Latest News

Mengenal Habitat Mahluk Hidup - Berguru Berdikari Di Rumah


Habitat berasal dari bahasa Latin yang berarti menempati , itu berarti habitat ialah tempat suatu spesies untuk tinggal dan berkembang. Pada dasarnya , habitat ialah lingkungan yang tidak sekedar fisik saja , tapi juga menurut populasi suatu spesies yang menghipnotis dan dimanfaatkan oleh spesies tersebut. Menurut Clements dan Shelford (1939) , habitat ialah lingkungan fisik yang ada di sekitar suatu spesies , atau populasi spesies , atau kelompok spesies , atau komunitas.

Sehingga Habitat diartikan sebagai tempat suatu makhluk hidup. Semua makhluk hidup memiliki tempat hidup yang disebut habitat (Odum , 1993). Kalau kita ingin mencari atau ingin berjumpa dengan suatu organisme tertentu , maka harus tahu lebih dahulu tempat hidupnya (habitat) , sehingga ke habitat itulah kita pergi untuk mencari atau berjumpa dengan organisme tersebut. Oleh alasannya itu , habitat suatu organisme sanggup juga disebut alamat organisme itu.

Semua organisme atau makhluk hidup memiliki habitat atau tempat hidup. Contohnya , habitat paus dan ikan hiu ialah air maritim , habitat ikan mas ialah air tawar , habitat buaya muara ialah perairan payau , habitat kera dan harimau ialah hutan , habitat pohon bakau ialah kawasan pasang surut , habitat pohon butun dan kulapang ialah hutan pantai , habitat cemara gunung dan waru gunung ialah hutan Dataran tinggi , habitat manggis ialah hutan dataran rendah dan hutan rawa , habitat ramin ialah hutan gambut dan kawasan dataran rendah lainnya , pohon-pohon anggota famili Dipterocarpaceae pada umumnya hidup di kawasan dataran rendah , pohon aren habitatnya di tanah dataran rendah sampai kawasan pegunungan , dan pohon durian habitatnya di dataran rendah.

Selain itu , istilah habitat sanggup juga digunakan untuk mengatakan tempat tumbuh sekelompok organisme dari aneka macam spesies yang membentuk suatu komunitas. Sebagai teladan untuk menyebut tempat hidup suatu padang rumput sanggup memakai habitat padang rumput , untuk hutan mangrove sanggup memakai istilah habitat hutan mangrove , untuk hutan pantai sanggup memakai habitat hutan pantai , untuk hutan rawa sanggup memakai habitat hutan rawa , dan lain sebagainya. Dalam hal ibarat ini , maka habitat sekelompok organisme meliputi organisme lain yang merupakan komponen lingkungan (komponen lingkungan biotik) dan komponen lingkungan abiotik.

Sumber: id.shvoong.com

0 Response to "Mengenal Habitat Mahluk Hidup - Berguru Berdikari Di Rumah"

Total Pageviews