Latest News

Biologi : Pengertian Berguru Dan Pembelajaran

Pengertian berguru dan pembelajaran

a. Belajar

Menurut Slavin dalam Catharina Tri Anni (2004) , berguru merupakan proses perolehan kemampuan yang berasal dari pengalaman. Menurut Gagne dalam Catharina Tri Anni (2004) , berguru merupakan sebuah sistem yang didalamnya terdapat aneka macam unsur yang saling terkait sehingga menghasilkan perubahan perilaku.
Sedangkan berdasarkan Bell-Gredler dalam Udin S. Winataputra (2008) pengertian berguru ialah proses yang dilakukan oleh insan untuk mendapat aneka ragam competencies , skills , and attitude. Kemampuan (competencies) , keterampilan (skills) , dan sikap (attitude) tersebut diperoleh secara sedikit demi sedikit dan berkelanjutan mulai dari masa bayi hingga masa renta melalui rangkaian proses berguru sepanjang hayat.
Ciri-ciri berguru ialah : (1) Belajar harus memungkinkan terjadinya perubahan sikap pada diri individu. Perubahan tersebut tidak hanya pada aspek pengethauan atau kognitif saja tetapi juga mencakup aspek sikap dan nilai (afektif) serta keterampilan (psikomotor); (2) perubahan itu merupakan buah dari pengalaman. Perubahan sikap yang terjadi pada individu alasannya ialah adanya interaksi antara dirinya dengan lingkungan . interaksi ini sanggup berupa interaksi fisik dan psikis; (3) perubahan  sikap akhir berguru akan bersifat cukup permanen.
b. Pembelajaran
Menurut Gagne , Briggs , dan wagner dalam Udin S. Winataputra (2008) pengertian pembelajaran ialah serangkaian acara yang dirancang untuk memungkinkan terjadinya proses berguru pada siswa.
Menurut UU Nomor 20 tahun 2003 wacana Sisdiknas , pembelajaran ialah proses interaksi akseptor didik dengan pendidik dan sumber berguru pada suatu lingkingan belajar.
Ciri utama dari pembelajaran ialah inisiasi , fasilitasi , dan peningkatan proses berguru siswa. Sedangkan komponen-komponen dalam pembelajaran ialah tujuan , materi , acara , dan penilaian pembelajaran.

0 Response to "Biologi : Pengertian Berguru Dan Pembelajaran"

Total Pageviews