Latest News

Masalembo Tempat Misterius Segitiga Bermuda Versi Indonesia

Masalembo adalah sebuah perairan Indonesia yang terletak diperairan bahari jawa, tepatnya pertemuan antara bahari jawa dengan selat makasar. Wilayah ini sering disebut sebagai segitiga bermuda Indonesia karena kejadian misterius yang terjadi hampir sama dengan rentetan kecelakaan yang pernah terjadi di bermuda triangle. Masalembo menjadi populer ketika kecelakaan yang sering terjadi di daerah tersebut serta kisah masyarakat yang mengkaitkan kecelakaan di perairan tersebut dengan hal mistis yang beredar disana. Perairan ini menjadi lebih dikenal lagi ketika sebuah stasiun tv mengangkat nama masalembo sebagi serial tv yang menceritakan pesawat jatuh yang jauh dari peradaban dunia. Untuk menguak misteri masalembo, berikut kami sampaikan segala hal wacana misteri masalembo segitiga bermuda Indonesia.

Perairan Masalembo 

 sebuah perairan Indonesia yang terletak diperairan bahari jawa Masalembo Kawasan Misterius Segitiga Bermuda Versi Indonesia
Masalembo Kawasan Segitiga Bermuda Versi Indonesia
Banyaknya pertanyaan apa itu masalembo beredar di dunia maya, disini kami berusaha untuk menjelaskannya. Kawasan perairan Masalembo bila dilihat secara geografis dimana nama segitiga Masalembo muncul jawaban garis khayal yang berbentuk segitiga sama sisi didasar bahari Kepulauan Masalembo, garis khayal di dasar bahari ini amat tepat sebagai bentuk segitiga, terletak di antara Laut Jawa dan Selat Makassar. Kepulauan Masalembo sendiri terdiri dari tiga pulau kecil, Pulau Masalembo, Pulau Masakambing, dan Pulau Keramaian. Ketiga pulau yang berpenghuni seribu hingga tiga ribuan jiwa ini termasuk dalam wilayah Kecamatan Masalembu, Kabupaten Sumenep, Provinsi Jawa Timur. Berjarak sekitar 112 mil bahari dari Pelabuhan Kalianget, Sumenep. Dan terdapat 1 pulau yang tidak berpenghuni yaitu pulau kambing.

Cerita Rakyat Tentang Misteri Masalembo

 sebuah perairan Indonesia yang terletak diperairan bahari jawa Masalembo Kawasan Misterius Segitiga Bermuda Versi Indonesia
ilustrasi mistis masalembo
Dalam kepercayaan Masalembo, bulan yang harus diwaspadai yakni bulan Desember hingga Juni. Pada bulan-bulan itu gelombang di lautan ini sanggup mencapai lima meter lebih. Gelombang itu tidak asal gelombang. Kalau di antara gelombang itu ada garis putih (itu istilah mereka), jangan sekali-kali diterjang bila tidak ingin celaka. Sedang pantangan kedua yakni mitos. Bisa disebut begitu, karena mereka yakin, ada lintasan tertentu di bahari Masalembo ini yang harus dihindari. Itu lintasan ajal sekaligus sakral. Nelayan mana saja yang melanggar area itu bakal celaka. Tidak hanya perahunya yang raib, tetapi sekaligus awaknya.

Lintasan itu disebut sakral, karena keyakinan mereka mengatakan, lintasan itu merupakan daerah mokswanya Ratu Malaka, yang merupakan ibu dari Suku Laut. Suku ini bertebaran di aneka macam samudera, dan membentuk suku-suku gres sehabis berumah di darat. Dua keyakinan itu yang selama ini dipegang nelayan Masalembo. Mereka rela tidak melaut bila ada sinyal alam itu, serta sejauh mungkin menghindari area yang disakralkan biar terhindar dari marabahaya. Boleh percaya boleh tidak, ternyata mitos dan keyakinan itu telah membawa nelayan Masalembo lepas dari kebuasan bahari Masalembo.

Namun bila kita berbicara wacana dilema mistis, konon kabar mitos yang berkembang di daerah Masalembo yakni salah satu daerah dari kerajaan para makhlus halus atau sentra para siluman. Kabarnya, siapa saja yang ingin melewati daerah Masalembo itu haruslah menawarkan tumbal atau sesaji dan memberi salam kepada semua para penghuni astral di daerah tersebut. Jika tidak memberi tumbal atau sesaji dan salam, maka mereka akan melaksanakan tindakan-tindakan di luar budi kita yang sanggup menciptakan apapun yang melintas mengalami kecelakaan naas dan sebagai pengganti tumbalnya. Benarkah mitos ini? Atukah ini hanya isapan jempol belaka?

Misteri Kecelakaan Perairan Masalembo

 sebuah perairan Indonesia yang terletak diperairan bahari jawa Masalembo Kawasan Misterius Segitiga Bermuda Versi Indonesia
ilustrasi kecelakaan masalembo
Peristiwa yang sempat mengagetkan kita pada beberapa tahun lalu, sahabat anehdidunia.com masih ingatkah Anda dengan kejadian dari hilangnya Pesawat Adam Air pada tanggal 1 Januari 2007 yang kemudian disusul dengan bencana KM Mutiara Indah yang tenggelam di perairan Masalembo pada tanggal 19 Juli 2007 yang lalu? Tujuh hari sehabis kejadian itu, pada tanggal 27 Juli 2007 disusul lagi dengan bencana tenggelamnya KM Fajar Mas yang juga di perairan Masalembo. Belum genap satu bulan sehabis kejadian di atas, tenggelam lagi KM Sumber Awal di perairan yang sama pada 16 Agustus 2007. Dua tahun kemudian, pada tanggal 11 januari 2009 atau tepatnya di hari Minggu dini hari, terjadi lagi sebuah petaka tenggelamnya KM Teratai Prima di perairan yang sama.

