Latest News

Soal Skb Cpns Guru Dari Uu Guru Dan Dosen

SOAL SKB CPNS GURU DARI UU GURU DAN DOSEN


Masih berlanjut untuk berguru soal soal seleksi kompetensi bidang (SKB) untuk guru baik SD, Sekolah Menengah Pertama dan SMA. Kali ini akan kami berikan kisi kisi kedua yang akan keluar di tes seleksi kompetensi bidang yaitu soal SKB CPNS Guru dari UU guru dan dosen. 

Kita tahu bahwa sesuai dengan apa yang di bocorkan admin BKN perihal kharakteristik soal SKB yang akan keluar di CAT BKN yaitu kisi kisi soal SKB di ambil dari peraturan pemerintah atau peraturan menteri yang menaungi jabatan yang dipilih. Misalkan guru maka bahan utamanya yaitu permenPanRB no 16 Tahun 2009 perihal Jabatan Fungsional Guru dan angka kreditnya. 
Anda bisa melihat soal soal SKB perihal jabatan fungsional guru berdasarkan PermenPAnRB no 16 tahun 2009 pada lin berikut.



Selain Peraturan perundang-undangan diatas masih banyak lagi peraturan lain yang menjadi naungan untuk jabatan guru antara lain yaitu Undang undang nomor 14 tahun 2005 atau biasa dikenal dengan undang undang guru dan dosen. 
 SOAL SKB CPNS GURU DARI UU GURU DAN DOSEN SOAL SKB CPNS GURU DARI UU GURU DAN DOSEN

Kira Kira apa saja soal skb cpns guru dari UU guru dan dosen ini. Mari kita simak soal soalnya.
1.       Guru mempunyai kedudukan sebagai tenaga profesional. Maksud dari tenaga profesional adalah... 
           a.       Memiliki ijasah pendidikan yang sesuai
           b.      Memiliki keahlian, kemahiran dan kecakapan dengan standar mutu dan melalui pendidikan                 profesi.
           c.       Mampu membuatkan dan meningkatkan kualitas output akseptor didik dengan baik                         dengan             berbagai taktik yang mumpuni.
           d.      Mendapatkan penghasilan atau sumber penghidupan yang layak dengan aneka tunjangan
           e.      Memiliki kemampuan dan kompetensi baik kepribadian, sosial, paedagogik dan profesional
2.        Berikut bukan merupakan cuilan dari guru profesional adalah...
a.       Guru SD
b.      Guru SMP
c.       Guru  TK
d.      Guru Pendidikan dan training keterampilan
e.      Guru Olahraga
3.       Salah satu bukti bahwa guru yaitu tenaga profesional adalah..
a.       Mengajar dengan baik serta mengikuti perkembangan pendidikan dan menyesuaikannnya dengan kebutuhan akseptor didik
b.      Memiliki akta pendidik
c.       Memiliki honor yang tinggi
d.      Sudah menjadi pegawai negeri sipil
e.      Memiliki loyalitas yang tinggi terhadap pekerjaan
4.       Tujuan dan fungsi adanya ratifikasi profesionalisme guru dan dosen sebagaimana tertuang pada UU no 14 tahun 2005 adalah
a.       untuk meningkatkan martabat dan kiprah guru sebagai biro pembelajaran yang pada alhasil  meningkatkan mutu pendidikan nasional.
b.      Mengembangkan kompetensi guru dengan banyak sekali latihan supaya pendidikan nasional mempunyai kualitas yang tak kalah dengan perkembangan global
c.       Meningkatkan kiprah guru dalam mewujudkan generasi milenial yang beretika bermoral cerdas dan berartabat
d.      Meningkatkan kesejahteraan guru yang selama ini hanya mendapat penghasilan yang sangat rendah
e.      Pengakuan terhadap kinerja guru, dimana tanpa adanya guru maka tak mungkin masa depan generasi bangsa akan baik.
5.       Berkembangnya  potensi akseptor didik semoga menjadi insan yang beriman dan   bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat,  berilmu, cakap, kreatif, mandiri, serta menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab yaitu pengertian dari
a.       Sasaran Pembangunan Pendidikan
b.      Amanat Pendidikan Nasional
c.       Tujuan Pendidikan Nasional
d.      Fungsi profesionalme guru
e.      Sistem Pendidikan Nasional
6.       Profesi guru dan profesi dosen merupakan bidang pekerjaan khusus yang dilaksanakan berdasarkan prinsip sebagai  berikut kecuali
a.       memiliki bakat, minat, panggilan jiwa, dan idealisme
b.      memiliki komitmen untuk meningkatkan mutu pendidikan, keimanan, ketakwaan, dan budpekerti mulia
c.       memiliki kualifikasi akademik dan latar belakang  pendidikan sesuai dengan bidang tugas
d.       memiliki kompetensi yang diharapkan sesuai dengan bidang tugas
e.      Memiliki penghasilan yang layak sebagai pekerja profesional
7.       Mengembangkan keprofesionalan berkelanjutan merupakan salah satu prinsip profesionalisme guru. Salah satu cara membuatkan profesionalisme berkelanjutan adalah...kecuali
a.       Membuat media bimbing pembelajaran
b.      Melakukan perbaikan pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas
c.       Mengikuti bimtek pengembangan mutu pembelajaran
d.       Membuat buku petunjuk teknis pembelajaran
e.      Membuat taktik pembelajaran gres yang relevan dengan kondisi siswa
8.       Guru mempunyai jaminan proteksi aturan dalam melaksanakan kiprah keprofesionalan hal tersebut termuat dalam...
a.       Undang Undang sistem Pendidikan Nasional
b.      Undang Undang Hukum Acara Pidana
c.       Undang Undang Hak Asasi Manusia
d.      Undang Undang Guru dan Dosen
e.      Undang Undang Perlindungan Pekerja
9.       Pelaksana aktivitas sertifikasi pendidik adalah...
a.       Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
b.      Kementrian Agama
c.       Badan diklat Sumber Daya Manusia Pendidik dan tenaga kependidikan
d.      Perguruan Tinggi yang mempunyai aktivitas pendidikan yang ditunjuk pemerintah
e.      Dinas Pendidikan baik tempat kabupaten maupun tempat provinsi yang diatur dengan ketentuan pemerintah
10.   Yang bukan merupakan prinsip prinsip pelaksanaan sertifikasi guru adalah...
a.       Objektif
b.      Autentik
c.       Transparan
d.      Terbuka
e.      Akuntabel
11.   Dalam pelaksanaan peningkatan kualivikasi dan sertifikasi pendidik , beban anggaran menjadi kewajiban...
a.       Peserta sertifikasi pendidik
b.      Pemerintah sentra dan pemerintah daerah
c.       Perguruan tinggi yang ditunjuk pemerintah
d.      Satuan Pendidikan masing masing pendidik
e.      Bantuan luar negeri
12.   Berikut ini yang bukan merupakan hak guru adalah...
a.  memperoleh penghasilan di atas kebutuhan hidup  minimum dan jaminan kesejahteraan sosial
b.  mendapat promosi dan penghargaan sesuai dengan  tugas dan prestasi kerja
c.  memperoleh proteksi dalam melaksanakan kiprah  dan hak atas kekayaan intelektual
d.  memperoleh kesempatan untuk meningkatkan kompetensi
e.  memperoleh dan memanfaatkan sarana dan prasarana pembelajaran untuk menunjang kebutuhan sehari hari

