Latest News

Teknik Menulis Secara Umum - Berguru Berdikari Di Rumah

kejar paket c
Seperti halnya proses produksi lainnya , menulis juga memerlukan teknik tertentu. Sehingga sanggup menghasilkan goresan pena yang baik , bermanfaat , dan yummy dibaca.

Teknik menulis goresan pena yang satu dengan lainnya itu berbeda. Berikut teknik menulis secara umum yang sanggup digunakan untuk membuat sebuah tulisan.

  1. Menentukan Jenis Tulisan
    Hal ini perlu dilakukan lebih dahulu alasannya ialah akan besar lengan berkuasa pada hal-hal yang perlu diperhatikan selanjutnya dalam teknik menulis. Untuk menulis dongeng anak , tentu tekniknya akan berbeda dengan menulis puisi , menulis renungan , atau menulis kesaksian.
  2. Memertimbangkan Pembaca
    Ingatlah para pembaca Anda. Hal ini ialah salah satu metode biar goresan pena Anda dibaca oleh pembaca. Berikan sesuatu yang mereka butuhkan , yang mendidik , memberi gosip , maupun yang menghibur mereka.
  3. Berorientasi pada Publikasi
    Jangan lupakan yang satu ini. Selain memertimbangkan pembaca , berorientasi pada publikasi akan menolong Anda untuk menghasilkan goresan pena yang bagus. Anda juga sanggup mempelajari goresan pena menyerupai apa yang diinginkan suatu media tertentu kalau Anda tahu ke mana goresan pena Anda akan dipublikasikan.
  4. Menentukan Tema dan Mencari Ide Tulisan
    Dari tema yang sudah Anda tentukan , munculkan ide-ide yang gres dan menarik. Untuk menunjang ide-ide Anda , lakukan persiapan-persiapan materi , bahkan riset sehingga goresan pena Anda semakin akurat.
  5. Mengembangkan Ide
    Jika tema dan ilham sudah ditentukan , teknik selanjutnya ialah mengembangkannya. Ide tidak akan menjadi sebuah goresan pena kalau Anda tidak mengembangkannya. Kembangkan ilham Anda dalam kalimat-kalimat sehingga sanggup dipahami oleh pembaca.
  6. Memerhatikan Unsur-Unsur Tulisan
    Dalam membuatkan ilham , perlu diperhatikan pula unsur-unsur tulisan. Pakailah kata dan kalimat yang efektif. Sehingga pembaca tidak akan resah dengan pemaparan ilham Anda. Namun , unsur goresan pena ini juga perlu memerhatikan jenis goresan pena yang akan Anda buat. Dalam menulis puisi , tentunya Anda tidak perlu resah apakah kalimat Anda efektif atau tidak.
  7. Menciptakan Gaya Tulisan
    Buatlah gaya Anda sendiri. Jangan memalsukan gaya goresan pena orang lain. Hal ini memang tidak gampang bagi pemula , apalagi kalau Anda memunyai penulis yang Anda idolakan. Biasanya gaya menulis Anda akan terpengaruh olehnya. Namun jangan frustasi , dengan latihan terus-menerus , risikonya Anda sanggup membuat gaya Anda sendiri.
  8. Menguasai EyD
    Meskipun ada seorang editor yang akan mengedit goresan pena Anda , seorang penulis sebaiknya juga menguasai ejaan yang disempurnakan dengan baik. Bagaimana menggunakan tanda baca , menggunakan kata dan kalimat baku , menggunakan awalan maupun kata depan , dan lain sebagainya , lebih baik dikuasai alasannya ialah hal tersebut akan menunjang goresan pena Anda nantinya.
  9. Melakukan Swasunting
    Editing bukan semata-mata kiprah editor. Penulis yang baik juga melaksanakan kiprah editing untuk tulisannya sendiri. Setelah Anda menuntaskan goresan pena Anda , lakukan swasunting untuk memerbaiki tata bahasa kalimat dalam goresan pena Anda. Swasunting ini tidak hanya berlaku bagi pemula , semua penulis hendaknya melakukannya.
Kunci dari cara menulis di atas ialah berlatih menulis terus-menerus. Karena keterampilan menulis tidak sanggup diperoleh secara instan , namun memerlukan latihan dan ketekunan yang akan mengantarkan Anda menjadi seorang penulis yang andal. Selamat menulis.

Ijazah Paket A , Paket B , dan Paket C

0 Response to "Teknik Menulis Secara Umum - Berguru Berdikari Di Rumah"

Total Pageviews