciptakan blog ini, terdapat nama yang Saya pilih. Berikut pola nama domain yang unik dan manis berdasarkan Saya

rekblogger.com
rekblogging.com
remumedia.com

Akhirnya Saya menentukan rekblogging untuk blog ini dan remumedia untuk blog yang lain. Rekblogger tidak dipilih sebagai url sebab termasuk merk perusahaan lain.


5. Cek domain


Setelah memutuskan menentukan nama apa yang cocok untuk dijadikan nama domain web atau blog, kini saatnya cek domain tersebut. 

Kamu harus cek apakah domain tersebut masih tersedia atau sudah digunakan oleh orang lain. Jika ekstensi domain yang dipilih sudah dipakai, coba dengan ekatensi yang lain. 

Lebih baik menentukan nama domain yang belum pernah digunakan sebelumnya. Tetapi tidak salah juga mengambil domain aged yang expaired.

Jika Kamu ingin cek apakah domain tersebut pernah digunakan atau brlum sanggup cek di whoisdomaintools.com


6. Jangan menggunakan domain tertarget


Banyak juga yang menggunakan trik curang untuk mengelabuhi mesin pencari. Contohnya dengan domain tertarget. Nama domain dibentuk sama dengan isi konten semoga sanggup masuk ke halaman pertama mesin pencari.

Ini Saya berikan pola domain tertarget silakan cek di google.

khasiatminyakzaitun123.blogspot.com

semua artikel di dalamnya memuat isi yang sama drngan judul yang hampir sama pula. Biasanya para blogger melaksanakan cara ini untuk penjualan produk.

Jangan pernah lakukan ini, sebab rawan untuk deindex dari google.


7. Jangan menggunakan kata berunsur merk berhak cipta


Ini merupakan alasan kenapa Saya tidak menggunakan nama domain rekblogger sebab terdapat kata yang memuaf unsur merk dari perusahaan google.

Sebenarnya tidak apa-apa menggunakan kata tersebut bila blogmu tidak dimonetisasi. Tetapi jangan salahkan bila sewaktu-waktu ada yang menuntut nama blog mu. 

Paling bila Kamu menggunakan nama merk dari google bisa-bisa di deindex dari serp.


8. Daftar ke penyedia domain


Tahap terakhir untuk menentukan domain dengan mendaftarkannya ke penyedia domain. Banyak sekali di Indonesia jasa domain yang terpercaya.

Saya membeli domain di rumahweb sebab terhitung pelayanannya yang bagus. Tetapi bila Kamu punya rujukan lain juga sanggup digunakan.

Kesimpulannya, tips tersebut semoga Kamu lebih gampang untuk menentukan nama domain apa yang cocok untuk blog. 

Menemukan nama domain yang unik dan menarik sanggup untuk prospek pengembabgan blog. Jangan salah pilih. Jadikan blog mu keren dengan domain yang unik.


photo by pixabay

0 Response to "Tips Menentukan Nama Domain Menarik Supaya Website Lebih Keren"

Total Pageviews