Latest News

Tips Menghadapi Tes Wawancara Kerja

TIPS menghadapi tes wawancara kerja

 Ada banyak sekali orang yang mengeluh selalu gagal dalam tes wawancara kerja TIPS menghadapi tes wawancara kerja

Ada banyak sekali orang yang mengeluh selalu gagal dalam tes wawancara kerja. Padahal tes tes tertulis sebelumnya sanggup dilewati dengan mudah. Sebenarnya ada gag sih tips menghadapi tes wawancara kerja ? Bagaimana triks supaya suapaya lolos dalam tes wawancara kerja. Kali ini kami akan berikan tips menghadapi tes wawancara kerja dengan detil.

Ada macam macam jenis tes wawancara kerja kalau di urai sebagai berikut.
1. Wawancara seleksi atau screening inter view. Wawancara ini terjadi untuk menentukan beberapa orang untuk menduduki beberapa jabatan yang tersedia. Tes wawancara ini untuk menyeleksi mana yang paling cocok atau sesuai dengan kualifikasi pekerjaan tersebut. biasanya 15 - 20 menit

2. Wawancara telepon
tujuan utama nya bersama-sama menghemat waktu dan biaya maka banyak interviewer mnggunakan cara ini untuk melaksanakan seleksi. maka dari itu pelamar harus setiap ketika siap untuk di wawancara lewat telepon

3. wawancara kampus
Sebenarnya tidak banyak interviewer yang melaksanakan wawancara kerja di kampus.

4. Wawancara di Pameran Kerja (Job Fair Interview). 
Pameran kerja diadakan untuk  menjembatani perusahaan dengan para pencari kerja. Pada festival kerja biasanya, perusahaan  memperlihatkan banyak sekali : 
•  informasi mengenai perusahaannya, mendapatkan surat lamaran dan CV dari pengunjung  (pencari kerja), bahkan tidakjarang para recruiter eksklusif melaksanakan wawancara di  stand (booth) mereka. Di Indonesia memang festival menyerupai ini masih sangat jarang  dilaksanakan kalau dibandingkan dengan festival otomotif, rumah maupun furniture. 
•  Wawancara di Lokasi Kerja (On-Site Interview). Ketika seorang kandidat telah lolos  dalam tahap wawancara seleksi, seringkali perusahaanmengundang kandidat tersebut 
untuk melihat secara eksklusif lokasi kerja. Pada kesempatan tersebut recruiter biasanya eksklusif melakukan  wawancara secara mendalam. 
Bagi pelamar yang belum mempunyai pengalaman kerja pada  lokasi yang lingkungannya kurang lebih sama, wawancara kerja di lokasi mungkin bisa terasa menyeramkan karena  mungkin harus melaksanakan perjalanan dan berada di wilayah yang tidak ia kenal. 

•  Wawancara Kelompok (Panel or Group Interview). Wawancara kelompok ialah suatu  jenis wawancara kerja dimana para pewawancara (recruiter) terdiri dari 2 (dua) orang atau lebih. Biasanya  wawancara jenis ini dilakukan kalau perusahaan memandang bahwa pelamar sudah hampir memenuhi syarat untuk diterima bekerja. Biasanya para penanya dalam wawancara inilah yang mempunyai wewenang untuk menetapkan apakah pelamar akan diterima bekerja atau 
tidak. 
•  Wawancara Kasus (Case Interview). Wawancara kerja jenis ini menekankan pada  kemampuan analisis dan pemecahan dilema terhadap suatu masalah tertentu. Biasanya  dalam wawancara kasus, pelamar diminta untuk berperan sebagai pemegang jabatan yang  ditawarkan, kemudian diberikan sebuah masalah untuk dicarikan solusinya. 


Tujuan Wawancara Kerja 
Wawancara kerja (job interview) ketika ini merupakan salah satu aspek penting dalam proses rekrutmen dan seleksi karyawan. Meskipun validitas wawancara dianggap lebih rendah kalau dibandingkan dengan metode seleksi yang lain menyerupai psiko test, namun wawancara mempunyai banyak sekali kelebihan yang memudahkan petugas seleksi dalam menggunakannya. Apapun evaluasi pelamar (calon karyawan), wawancara kerja bersama-sama memperlihatkan suatu kesempatan atau peluang bagi pelamar untuk mengubah lowongan kerja menjadi penawaran kerja. 

