Latest News

Mengenal Mozaik| Montase Dan Kolase - Berguru Berdikari Di Rumah

MOZAIK
Menurut kamus besar Bahasa Indonesia , mozaik ialah seni dekorasi bidang dengan kepingan materi keras berwarna yang disusun dan ditempelkan dengan perekat (Depdiknas 2001 ,756). Dari definisi mozaik tersebut sanggup diuraikan pengertiannya , yaitu pembuatan karya seni rupa dua atau tiga dimensi yang memakai material dipotong-potong atau sudah berbentuk potongan lalu disusun dengan ditempelkan pada bidang datar dengan cara di lem. Kepingan benda-benda itu , antara lain; kepingan pecahan keramik , potongan beling , potongan kertas , potongan daun , potongan kayu. Tetapi untuk sebuah tema gambar memakai satu jenis material , contohnya bila memakai beling maka dalam satu tema gambar tersebut memakai pecahan beling semua , hanya berbeda-beda warnanya baik warna alam maupun warna buatan.

kejar paket c
Contoh Seni Mozaik

MONTASE
Bila Anda mengamati secara sepintas mengenai Montase , Kolase dan Mozaik seakan-akan masih dalam satu teknik dasar yang sama dan adakala sulit dibedakan terutama antara kolase dengan montase. Karena kedua-duanya mengambil material dari benda-benda sebagai unsur karya. Tetapi bergotong-royong bila kita cermati unsur-unsurnya walaupun dari material yang sama berbentuk benda tetapi bergotong-royong beda.

Pengertian Montase , berdasarkan kamus besar Bahasa Indonesia , adalah: Komposisi gambar yang dihasilkan dari percampuran unsur dari beberapa sumber (Depdiknas 2001 , 754).
Pada perkembangannya montase yang semula terbatas pada karya dua dimensi kini telah merambah kepada karya tiga dimensi. Karya montase ini juga kurang dikenal oleh kalangan umum , alasannya ialah bentuk karyanya masih memiliki kemiripan dengan seni lukis , seni kriya , seni patung. Sehingga jenis karya ini dianggap sebagai salah satu dari jenis karya tersebut.

kejar paket c
Contoh Karya Montase

KOLASE
Menurut kamus besar Bahasa Indonesia ialah Komposisi artistik yang dibentuk dari banyak sekali materi (kain , kertas , kayu) yang ditempelkan pada permukaan gambar (Depdiknas.2001 ,580). Dari definisi tersebut sanggup diuraikan pengertian kolase , yaitu merupakan karya seni rupa dua dimensi yang memakai materi yang majemuk selama materi dasar tersebut sanggup dipadukan dengan materi dasar lain yang karenanya sanggup menyatu menjadi karya yang utuh dan sanggup mewakili ungkapan perasaan estetis orang yang membuatnya. Sehingga sanggup dikatakan bahwa materi apapun yang sanggup dirangkum (dikolaborasikan) sehingga menjadi karya senu rupa dua dimensi , sanggup digolongkan / dijadikan materi kolase.

kejar paket c
Contoh Karya Seni Kolase


Dari uraian tersebut tentu Anda sanggup mengurai materi apa saja yang sanggup digunakan sebagai karya kolase , diantaranya: obat nyamuk bakar , baut , paku , watu batry bekas , ball point bekas , bola lampu yang sudah mati , garpu , sendok makan , tutup gelas , kancing baju , kelereng , komponen elektronik yang telah rusak ditambah kayu papan , lem , dan cat. Contoh ini hanya sebagian dari material kolase yang disebutkan , akan banyak lagi yang belum sanggup disebutkan disini. Sehingga sanggup kita katakan bahwa material untuk kolase ialah benda apapun yang sanggup dipadukan sehingga menjadi sebuah karya seni rupa kolase. Baik dengan cara ditempel pada papan dengan di lem , dipaku , diikat atau dengan cara apapun. Tetapi sanggup juga dengan cara tidak ditempel pada papan melainkan dengan cara disusun menjadi bentuk tiga dimensi.

Contoh lain karya seni kolase , niscaya kalian sanggup membuatnya sendiri..

Ijazah Paket A , Paket B , dan Paket C

0 Response to "Mengenal Mozaik| Montase Dan Kolase - Berguru Berdikari Di Rumah"

Total Pageviews