Latest News

Unsur-Unsur Drama - Berguru Berdikari Di Rumah

Unsur-unsur drama ada dua , yaitu:

1. Unsur Intrinsik (unsur dalam)
Unsur intrinsik atau disebut juga unsur dalam ialah unsur yang tidak tampak. Ini yang kita sebut di atas tadi sebagai kajian interteks. Dalam intrinsik ada:

kejar paket c
  • Tema; yaitu ilham pokok yang ingin disampaikan dari sebuah cerita. Tema sering pula dikatakan dengan nada dasar drama. Sebuah tema tidak terlepas dari insan dan kehidupan , misalkan cinta , ajal , dan sebagainya. Jika ada yang menyebutkan temanya romantis , itu ialah bias pengertian. Romantis bukan tema , tetapi gaya yang dipakai oleh penulis. Dalam masalah dimaksud bekerjsama temanya ialah cinta/ percintaan. Jalan ceritanya yang dibuat menjadi romantis. Hal ini hanyalah masalah gaya/style saja.
  • Alur/ plot; yaitu jalan cerita. Dalam alur sebuah naskah drama bukan permasalahan maju-mundurnya sebuah dongeng ibarat yang dimaksudkan dalam karangan prosa , tetapi alur yang membimbing dongeng dari awal hingga tuntas. Dimulai dengan pemaparan (perkenalan awal tokoh dan penokohan) , adanya dilema (konflik) , konflikasi (masalah baru) , krisis (pertentangan mencapai titik puncak–klimak s.d. antiklimaks) , resolusi (pemecahan masalah) , dan ditutup dengan ending (keputusan). Ada pula yang menggambarkan alur dalam sebah naskah drama itu pemaparan—masalah—pemecahan masalah/resolusi—keputusan.
  • Penokohan; abjad yang dibuat oleh setiap obrolan tokoh.
  • Latar/ setting; yaitu daerah kejadian. Latar atau setting berbicara dilema daerah , suasana , dan waktu.
  • Amanat; yaitu pesan yang hendak disampaikan penulis dari sebuah cerita. Jika tema bersifat lugas , objektif , dan khusus , amanat lebih umum , kias , dan subjektif.

2. Unsur Ekstrinsik (unsur luar)
Unsur-unsur luar ialah unsur yang tampak , ibarat adanya dialog/ percakapan. Namun , unsur-unsur ini dapat bertambah dikala naskah sudah dipentaskan. Di sana akan tampak panggung , properti , tokoh , sutradara , dan juga penonton.
Ijazah Paket A , Paket B , dan Paket C

0 Response to "Unsur-Unsur Drama - Berguru Berdikari Di Rumah"

Total Pageviews