Mengingat bahwa wawancara kerja tersebut merupakan suatu proses pencarian pekerjaan yang memungkinkan pelamar untuk memperoleh kanal eksklusif ke perusahaan (pemberi kerja), maka "performance" wawancara kerja merupakan suatu hal yang sangat krusial dalam menentukan apakah pelamar akan diterimaatau ditolak. Bagi si pelamar, wawancara kerja memperlihatkan kesempatan kepadanyauntuk menjelaskan secara eksklusif pengalaman,  pengetahuan, ketrampilan, dan banyak sekali faktor lainnya yang mempunyai kegunaan untuk meyakinkan perusahaan bahwa dia layak (qualified) untuk melaksanakan pekerjaan(memegang jabatan) yang ditawarkan. Selain  itu wawancara kerja juga memungkinkan pelamar untuk memperlihatkan kemampuan interpersonal, professional, dan gaya hidup atau kepribadian pelamar. 
Jika di dalam CV (Curriculum Vitae) pelamar hanya bisa mengklaim bahwa dirinya mempunyai kemampuan komunikasi dan interpersonal yang baik, maka dalam wawancara dia diberi kesempatan untuk membuktikannya. Bagi perusahaan, wawancara kerja merupakan salah satu cara untuk menemukan kecocokan antarakarakteristik pelamar dengan dengan persyaratan jabatan yang harus dimiliki pelamar tersebut untuk memegang jabatan / pekerjaan  yang ditawarkan. Secara umum tujuandari wawancara kerja adalah: 
1.  Untuk mengetahui kepribadian pelamar 
2.  Mencari informasi relevan yang dituntut dalam persyaratan jabatan 
3.  Mendapatkan informasi pelengkap yang diharapkan bagi jabatan dan perusahaan 
4.  Membantu perusahaan untuk mengidentifikasi pelamar-pelamar yang layak untuk diberikan 
penawaran kerja. 

TIPS menghadapi tes wawancara kerja

Dua teknik wawancara yang biasa dipergunakan perusahaan dalam melaksanakan wawancara kerja adalah  wawancara kerja tradisional dan wawancara kerja behavioral. Dalam prakteknya perusahaan seringkali  mengkombinasikan kedua teknik ini untuk memperoleh data yang lebih akurat. 

1. Wawancara kerja tradisional memakai pertanyaan-pertanyaan terbuka menyerupai "mengapa anda 
ingin bekerja di perusahaan ini", dan "apa kelebihan dan kekurangan anda". Kesuksesan atau kegagalan dalam wawancara tradisional akan sangat tergantung pada kemampuan si pelamar dalam berkomunikasi menjawab pertanyaan-pertanyaan, daripada kebenaran atau isi dari tanggapan yang diberikan. 
Selain itu pertanyaan-pertanyaan yang diajukan lebih banyak bersifat mengklarifikasikan apa yang ditulis dalam surat lamaran dan CV pelamar. 
Dalam wawancara kerja tradisional, recruiter biasanya ingin menemukan tanggapan atas 3 (tiga) pertanyaan: apakah si pelamar mempunyai pengetahuan, ketrampilan dan kemampuan 
untuk melaksanakan pekerjaan, apakah si pelamar mempunyai antusias dan watak kerja yang sesuai dengan 
keinginan recruiter, dan apakah si pelamar akan bisa bekerja dalam team dan mempunyai kepribadian yang sesuai dengan budaya perusahaan. 

