Latest News

Sumber-Sumber Energi Alternatif - Berguru Berdikari Di Rumah

Berikut ialah macam dari energi alternatif:


kejar paket c
1. Energi Matahari
Hampir semua energi yang berada di bumi berasal dari matahari. Energi radiasi sinar matahari sanggup diubah menjadi energi listrik dan energi kalor. Peralatan yang memakai sel - sel surya sanggup pribadi mengubah energi radiasi sinar matahari menjadi energi listrik. Pada dikala ini , sel - sel surya mulai ditawarkan negara kita untuk dipasang di rumah - rumah. Sel - sel surya ini sanggup mengubah energi radiasi sinar matahari menjadi energi kalor (panas). Energi panas yang dihasilkan sanggup digunakan untuk memanaskan ruangan , memanaskan air , dan keperluan lain. Pada dikala ini , sel - sel surya sudah biasa dijumpai di atap - atap rumah , rumah sakit , dan hotel di Jakarta. Salah satu duduk kasus yang dihadapi dalam pemanfaatan energi ini ialah matahari tidak selalu bersinar jelas sepanjang hari. Mengapa? Sebab adakala matahari tertutup oleh awan.

2. Energi Panas Bumi
kejar paket c
Bumi sebetulnya tersusun dari beberapa lapisan. Pusat bumi terbentuk dari lapisan kerikil yang panas. Hal ini memungkinkan bumi menjadi sumber energi panas. Energi geothermal ialah energi yang dihasilkan oleh magma di dalam perut bumi. Energi geothermal disebut juga energi geotermal. Energi tersebut banyak digunakan terutama di tempat - tempat pegunungan. Mengapa demikian? Batuan panas yang terbentuk memanaskan air di sekitarnya sehingga dihasilkan sumber uap panas atau geiser. Sumber uap panas tersebut kemudian dibor. Uap panas yang keluar dari lubang pengeboran , sehabis disaring , sanggup digunakan untuk menggerakkan turbin yang akan memutar generator sehingga menghasilkan energi listrik. Pembangkit listrik yang memanfaatkan energi geothermal disebut Pusat Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP). Contoh PLTP di Indonesia , antara lain , PLTP Kawah Kamojang di Jawa Tengah dan PLTP Bayongbong di Garut , Jawa Barat. Masalah yang dihadapi dalam pemanfaatan energi geothermal ialah sulitnya pengeboran tanah , biaya yang tinggi , dan sedikitnya tempat yang memenuhi syarat untuk pembangunan PLTP.


3. Energi Air
Air mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang lebih rendah.Aliran air yang deras merupakan sumber energi gerak. Energi ini sanggup digunakan untuk menghasilkan nergi listrik. Pernahkah kau pergi ke bendungan atau waduk? Pada suatu bendungan , air yang jatuh dari cuilan atas bendungan akan menghasilkan arus yang sangat deras. Keadaan ini sanggup dimanfaatkan untuk menggerakkan turbin yang memutar generator. Generator yang berputar menghasilkan energi listrik. Selain bendungan , gerakan pasang surut air maritim juga sanggup digunakan untuk membangkitkan listrik. Tahukah kau cara berkerjanya? Coba tanyakan kepada orang tuamu! Catat di buku kiprah dan sampaikan di depan kelas!

4. Energi Angin
Banyak acara yang memanfaatkan energi angin. Misalnya , pada permainan layang , layang , olahraga terbang layang , bahtera layar. Namun , angin yang sangat  besar sanggup mengakibatkan peristiwa (bahasan ini akan kau pelajari pada cuilan 9). Angin ialah sumber energi alternatif yang murah dan tidak menjadikan polusi. Energi angin juga sanggup digunakan pada kincir angin yang menghasilkan listrik. Baling - baling pada kincir angin akan berputar cepat apabila ada angin besar yang bertiup. Putaran ini sanggup menggerakkan turbin pada suatu pembangkit tenaga listrik. Kaprikornus , energi angin sanggup dijadikan sumber pembangkit energi listrik. Di negara Belanda , kincir angin digunakan untuk memompa air guna mengeringkan tanah. Kincir angin menyerupai ini juga dibangun di tempat - tempat yang rawan banjir , untuk memompa air. Karena banyaknya kincir angin di negara Belanda , hingga negara tersebut di juluki negara Kincir Angin. 


Ijazah Paket A , Paket B , dan Paket C

0 Response to "Sumber-Sumber Energi Alternatif - Berguru Berdikari Di Rumah"

Total Pageviews