Latest News

Bentuk Permukaan Bumi - Berguru Berdikari Di Rumah

Bentuk permukaan bumi sangat beraneka ragam. Ada yang bergunung-gunung , ada yang landai , ada jurang , ada lembah , dan bermacam-macam bentuk yang lain. Pada zaman dahulu , banyak orang mengira bahwa bumi berbentuk datar , tidak bulat. Orang beropini jika ada kapal yang berlayar lalu menjauhi pantai maka , akan terperosok ke jurang. Pendapat ini lalu berubah total sesudah adanya pembuktian bahwa bentuk bumi bekerjsama bulat.

Bentuk permukaan bumi ada yang melengkung ke atas atau ke bawah , berbukit bahkan menjulang tinggi membentuk gunung. Timbulnya bentuk-bentuk relief muka bumi sebab di pengaruhi oleh 2 macam tenaga , yaitu tenaga endogen dan tenaga eksogen

TENAGA ENDOGEN : tenaga yang berasal dari dalam bumi yang bersifat membangun (konstruksif).

Gunung merupakan salah satu teladan pembentukan tenaga endogen

TENAGA EKSOGEN : tenaga yang berasal dari luar bumi dan bersifat merusak (destruktif) , ialah bisa mengikis relief muka bumi.
Contoh pengkisan permukaaan bumi oleh tenaga eksogen

RELIEF DARATAN

1.  Daratan Rendah : Tanah datar yang luas dan tingginya antara 0 hingga kurang dari 200 m di atas permukaan laut. 
Pantai Timur Pulau Sumatera

2. Daratan Tinggi : Tanah datar yang luas di tempat yang tinggi , ketinggiannya antara 200-1.500 m di atas permukaan laut.
Dataran Tinggi Dieng di Jawa Tengah

3. Bukit : Permukaan bumi yang menjulang ke atas dengan ketinggian tidak lebih dari 600 m di atas permukaan laut.

4. Gunung : Permukaan bumi yang menjulang ke atas.


Gunung Semeru di Pulau Jawa

RELIEF DASAR LAUT


 a. Gunung laut : gunung yang kaki-kakinya terletak di dasar maritim dan puncaknya menjulang ke bawah atau di atas permukaan laut.



b. Palung maritim (trog) : dasar maritim yang dalam , sempit , curam dan memanjang yang terjadi jawaban penenggelaman terus-menerus.

c. Ambang maritim (drempel) : pegunungan atau bukit-bukit di dasar laut.

d. Lubuk maritim (basin) : dasar maritim yang dalam dan berbentuk lingkaran cekung yang terjadi jawaban merosotnya potongan dasar laut.

e. Dangkalan/paparan (shelf) : dasar maritim yang mempunyai kedalaman kurang dari 200 m yang dianggap sebagai potongan daratan yang masuk ke dalam laut.

0 Response to "Bentuk Permukaan Bumi - Berguru Berdikari Di Rumah"

Total Pageviews