RPP kelas 9 Fungsi Kuadrat KK 2013 revisi 2019
Fungsi kuadrat ialah salah satu materi gres yang di ajarkan di kelas 9. Pada kurikulum sebelumnya yakni kurikulum 2006 atau KTSP materi fungsi kuadrat di hilangkan dan kini pada kurikulum 2013 di kembalikan kembali. Materi ini dirasa perlu untuk di ajarkan kembali mengingat perlunya materi ini untuk menuntaskan permasalahan permasalahan matematika tingkat seolah menengah pertama (SMP). Untuk membantu bapak ibu akan kami bagikan RPP kelas 9 Fungsi Kuadrat KK 2013 revisi 2019 sebagai materi rencana ajar.
RPP kelas 9 Fungsi Kuadrat KK 2013 revisi 2019 yang kami bagikan ini lengkap dan sangat relevan untuk anda. silakan anda lihat dulu cuplikan RPPnya dan jikalau anda membutuhkan filenya silakan anda download pada bab bawah artikel.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMP N 4 Satu Atap Karangrayung
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : IX / Ganjil
Materi Pokok : Fungsi Kuadrat
Alokasi Waktu : 8 Minggu x 5 Jam Pelajaran @40 Menit
A. Kompetensi Inti
KI1 dan KI2: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah,
masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
KI3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI4: Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar | Indikator |
3.3 Menjelaskan fungsi kuadrat dengan menggunakan tabel, persamaan, dan grafik | Mengidentifikasi pengertian fungsi kuadrat Mengidentifikasi sifat-sifat fungsi kuadrat berdasarkan koefisiennya. Menentukan sumbu simetri dan nilai optimum fungsi kuadrat Memahami cara menggambar grafik fungsi kuadrat Menentukan fungsi kuadrat dari berbagai informasi yang tersedia Mengidentifikasi langkah-langkah penyelesaian permasalahan nyata dengan menggunakan fungsi kuadrat Memahami cara menentukan nilai minimum atau maksimum dari suatu fungsi kuadrat Menganalisis bentuk grafik fungsi dikaitkan dengan konstanta suku-sukunya (membuka ke atas, ke bawah, ke kanan, atau ke kiri) |
4.3 Menyajikan fungsi kuadrat menggunakan tabel, persamaan, dan grafik | Menentukan nilai minimum atau maksimum dari suatu fungsi kuadrat Menyajikan fungsi kuadrat menggunakan tabel, persamaan, dan grafik |
3.4 Menjelaskan hubungan antara koefisien dan diskriminan fungsi kuadrat dengan grafiknya | Menganalisis bentuk grafik fungsi dikaitkan dengan diskriminannya (memotong sumbu koordinat Kartesius di dua titik berbeda, menyinggung sumbu koordinat Kartesius, tidak memotong sumbu koordinat Kartesius) Mencermati cara menentukan nilai minimum atau maksimum dari suatu fungsi kuadrat Menganalisis bentuk grafik fungsi dikaitkan dengan konstanta suku-sukunya (membuka ke atas, ke bawah, ke kanan, atau ke kiri) |
4.4 Menyajikan dan menyelesaikan masalah kontekstual dengan menggunakan sifat-sifat fungsi kuadrat | Menyajikan hasil pembelajaran tentang fungsi kuadrat Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan fungsi kuadrat |
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik dapat:
Mengidentifikasi pengertian fungsi kuadrat
Mengidentifikasi sifat-sifat fungsi kuadrat berdasarkan koefisiennya.
