Latest News

Mengenal Konsep 1- 3 - Mencar Ilmu Berdikari Di Rumah


kejar paket c
Banyak cara untuk mengenalkan bilangan pada anak , namun yang paling penting lakukanlah pengenalan itu melalui sarana bermain. Karena apapun acara kita sehari-hari , balita kita sanggup eksklusif melihatnya , termasuk mengenalkan angka dan huruf. Lewat bermain , pengenalan konsep bilangan dan abjad lebih gampang diingat. Perkenalan balita dengan dua hal ini sanggup menjadi bekal penting untuk pertumbuhannya.

1.       Menyentuh abjad
Siapkan 2 set mainan abjad berukuran besar. Ambil satu abjad , minta anak mengambil abjad yang sama dengan yang Anda ambil. Sebutkan nama hurufnya. Misalnya Anda mengambil abjad R , sebutkan abjad R. Minta anak mengangkat abjad R. Katakan pada anak , abjad R yaitu awal dari namanya. Misal , “R. Randy.” Lakukan untuk abjad lain , bahwa abjad yang ia pegang merupakan abjad awal dari nama orang yang ia kenal.

Anak belajar: Merasai bentuk abjad dan mengenal suara huruf.

2.       Merangkai abjad plastik
Siapkan 2 set mainan abjad ukuran besar. Rangkai beberapa abjad menjadi kata atau nama. Misalnya , “b-o-l-a” Minta anak mengucapkan setiap abjad sesuai bunyinya.

Anak belajar: Kata dibuat dari rangkaian abjad dan setiap abjad punya suara yang berbeda.

3.       Membaca abjad dari kartu abjad dan gambar
Sediakan kartu abjad bergambar. Minta anak menentukan satu kartu. Sebutkan nama abjad yang tertera pada kartu , sebutkan gambarnya. Misalnya “A” , Anggur. “B” , Bola. “C” , Cacing , dan seterusnya. Cara lain yaitu , susun kartu berdasar urutan alfabet. Ajarkan anak perihal urutan alfabet.

Anak belajar: Melihat bentuk abjad , mengenal suara abjad , dan urutan huruf.


4.        Menghitung biji-bijian.
Mengenal angka berarti mengenal konsep “banyaknya benda”. Ajarkan anak menghitung benda , bukan mengingat angka atau urutan angka. Sediakan biji kacang yang besar , yang tidak muat masuk lubang hidung dan lubang telinga. Misalnya , kacang kulit , kacang merah , sendok es krim atau stik bekas es krim. Ambil 10 buah , kemudian mulailah menghitung sendiri. Bersama anak , mulailah menghitung dari 1 hingga 10. Kombinasikan dengan mengambilnya 2 buah , minta anak menyebutkan jumlahnya.

Variasi permainan:
Ambil 5 buah biji kacang. Mulai dengan mengurangi. Ambil 2 buah biji , kemudian minta anak menghitung sisanya. Coba penambahan. Ambil 5 buah biji kacang. Pisahkan menjadi 2 dan 3. Tambahkan 2 dengan 1 , minta anak menghitung jumlahnya. Minta anak melihat dari yang tampak: mana lebih banyak , 3 atau 2.
Anak belajar: Konsep membilang , konsep mengurangi dan menambah , konsep lebih banyak dan lebih sedikit.

5.        Belanja buah.
Prinsip menghitung pada anak balita yaitu melihat dan menyentuh benda.  Libatkan anak berbelanja buah. Siapkan plastik , minta anak memasukkan ke dalamnya 3 buah apel berwarna pink. Siapkan kantong plastik lain , minta anak memasukkan ke dalamnya 2 buah pear warna kuning. Siapkan kantong plastik lain , minta anak memasukkan 5 buah jeruk.

Anak belajar: Konsep jumlah dan warna

6.       Mengenal bentuk angka.
Mengenalkan angka berarti juga mengenalkan konsep goresan pena atau bentuk angka. Misalnya 3 = tiga buah jeruk.  Sediakan mainan angka dari materi plastik. Sediakan benda menyerupai biji , buah atau sendok. Minta anak mengambil 3 buah sendok , sementara Anda mengambil angka 3. Letakkan angka 3 di erat 3 buah benda tadi. Lakukan beberapa kali dengan jumlah yang berbeda-beda. Bergantian dengan anak , sediakan benda sejumlah tertentu , kemudian minta anak menyiapkan angka pada mainannya.

Variasi permainan:  
Gunakan kartu bergambar bertuliskan angka. Ambil satu kartu , minta anak menghitung jumlah gambar yang tercantum. Anda sebutkan angka yang tertulis pada kartu itu. Sediakan buku acara yang di dalamnya terdapat gambar benda dan angka yang mengatakan jumlah benda itu. Minta anak mengikuti bentuk angka dengan jari telunjuknya. Bila anak masih kecil , pegang tangannya , gerakkan tangannya mengikuti bentuk angka.

Anak belajar: Mengenal bentuk angka dan memahami jumlah dengan simbol angka.

7.       Memancing abjad dan angka
Buat abjad dan angka dari styrofoam tipis. Jiplakkan abjad dan angka dari materi styrofoam tadi di atas kertas stiker spotlight beberapa warna. Buka stiker , rekatkan pada angka dan huruf. Sekarang , Anda punya abjad dan angka berwarna-warni. Ikat setiap abjad dan angka dengan tali kenur. Masukkan semua abjad dan angka ke dalam bejana , dengan tali atau benang menjulur keluar. Minta anak mengambil satu. Lihat angka atau abjad yang ia ambil , bantu anak menyebut angka atau abjad yang ada di ujung tali. Lakukan beberapa kali. Ulangi permainan ini kapan pun anak ingin memainkannya.

Anak belajar: Angka dan huruf

8.        Memisahkan warna , ukuran dan bentuk. Anak-anak bahagia memilah mainannya dan menghitungnya satu persatu.
Gunakan kotak mainan anak yang berisi balok warna-warni. Minta anak memisahkan warna merah , kuning , biru dan hijau. Minta anak menghitung jumlah setiap warna.

Variasi:
 Pisahkan sesuai bentuk , contohnya pisahkan segi tiga dari segi empat. Pisahkan sesuai ukuran. Pisahkan yang kecil dari yang besar.

Anak belajar: Jumlah , warna , bentuk dan ukuran.

9.       Mewarnai angka dan huruf
Sediakan buku mewarnai yang terdiri dari gambar dan abjad , atau gambar dan angka. Sediakan krayon atau pinsil warna. Secara bergantian , Anda mewarnai gambarnya , sementara anak mewarnai angka atau huruf. Sebutkan suara abjad yang diwarnai anak. Misalnya , “H” menyerupai hhh. Untuk mengawali kata “handuk”. Sebutkan angka yang diwarnai anak.

Anak belajar: Bentuk angka serta bentuk abjad dan suara huruf.

Pakai Lagu Juga Bisa
·         Balonku Ada Lima
·         Dua Mata Saya
·         B-I-N-G-O
·         ABC

Sumber: ibudanbalita.com

Ijazah Paket A , Paket B , dan Paket C

0 Response to "Mengenal Konsep 1- 3 - Mencar Ilmu Berdikari Di Rumah"

Total Pageviews