Latest News

Pengelompokkan Flora - Berguru Berdikari Di Rumah

Tumbuhan sanggup digolongkan menurut daerah hidup , jenis daun , jenis batang , dan jenis akarnya.

1. Pengelompokkan menurut daerah hidupnya

Sama menyerupai binatang , tumbuhan pun digolongkan menurut daerah hidupnya. Tempat hidup tumbuhan ada di darat dan ada pula di air. Amatilah tumbuhan yang ada di sekitarmu. Adakah pohon kelapa atau pohon pisang di erat rumahmu? Di manakah daerah hidup pohon-pohon tersebut? Pohon kelapa dan pohon pisang daerah hidupnya di darat. Contoh tumbuhan lain yang hidup di darat yaitu mawar , melati , jagung , dan ketela. Namun , ada pula tumbuhan yang daerah hidupnya di air , menyerupai teratai , eceng gondok , dan kangkung. Bagaimana dengan daerah hidup padi , di darat ataukah di air? Diskusikanlah dengan orangtua ataupun tutormu.
kejar paket c
Pohon kelapa hidup di darat
kejar paket c
Eceng gondok di air

2. Pengelompokkan menurut bentuk daun
Berdasarkan Bentuk Daunnya Hampir semua tumbuhan mempunyai daun. Daun berkhasiat sebagai daerah pembuatan kuliner dan sebagai alat pernapasan tumbuhan. Bentuk daun majemuk , yaitu: 
  1. Bentuk daun oval , yaitu bab tengah daun lebih lebar dibandingkan bab atas dan bawahnya , contohnya daun mangga , rambutan , dan durian.
  2. Bentuk daun jantung , yaitu bentuknya menyerupai jantung , contohnya daun eceng gondok dan daun sirih.
  3. Bentuk daun menjari atau menyerupai jari , contohnya daun singkong dan daun pepaya.
  4. Bentuk daun memanjang , yaitu helaian daun mempunyai lebar yang sama contohnya pandan dan padi.
3. Pengelompokkan menurut bentuk batang

Batang yaitu bab tumbuhan yang berkhasiat sebagai penyalur kuliner dari akar ke seluruh bab tumbuhan. Selain itu , batang berfungsi untuk menegakkan tumbuhan di atas permukaan tanah. Tumbuhan yang tinggi , menyerupai pohon kelapa dan mangga , mempunyai batang yang besar , tinggi , dan keras. Adapun tumbuhan yang pendek , biasanya , mempunyai batang yang kecil , pendek , dan lunak. Ada pula tumbuhan yang mempunyai batang menjalar di tanah , menyerupai semangka , mentimun , ubi jalar , dan rumput. Batang tumbuhan itu lunak dan ukurannya kecil. 

4. Pengelompokkan tumbuhan menurut jenis akar
kejar paket c
Akarserabut
Akar bagi tumbuhan sangat penting alasannya yaitu berfungsi untuk menyerap air dan kuliner dari dalam tanah. Pada beberapa tumbuhan , menyerupai wortel dan ketela pohon , akar berfungsi sebagai penyimpan cadangan makanan. Ada dua jenis akar , yaitu akar serabut dan akar tunggang. Akar serabut tidak mempunyai akar utama dan setiap bab akar besarnya sama. Akar tunggang yaitu akar utama yang berukuran besar dan mempunyai akar cabang.

Tumbuhan yang mempunyai akar serabut , contohnya tumbuhan padi , jagung , rumput , dan tebu. Tumbuhan yang mempunyai akar tunggang , contohnya pohon mangga , jambu , dan durian. Akar mempunyai fungsi yang sangat penting. Fungsi akar sebagai penyerap air dari dalam tanah. Hal itu menciptakan lingkungan terhindar dari banjir alasannya yaitu air yang jatuh ke bumi diserap dengan baik. Akar tumbuhan juga menciptakan keadaan tanah menjadi subur. Jika tidak ada tumbuhan , air sulit diserap oleh tanah sehingga tragedi banjir tidak sanggup dihindarkan dan masyarakat akan mengalami kerugian.

Sumber: crayonpedia.org

Ijazah Paket A , Paket B , dan Paket C

0 Response to "Pengelompokkan Flora - Berguru Berdikari Di Rumah"

Total Pageviews