13.   Berikut yang bukan merupakan penghasilan guru berdasarkan UU no 14 tahun 2005 adalah
a.       Gaji Pokok
b.      Tunjangan  Pensiun
c.       Tunjangan yang menempel pada honor pokok
d.      Tunjangan profesi
e.      Tunjangan fungsional
14.   Besaran Tunjangan profesi berdasarkan UU no 14 tahun 2005 adalah
a.       Sama dengan 1 kali honor pokok guru
b.      Sama dengan 1 kali honor keseluruhan guru
c.       Sama dengan 2 kali honor pokok guru
d.      Sama dengan 2 kali honor keseluruhan guru
e.      Gaji pokok dan tunjangan lainnya
15.   Pembayaran Tunjangan Profesi guru di peroleh dari...
a.       APBN
b.      APBD
c.       APBN dan APBD
d.      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
e.      Kementerian Agama
16.   Tunjangan kusus diberikan kepada guru dengan kriteria
a.       Seluruh guru tanpa kecuali
b.      Guru yang bekerja di wilayah 3 T
c.       Guru yang mempunyai akta pendidik
d.      Guru yang mempunyai kinerja terbaik
e.      Tunjangan khusus untuk guru yang mempunyai prestasi tertentu dibidang pendidikan
17.   Guru mempunyai kewajiban dalam melaksanakan kiprah keprofesionalitasan. Berikut yang bukan merupakan kewajiban guru yang dimaksud adalah...
a.       merencanakan pembelajaran, melaksanakan proses  pembelajaran yang bermutu, serta menilai dan mengevaluasi  hasil pembelajaran;
b.      meningkatkan dan membuatkan kualifikasi akademik  dan kompetensi secara berkelanjutan sejalan dengan  perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni;
c.       bertindak objektif dan tidak diskriminatif atas dasar pertimbangan jenis kelamin, agama, suku, ras, dan kondisi  fisik tertentu, atau latar belakang keluarga, dan status sosial ekonomi akseptor didik dalam pembelajaran;
d.      bergabung dengan organisasi politik  untuk meningkatkan mutu pendidikan
e.      memelihara dan memupuk persatuan dan kesatuan bangsa.
18.   Berikut yang bukan alasan pemberhentian guru dengan hormat adalah...
a.       meninggal dunia
b.      mencapai batas usia pensiun
c.       atas ajakan sendiri
d.      sakit jasmani dan/atau rohani sehingga tidak sanggup melaksanakan kiprah secara terus-menerus selama 12 (dua belas) bulan
b.      melanggar perjanjian kerja atau kesepakatan kerja  bersama
     