Sahabat anehdidunia.com usut boleh usut, ternyata jauh hari sebelum beberapa kecelakaan-kecelakan yang terjadi menyerupai yang telah dijelaskan di atas, juga pernah terjadi kecelakaan di perairan yang sama pula, yaitu kecelakaan kemudian lintas bahari yang menimpa kapal bahari Senopati Nusantara pada tanggal 29 Desember 2006 silam. Bahkan jauh sebelumnya juga pernah terjadi sebuah petaka yang sangat menggemparkan dan menciptakan negeri kita berduka yaitu terjadinya kecelakaan dari "KM Tampomas II" yang terbakar dan tenggelam pada tanggal 27 Januari 1981 di perairan yang sama. Yang membuatnya menjadi misteri dari rentetan kecelakaan masalembo tersebut yakni kejadian di tempat yang sama dengan penyebab belum diketahui, malah beberapa dari bangkai pesawat dan bahtera belum diketahui keberadaannya.

Penjelasan Ilmiah Misteriusnya Masalembo

 sebuah perairan Indonesia yang terletak diperairan bahari jawa Masalembo Kawasan Misterius Segitiga Bermuda Versi Indonesia
Penjelasan ilmiah masalembo
Jika anda tidak mengenal mistis ataupun klarifikasi yang anda rasa tidak masuk akal, beberapa klarifikasi ilmiah ini mungkin yang menjadi pemahan anda atas kecacatan yang terjadi pada perairan sekitar Masalembo. Sulawesi selatan sanggup dikatakan sebagai tempat Bermuda ala Indonesia karena adanya perairan dalam yang berputar. Terbentuknya arus yang sangat kencang di Segitiga Maselembo berasal dari air bahari yang mengalir dari barat kemudian memanjang ke Laut Jawa menyerupai monsoonal stream atau arus musiman. Sedangkan dari Selat Makassar, terdapat arus dari utara yang disebut thermoklin. Thermoklin merupakan kondisi air bahari yang terjadi akibar perbedaan suhu. Kedua arus yang berbeda ini kemudian bertemu di Segitiga Masalembo, membawa banyak aspek lain yang ikut mengalir dengan pemikiran tersebut termasuk sediment laut. Munculnya pendapat ilmiah wacana segitiga bermuda ini bila melihat semua petaka yang terjadi kurun waktu Desember hingga januari atau Juli hingga Agustus.

Arus kencang benturan antara tiga perairan ditambah dengan terbawanya air bahari hirau taacuh dari samudera Pasifik menuju Samudera Indonesia dan hampir keseluruhannya melalui selat Makassar. Aliran air bahari yang disebut pemikiran Arlindo membawa air bahari hirau taacuh dari samudra pasifik ke samudera indonesia dengan debit kira-kira hingga 15 juta meterkubik per detik dan hampir keseluruhannya melalui selat makassar. Jika dari segi geologinya, kapal tenggelam di perairan Masalembo memang sangat mungkin terjadi. Akan tetapi kondisi “Segitiga Bermuda” di Indonesia ini mempunyai kecacatan tersendiri, alasannya yakni gaya magnetik yang terdapat di sana tergolong sangat kecil, beda halnya dengan Segitiga Bermuda di Atlantik. Hal inilah yang banyak mengundang tanya perihal kejadian pesawat adam air yang hilang diperairan Masalembo.

Hal yang paling logis untuk menjelaskan kondisi magnetik di Masalembo yakni keberadaan kantong udara di perairan Masalembo. Pakar penerbangan Kamis Martono menyebutkan, area segitiga masalembo mempunyai titik kantung udara (air pocket). Kantong udara yakni ruangan yang berisi udara yang mengalir dengan kecepatan tinggi sehingga sanggup menyedot pesawat, kapal atau atau benda apapun di sekitarnya. Biasanya titik air pocket ini berada di sekitar tempat pegunungan.  Jika di atas wilayah air pocket ini melintas pesawat udara dengan ketinggian yang rendah, pesawat ini sanggup saja tiba-tiba tersedot ke bawah menghantam bumi atau justru terlontar ke atas.

Ulasan kami wacana misteri masalembo tempat segitiga bermuda versi indonesia ini semoga memberi informasi yang anda butuhkan dalam mengisi keingintahuan anda wacana Masalembo ini. dan terakhir tetap saja kami berdoa semoga tidak ada lagi kecelakaan yang terjadi di dunia spesifiknya di Indonesia khususnya di perairan masalembo.


referensi:
https://id.wikipedia.org/wiki/Masalembu,_Sumenep
http://blog.act.id/fakta-ilmiah-misteri-bencana-segitiga-masalembo/
http://news.detik.com/kolom/728864/area-gaib-sinyal-pusat-petaka
/search?q=orang-dengan-gelar-akademis-terbanyak
http://penulispro.com/benarkah-perairan-masalembo-segitiga-bermuda-indonesia/25760/

0 Response to "Masalembo Tempat Misterius Segitiga Bermuda Versi Indonesia"

Total Pageviews