Latest News

Mengerti Apa Itu Suara - Berguru Dapat Bangun Diatas Kaki Sendiri Di Rumah

Bunyi merupakan getaran di dalam medium lentur pada frekuensi dan intensitas yang sanggup didengar oleh indera pendengaran manusia. Bunyi termasuk gelombang mekanik , alasannya dalam perambatannya bunyi memerlukan medium mediator , yaitu udara. Ada tiga syarat supaya terjadi bunyi , yaitu: ada sumber bunyi , medium , dan pendengar.

Bunyi dihasilkan oleh benda yang bergetar , getaran itu merambat melalui medium menuju pendengar. Sama ibarat gelombang lainnya , sumber gelombang bunyi merupakan benda yang bergetar. Energi dipindahkan dari sumber dalam bentuk gelombang bunyi. Selanjutnya , bunyi dideteksi oleh telinga. Oleh otak , bunyi diterjemahkan , dan kita bisa memperlihatkan respon.

Misalnya , saat kita mendengarkan bunyi lagu dari radio , kita meresponnya dengan ikut bernyanyi , atau sekadar menggoyangkan kaki. Gelombang bunyi merupakan gelombang longitudinal , yaitu gelombang yang terdiri atas partikel-partikel yang berosilasi searah dengan gerak gelombang tersebut , membentuk tempat bertekanan tinggi dan rendah (rapatan dan renggangan).

Gelombang bunyi sanggup bergerak melalui zat padat , zat cair , dan gas , tetapi tidak bisa melalui vakum , alasannya di tempat vakum tidak ada partikel zat yang akan mentransmisikan getaran.

kejar paket c
Laju gelombang bunyi

Gelombang bunyi dibatasi oleh jangkauan frekuensi yang sanggup merangsang indera pendengaran dan otak insan kepada sensasi pendengaran. Jangkauan ini ialah 20 Hz hingga 20.000 Hz , di mana indera pendengaran insan normal bisa mendengar suatu bunyi. Jangkauan frekuensi ini disebut audiosonik. Sebuah gelombang bunyi yang mempunyai frekuensi di bawah 20 Hz dinamakan sebuah gelombang infrasonik. Sementara itu , bunyi yang mempunyai frekuensi di atas 20.000 Hz disebut ultrasonik.

Banyak binatang yang sanggup mendengar bunyi yang frekuensinya di atas 20.000 Hz. Misalnya , kelelawar sanggup mendeteksi bunyi yang frekuensinya hingga 100.000 Hz , dan anjing sanggup mendengar bunyi setinggi 50.000 Hz.
kejar paket c


Kelelawar menggunakan ultrasonik sebagai alat penyuara gema untuk terbang dan berburu. Kelelawar mengeluarkan decitan yang sangat tinggi dan memakai telinganya yang besar untuk menangkap mangsanya. Gema itu memberitahu kelelawar mengenai lokasi mangsanya atau rintangan di depannya (misalnya pohon atau dinding gua).




Ijazah Paket A , Paket B , dan Paket C

0 Response to "Mengerti Apa Itu Suara - Berguru Dapat Bangun Diatas Kaki Sendiri Di Rumah"

Total Pageviews