Latest News

Sifat-Sifat Cahaya Yang Dipantulkan Melalui Cermin Datar| Cermin Cekung Dan Cermin Cembung - Berguru Berdikari Di Rumah

Pemantulan cahaya ada dua jenis yaitupemantulan baur (pemantulan difus) dan pemantulan teratur. Pemantulan baur terjadi apabila cahaya mengenai permukaan yang berangasan atau tidak rata. Pada pemantulan ini , sinar pantul arahnya tidak beraturan. Sementara itu , pemantulan teratur terjadi kalau cahaya mengenai permukaan yang rata , licin , dan mengilap. Permukaan yang mempunyai sifat menyerupai ini contohnya cermin. Pada pemantulan ini sinar pantul mempunyai arah yang teratur. 

Cermin merupakan salah satu benda yang memantulkan cahaya. Berdasarkan bentuk permukaannya ada cermin datar dan cermin lengkung. Cermin lengkung ada dua macam , ialah cermin cembung dan cermin cekung.

a. Cermin Datar

kejar paket c
Cermin datar ialah cermin yang permukaan bidang pantulnya datar dan tidak melengkung. Cermin datar biasa kita gunakan untuk bercermin. Pada ketika bercermin , kau akan melihat bayanganmu di dalam cermin. Bagaimana bayangan dirimu pada cermin itu? Samakah bentuk bayanganmu dengan dirimu yang sebenarnya?  bayangan pada cermin datar mempunyai sifat-sifat berikut.

  • Ukuran (besar dan tinggi) bayangan sama dengan ukuran benda.
  • Jarak bayangan ke cermin sama dengan jarak benda ke cermin.
  • Kenampakan bayangan berlawanan dengan benda. Misalnya tangan kirimu akan menjadi ajun bayanganmu.
  • Bayangan tegak menyerupai bendanya.
  • Bayangan bersifat semu atau maya. Artinya , bayangan sanggup dilihat dalam cermin , tetapi tidak sanggup ditangkap oleh layar.
b. Cermin Cembung
kejar paket c

Cermin cembung ialah cermin yang permukaan bidang pantulnya melengkung ke arah luar. Cermin cembung biasa dipakai untuk spion pada kendaraan bermotor. Bayangan pada cermin cembung bersifat maya , tegak , dan lebih kecil (diperkecil) daripada benda yang sesungguhnya.



c. Cermin Cekung

kejar paket c
Cermin cekung ialah cermin yang bidang pantulnya melengkung ke arah dalam. Cermin cekung biasanya dipakai sebagai reflektor pada lampu kendaraan beroda empat dan lampu senter. Sifat bayangan benda yang dibuat oleh cermin cekung sangat bergantung pada letak benda terhadap cermin.
  • Jika benda erat dengan cermin cekung , bayangan benda bersifat tegak , lebih besar , dan semu (maya).
  • Jika benda jauh dari cermin cekung , bayangan benda bersifat faktual (sejati) dan terbalik.
Kamu telah mempelajari sifat bayangan pada cermin cembung dan cermin cekung. Sebuah benda sanggup dilihat alasannya adanya cahaya , yang memancar atau dipantulkan dari benda tersebut , yang hingga ke mata. Sedangkan cahaya ada 2 macam antara lain :
1. Cahaya yang berasal dari benda itu sendiri , menyerupai matahari , senter , lilin , dan lampu.
2. Cahaya yang memancar dari benda akhir memantulnya cahaya pada permukaan benda tersebut dari sumber cahaya. Misalnya , kalau kau melihat benda berwarna biru , artinya benda tersebut memantulkan cahaya berwarna biru.

Ijazah Paket A , Paket B , dan Paket C

0 Response to "Sifat-Sifat Cahaya Yang Dipantulkan Melalui Cermin Datar| Cermin Cekung Dan Cermin Cembung - Berguru Berdikari Di Rumah"

Total Pageviews