Latest News

Perangkat Lunak Kegiatan Aplikasi - Berguru Berdikari Di Rumah

Software atau parangkat lunak yaitu kegiatan komputer yang merupakan suatu arahan yang harus diberikan kepada unit pengolah semoga komputer sanggup menjalankan pekerjaan sesuai dengan yang dikehendaki.Program tersebut ditulis dalam bahasa khusus yang dimengerti oleh mesin.Perangkat lunak dalam penggunaannya sanggup diklasifikasikan menjadi 5 macam , Yaitu:

1.    Sistem operasi (Operasi system)
2.    Program Utilitas (utilities Program)
3.    Program Aplikasi (Aplikasi Program)
4.    Program paket (Package Program)
5.    Bahana pemprograman (Programming Language)

Beberapa perusahaan yang ikut bergabung untuk membentuk standar dan teknik untuk dunia komputer mikro yang dikenal ISA (Industry Standard Architecture) maupun EISA (Enhanched Industry Standard Architecture) antara lain:
1.      COMPAQ Computer
2.      Advanced Logic Research (ALR)
3.      AST Research
4.      EPSON Amerika
5.      Everex Systems
6.      Hewlett Packard
7.      Olivetti
8.      Micronics
9.      Nippon Electric Corporation (NEC)
10.   TANDY Computers
11.   WYSE Tevhnology
12.   Zenith Corporation



Ada beberapa jenis perangkat lunak , antara lain:
    1.    Software system
Perangkat lunak system dibagi dalam 3 bagian:
a.  Sistem operasi
     Perangkat sistem operasi merupakan bab terpenting di dalam menjalankan suatu perangkat komputer.Sistem operasi merupakan perangkat lunak yang menjembatani antara pengguna dan perangkat keras.Ada beberapa jenis sistem operasi di antaranya Windows , DOS , Linux , dan lain sebagainya.Saat ini untuk komputer jenis PC banyak memakai sistem operasi Windows
b. Program Bantu (utility)
   Merupakan suatu kegiatan yang berfungsi untuk membantu sistem operasi menyerupai yang dijelaskan di atas ,seperti:anti virus , defragmenter , format disket ,periksa sistem , dan sebagainya.
c.  Bahasa pemrograman
    Merupakan suatu aplikasi yang berkhasiat mengonversi perhitungan yang bersifat matematis menjadi suatu aplikasi.Sebagai pola bahasa pemrograman bahasa BASIC , COBOL. C++ dan sebagainya.
   2.    Perangkat lunak aplikasi
Merupakan perangkat yang berfungsi untuk melaksanakan aneka macam bentuk kiprah perkantoran menyerupai pengolah kata , lembar kerja , presentasi , pengolahan halaman web , sampai perangkat media player ,dan sebagainya.Hal ini sudah berkembang semenjak sistem operasi tersebut dikembangkan.
Software Aplikasi sanggup dikelompokkan dalam beberapa bab , yaitu:
a.       Pengolahan kata (word Processor)
Berfungsi untuk melaksanakan pengolahan kata ,yaitu pekerjaan yang bekerjasama dengan naskah dan aneka macam macam manajemen surat-menyurat.Contoh: Wordstar , Microsoft Word , Amipro , Word Perfect.
b.      Pengolah Angka (Spread Sheet)
Berfungsi untuk melaksanakan pekerjaan yang banyak bekerjasama dengan angka-angka , menyerupai penggunaan perhitungan , laporan keuangan , dan grafik.Contoh:Lotus 123 , Quatro Pro , Microsoft Excel , Symphony , Super Calc.
c.       Pengolah data (Data base)
Berfungsi untuk melaksanakan pengolahan data.Data tersebut sanggup berupa angka , kata atau adonan angka dan kata.Contoh:dBase , Fox Base , Fox Pro , Clipper , Microsoft Access , Visual Fox Pro , Paradox dan lain sebagainya.
d.      Multimedia
Contoh aplikasi multimedia yaitu Winamp , Audio Pro untuk memutar musik berformat MP3 atau CD Audio.Kemudian RealPlayer , Xing , atau Jet Audio yang sanggup dipakai untuk menonton film atau VCD.
e.       Komunikasi dan Internet
Untuk melaksanakan komunikasi antar computer antara dua computer atau lebih ,contohnya yaitu Lap Link , PC Anywhere , Procom Plus.Aplikasi internet yang umum dipakai yaitu untuk browsing , e-mail , chatting dan messenger seperti:Internet Explorer , Opera , MIRC , ICQ , dan lain-lain.
f.        Pendidikan dan Game
Software untuk membantu memahami sesuatu pelajaran banyak dikemas dalam bentuk game dengan tujuan semoga tidak membosankan , misalnya adalah:PC Globe , Bodyworks , Science Adventure , Reader Rabbit , dan lain-lain.
g.       Perancangan Gambar
Aplikasi yang bersifat khusus di antaranya untuk membantu pekerjaan Engineer menyerupai AutoCAD (gambar struktur) , Protel (gambar rangkaian elektronik) , Matlab (pemroses dan visualisasi persamaan matematis) , Photos Shop (mengolah gambar) , dan Flash (untuk menciptakan halaman WEB) , dan lainnya.
h.       Anti Virus
Software untuk membasmi virus dari perangkat penyimpan computer , contoh:Mc Afee , Norton Anti Virus , Panda , dan lainnya.Virus yaitu software yang dibentuk untuk merusak data atau kegiatan computer , misalnya adalah:PC Brain ,Hackers , My Heart , Pepsin , Bagle , MyDoom dan lainnya.

Ijazah Paket A , Paket B , dan Paket C

0 Response to "Perangkat Lunak Kegiatan Aplikasi - Berguru Berdikari Di Rumah"

Total Pageviews