     19.   Pemberhentian jabatan guru dengan tidak hormat dikarenakan alasannya yaitu sebab berikut keculi
a.       melanggar sumpah dan janji jabatan
b.      melanggar perjanjian kerja atau kesepakatan kerja  bersama
c.       melalaikan kewajiban dalam menjalankan kiprah selama 1 (satu) bulan atau lebih secara terus-menerus.
d.      sakit jasmani dan/atau rohani sehingga tidak sanggup melaksanakan kiprah secara terus-menerus selama 12 (dua belas) bulan
e.      Mengundurkan diri dari Jabatan Guru
     20.   Batas usia pensiun guru adalah...
a.       50 tahun
b.      60 tahun
c.       65 Tahun
d.      70 Tahun
e.      Disesuaikan dengan kesanggupan guru
     21.   Salah satu wujud pembinaan dan pengembangan guru adalah...
a.       Pembinaan profesi dan karier
b.      Pembinaan Profesi dan kinerja
c.       Pembinaan sosial dan profesional
d.      Pembinaan dan konseling guru
e.      Pembinaan jenjang jabatan dan peningkatan mutu pendidik
    22.   Berikut bukan merupakan kompetensi guru yang wajib di bina dan dikembangkan sebagai tenaga profesional adalah...kecuali
a.       Kompetensi  paedagogik
b.      Kompetensi andragogik
c.       Kompetensi sosial
d.      Kompetensi profesional
e.      Kompetensi kepribadian
     23.   Peningkatan dan pengembangan karier guru sanggup dilakukan dengan... kecuali
a.       Penugasan
b.      Kenaikan Pangkat
c.       Jabatan funsional
d.      Promosi
e.      Pengiriman diklat fungsional
     24.   Hak guru dalam memperoleh proteksi dalam melaksanakan tugasnya meliputi...
a.       Hukum , profesi, keselamatan kerja, dan kesehatan kerja
b.      Hukum dan profesi
c.       Hukum , profesi , kesehatan kerja, jaminan hari tua
d.      Hukum, Profesi dan hak asasi manusia
e.      Hukum , profesi, proteksi kinerja
     25.   Perlindungan dan jaminan dari tindak kekerasan,  ancaman, perlakuan diskriminatif, intimidasi, atau perlakuan tidak adil dari pihak akseptor didik, orang renta  peserta didik, masyarakat, birokrasi, atau pihak lain yaitu wujud proteksi guru dalam bidang
a.       HAM
b.      Hukum
c.       Profesi
d.      Kinerja
e.      Keselamatan Kerja
     26.   Pemberian honor atau imbalan yang tak masuk akal terhadap guru yaitu salah satu pelanggaran terhadap jaminan proteksi guru pada bidang...
a.       HAM
b.      Hukum
c.       Profesi
d.      Kinerja
e.      Keselamatan Kerja
     27.   Guru yang mengajukan cuti berguru maka ...
a.       Gaji  tidak sanggup di berikan karena  tidak melaksanakan kiprah fungsionalnya
b.      Akan tetap mendapat honor penuh
c.       Gaji akan di potong sejumlah tunjangan fungsional
d.      Gajinya akan di alihkan untuk pembiayaan belajar
e.      Akan diberikan setengah dari honor pokok
     28.   Fungsi dari organisasi profesi adalah...kecuali
a.       memajukan profesi
b.      meningkatkan  kompetensi dan karier  guru
c.       meningkatkan wawasan kependidikan
d.      akomodasi proteksi profesi guru
e.      mengakomodasi aspirasi dan demonstrasi
     29.   Organisasi profesi guru mempunyai kewenangan kewenangan antara lain kecuali...
a.       menetapkan dan menegakkan isyarat etik guru
b.      memberikan pertolongan aturan kepada guru
c.       memberikan proteksi profesi guru
d.       melakukan sertifikasi  profesi guru
e.      memajukan pendidikan nasional.
     30.   Fungsi dari dewan kehormatan guru adalah...
a.       mengawasi pelaksanaan isyarat etik guru dan memperlihatkan rekomendasi pemberian hukuman atas pelanggaran isyarat etik oleh guru
b.      Melakukan pembinaan terhadap kualitas dan kompetensi guru secara berkala  dan menyelenggarakan training guru yang bermutu
c.       Mengakomodir aspirasi aspirasi guru untuk disampaikan kepada pemerintah terkait kebijakan peningkatan kesejahteraan guru
d.      Melakukan pengawasan terhadap ketidak adilan atau permasalahan yang menyangkut jaminan aturan guru atas perlakuan yang tidak menyenangkan dari akseptor didik
e.      Sambung pengecap pemerintah terhadap guru




Demikian artikel sederhana tentang SOAL SKB CPNS GURU DARI UU GURU DAN DOSEN . Jika anda berminat untuk download filenya silakan anda kunjungi dulu ini 

0 Response to "Soal Skb Cpns Guru Dari Uu Guru Dan Dosen"

Total Pageviews