Latest News

Biologi : Peranan Virus

1.Virus Yang Menguntungkanbagi mahluk    hidup
Virus yang Menguntungkan
DNA sebagai pembawa bahan genetik sanggup mengubah sifat makhluk hidup. Dalamsiklus lisogenik , penggabungan DNA kuman dan DNA virus menyebabkan DNA bakterimengandung DNA virus. Pada ketika DNA virus aktif dan DNA kuman hancur ,sebagian DNA kuman tidak hancur sehingga sebagian DNA virus tetap membawa genbakteri. Jika di dalam DNA virus terkandung DNA kuman A dan DNA virustersebut menginfeksi kuman B , di dalam kuman B mengandung DNA virus dan DNAbakteri A. Dengan demikian , sebagian sifat kuman A sanggup dimiliki olehbakteri B. Berdasarkan teori di atas , virus sanggup berperan dalam banyak sekali hal.
a. Memproduksi Vaksin
Vaksin merupakan patogen yang telah dilemahkan sehingga tidak berbahaya jikamenyerang manusia. Ada beberapa virus yang dimanfaatkan untuk memproduksivaksin. Jika telah diberi vaksin , badan insan akan sanggup memproduksi antibodisehingga kalau sewaktu-waktu terjangkit patogen yang tolong-menolong , badan insan tersebuttelah kebal lantaran di dalam tubuhnya telah diproduksi antibodi patogentersebut.
b . Membuat Antitoksin
Antitoksin sanggup dibentuk dengan menggabungkan DNA virus dan gen yang mempunyaisifat menguntungkan sehingga kalau virus menginfeksi kuman , di dalam selbakteri tersebut terkandung gen yang menguntungkan. Gen insan ialah gen yangmenguntungkan yang sanggup mengendalikan produksi antitoksin. Jika oleh DNAvirus , DNA insan disambungkan dengan DNA kuman , sel kuman tersebut akanmengandung gen insan penghasil antitoksin. Kaprikornus , yang mulanya gen bakteritidak mengandung antitoksin insan , kini bisa memproduksi antitoksinmanusia.
Walau virus itu banyak yang merugikan , namun ada juga lohperanan virus dalam kehidupan sehari-hari yang menguntungkan . Merugikan jugaada disini. Mari kita bahas :




Peran virus yang menguntungkan :
a. Virus yang menguntungkan , berfungsi untuk:
1. Membuat antitoksin
2. Melemahkan bakteri
3. Memproduksi vaksin
4. Menyerang patogen


2. Peran virus yang merugikan , penyakit-penyakit yang disebabkan virusantara lain :
1. Pada Tumbuh-tumbuhan
Mozaik pada daun tembakau Tobacco Mozaic Virus
Mozaik pada kentang Potato Mozaic Virus
2. Mozaik pada tomat Tomato Aucuba Mozaic Virus
Kerusakan floem pada jeruk Citrus Vein Phloem Degeneration
3. Pada Hewan
Tetelo pada Unggas New Castle Disease Virus
Cacar pada sapi Vicinia Virus
Lidah biru pada biri-biri Orbivirus
Tumor kelenjar susu kera Monkey Mammary Tumor Virus
4. Pada Manusia
Influensa Influenzavirus
AIDS Retrovirus
SARS Coronavirus
Flu burung Avianvirus

0 Response to "Biologi : Peranan Virus"

Total Pageviews