Menentukan sumbu simetri dan nilai optimum fungsi kuadrat
Memahami cara menggambar grafik fungsi kuadrat
Menentukan fungsi kuadrat dari berbagai informasi yang tersedia
Mengidentifikasi langkah-langkah penyelesaian permasalahan nyata dengan menggunakan fungsi kuadrat
Memahami cara menentukan nilai minimum atau maksimum dari suatu fungsi kuadrat
Menganalisis bentuk grafik fungsi dikaitkan dengan konstanta suku-sukunya (membuka ke atas, ke bawah, ke kanan, atau ke kiri)
Menentukan nilai minimum atau maksimum dari suatu fungsi kuadrat
Menyajikan fungsi kuadrat menggunakan tabel, persamaan, dan grafik
Menganalisis bentuk grafik fungsi dikaitkan dengan diskriminannya (memotong sumbu koordinat Kartesius di dua titik berbeda, menyinggung sumbu koordinat Kartesius, tidak memotong sumbu koordinat Kartesius)
Mencermati cara menentukan nilai minimum atau maksimum dari suatu fungsi kuadrat
Menganalisis bentuk grafik fungsi dikaitkan dengan konstanta suku-sukunya (membuka ke atas, ke bawah, ke kanan, atau ke kiri)
Menyajikan hasil pembelajaran tentang fungsi kuadrat
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan fungsi kuadrat
D. Materi Pembelajaran
Fungsi kuadrat dengan tabel, grafik, dan persamaan
Sifat-sifat fungsi kuadrat
Nilai maksimum
Nilai minimum
Pemecahan masalah melibatkan sifat-sifat fungsi kuadrat
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Saintifik
2. Model : Discovery Based Learning
3. Metode : Demonstrasi
F. Media Pembelajaran
1. Laptop
2. LCD
3. Power Point
4. Internet
G. Sumber Belajar
Buku Penunjang Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Matematika, Kelas IX, Kemendikbud, Revisi Tahun
2015
Internet
H. Langkah-Langkah Pembelajaran
1 . Pertemuan Pertama dan Kedua (5 x 40 Menit)
Kegiatan Pendahuluan (30 Menit)
Guru : Orientasi
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa
untuk memulai pembelajaran
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik
dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
Apabila materitema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
Fungsi kuadrat dengan table
1 . Pertemuan Pertama dan Kedua (5 x 40 Menit) | |||
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung Mengajukan pertanyaan Pemberian Acuan Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu. Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung Pembagian kelompok belajar Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. | |||
Kegiatan Inti ( 140 Menit ) | |||
| Sintak Model Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | |
Stimulation (stimullasi/ pemberian rangsangan) | KEGIATAN LITERASI Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Fungsi kuadrat dengan table dengan cara : Melihat (tanpa atau dengan Alat) Menayangkan gambar/foto/video yang relevan. Mengamati Lembar kerja materi Fungsi kuadrat dengan table. Pemberian contoh-contoh materi Fungsi kuadrat dengan table untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb Membaca. Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Fungsi kuadrat dengan table. Menulis Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Fungsi kuadrat dengan table. Mendengar Pemberian materi Fungsi kuadrat dengan table oleh guru. Menyimak Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi : Fungsi kuadrat dengan table untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi. | ||
Problem statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) | CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya : Mengajukan pertanyaan tentang materi : Fungsi kuadrat dengan table yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. | ||
Data collection (pengumpulan data) | KEGIATAN LITERASI Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: Mengamati obyek/kejadian Mengamati dengan seksama materi Fungsi kuadrat dengan table yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya. Membaca sumber lain selain buku teks Secara disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Fungsi kuadrat dengan table yang sedang dipelajari. Aktivitas Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi |
1 . Pertemuan Pertama dan Kedua (5 x 40 Menit) | |||
| | Fungsi kuadrat dengan table yang sedang dipelajari. Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Fungsi kuadrat dengan table yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru. COLLABORATION (KERJASAMA) Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk: Mendiskusikan Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Fungsi kuadrat dengan table. Mengumpulkan informasi Mencatat semua informasi tentang materi Fungsi kuadrat dengan table yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Mempresentasikan ulang Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri Fungsi kuadrat dengan table sesuai dengan pemahamannya. Saling tukar informasi tentang materi : Fungsi kuadrat dengan table dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat. | |
Data processing (pengolahan Data) | COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara : Berdiskusi tentang data dari Materi : Fungsi kuadrat dengan table Mengolah informasi dari materi Fungsi kuadrat dengan table yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Fungsi kuadrat dengan table. | ||
Verification (pembuktian) | CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan : Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi : Fungsi kuadrat dengan table antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik. | ||
Generalization (menarik kesimpulan) | COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI) Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan Menyampaikan hasil diskusi tentang materi Fungsi kuadrat dengan table berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan. Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi : Fungsi kuadrat dengan table Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Fungsi kuadrat dengan table dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan. Bertanya atas presentasi tentang materi Fungsi kuadrat dengan table yang dilakukan |
1 . Pertemuan Pertama dan Kedua (5 x 40 Menit) | |||
| | dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya. CREATIVITY (KREATIVITAS) Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang materi : Fungsi kuadrat dengan table Menjawab pertanyaan tentang materi Fungsi kuadrat dengan table yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan. Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Fungsi kuadrat dengan table yang akan selesai dipelajari Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Fungsi kuadrat dengan table yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran. | |
Catatan : Selama pembelajaran Fungsi kuadrat dengan table berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan | |||
Kegiatan Penutup (30 Menit) | |||
Peserta didik : Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Fungsi kuadrat dengan table yang baru dilakukan. Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Fungsi kuadrat dengan table yang baru diselesaikan. Mengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah. Guru : Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Fungsi kuadrat dengan table. Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Fungsi kuadrat dengan table. Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Fungsi kuadrat dengan table kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik. |
silakan download RPP kelas 9 Fungsi Kuadrat KK 2013 revisi 2019
0 Response to "Rpp Kelas 9 Fungsi Kuadrat Kk 2013 Revisi 2019"