Latest News

Arah Rambatan Cahaya - Berguru Berdikari Di Rumah

Dasar bak yang airnya jernih terlihat lebih dangkal dari sebenarnya. Peristiwa ini merupakan salah satu bentuk pembiasan cahaya yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Apabila cahaya merambat melalui dua zat yang kerapatannya berbeda , cahaya tersebut akan dibelokkan. Peristiwa pembelokan arah rambatan cahaya sehabis melewati medium rambatan yang berbeda disebut pembiasan.

Perhatikan bagan pembiasan cahaya berikut!

kejar paket c









Apabila cahaya merambat dari zat yang kurang rapat ke zat yang lebih rapat , cahaya akan dibiaskan mendekati garis normal. Misalnya cahaya merambat dari udara ke air. Sebaliknya , apabila cahaya merambat dari zat yang lebih rapat ke zat yang kurang rapat , cahaya akan dibiaskan menjauhi garis normal. Misalnya cahaya merambat dari air ke udara. Pembiasan cahaya sering kau jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya dasar bak terlihat lebih dangkal daripada kedalaman sebenarnya. Gejala pembiasan juga sanggup dilihat pada pensil yang dimasukkan ke dalam gelas yang berisi air.

Cahaya Dapat Diuraikan

kejar paket c

Pelangi terjadi alasannya ialah insiden penguraian cahaya (dispersi). Dispersi merupakan penguraian cahaya putih menjadi banyak sekali cahaya berwarna. Cahaya matahari yang kita lihat berwarna putih. Namun , bergotong-royong cahaya matahari tersusun atas banyak cahaya berwarna. Cahaya matahari diuraikan oleh titik-titik air di awan sehingga terbentuk warna-warna pelangi. Warna merah , jingga , kuning , hijau , biru , nila dan ungu pada pelangi berasal dari pembiasan dan penguraian cahaya putih matahari oleh bintik-bintik air hujan.

Kamu juga sanggup mengamati insiden dispersi cahaya pada balon air. Kamu sanggup memakai air sabun untuk menciptakan balon air. Jika air sabun ditiup di bawah sinar matahari , kau akan melihat banyak sekali macam warna berkilauan pada permukaan balon air tersebut.

Ijazah Paket A , Paket B , dan Paket C

0 Response to "Arah Rambatan Cahaya - Berguru Berdikari Di Rumah"

Total Pageviews