2. Wawancara kerja behavioral didasarkan pada teori bahwa "performance" (kinerja) di masa lalu 
merupakan indikator terbaik untuk meramalkan sikap pelamar di masa mendatang. Wawancara kerja dengan teknik ini sangat sering digunakan untuk merekrut karyawan pada level managerial atau oleh perusahaan yang dalam operasionalnya sangat mengutamakan masalah- dilema kepribadian. 
Wawancara kerja behavioral dimaksudkan untuk mengetahui respon pelamar terhadap suatu kondisi 
atau situasi tertentu sehingga pewawancara sanggup melihat bagaimana pelamar memandang suatu 
tantangan/permasalahan dan menemukan solusinya. Pertanyaan-pertanyaan yang biasanya diajukan 
antara lain: 
"coba anda ceritakan pengalaman anda ketika gagal mencapai sasaran yang ditetapkan", dan 
"berikan beberapa pola ihwal hal-hal apa yang anda lakukan ketika anda dipercaya menangani 
beberapa proyek sekaligus". 
Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut si pelamar perlu mempersiapkan diri untuk mengingat kembali situasi,tindakan dan hasil yang terjadi pada ketika yang 
lalu. 
Selain itu, sangat penting bagi pelamar untuk memancing pertanyaan-pertanyaan lebih lanjut dari 
pewawancara supaya sanggup menjelaskan secara rinci citra situasi yang dihadapinya. Untuk itu 
diharapkan ketrampilan berkomunikasiyang baik dari si pelamar. 
Keberhasilan atau kegagalan dalam wawancara ini sangat tergantung pada kemampuan pelamar dalam menggambarkan situasi yang berafiliasi dengan pertanyaan pewawancara secara rinci dan terfokus. 
Dalam wawancara kerja behavioral, si pelamar harus sanggup menyusun tanggapan yang meliputi 4 (empat) hal: 
(1) menggambarkan situasi yang terjadi ketika itu, 
(2) menjelaskan tindakan-tindakan yang diambil untuk merespon situasi yang terjadi,
(3) menceritakan hasil yang dicapai, dan 
(4) apa hikmah yang dipetik dari  kejadian tersebut (apa yang dipelajari). Dalam wawancara behavioral ini teknik yang paling sering dipergunakan ialah yang disebut S-T-A-R atau S-A-R atau P-A-R. 

A. Situation/Problem/Task 

Pelamar diminta untuk menggambarkan situasi yangterjadi atau tugas-tugas yang harus  dilaksanakannya pada masa lalu. Pelamar harus menggambarkan situasi atau kiprah tersebut secara  spesifik, rinci dan gampang dipahamioleh pewawancara. Situasi atau kiprah yang digambarkan dapat  berasal dari pekerjaan sebelumnya, pengalaman semasa sekolah, pengalaman tertentu, atau berbagai 
kejadian yang relevan dengan pertanyaan si pewawancara 

B. Action 
Pelamar diminta untuk menggambarkan tindakan-tindakan yang diambil dalam menghadapi situasi / 
dilema / kiprah di atas. Dalam hal ini pelamar harus bisa memfokuskan pada permasalahan. Meskipun  mungkin permasalahan yang ada ditangani oleh beberapa orang atau team, pelamar harus memberikan  penjelasan ihwal apa saja peranannya dalam team tersebut – jangan menyampaikan apa yang telah  dilakukan oleh team tetapi apa yang telah dilakukan pelamar sebagai bab dari team. 

C. Results 
Pelamar diminta menjelaskan hasil-hasil apa saja yang dicapai. Apa saja kendala yang terjadi jika 
hasil tidak tercapai. Apa yang terjadi kemudian sesudah permasalahan tersebut selesai dikerjakan. Lalu  apa pelajaran yang sanggup dipetik oleh pelamar dari kejadian tersebut. 

TIPS menghadapi tes wawancara kerja
MENANGANI PERTANYAAN BERSIFAT UMUM 
Pada umumnya pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dalam wawancara kerja sangat tergantung pada  teknik apa yang digunakan oleh si pewawancara. Jika memakai teknik wawancara kerja tradisional  maka pertanyaan-pertanyaan yang seringkali diajukan ialah sebagai berikut: 
1.  Jelaskan pada saya bagaimana anda menggambarkan diri anda? 
2.  Apa kelebihan dan kekurangan anda? 
3.  Apa saja prestasi yang pernah anda raih padapekerjaan yang terdahulu / ketika sekolah? 
4.  Mengapa anda berhenti dariperusahaan yang lalu? 
.  Apa tugas-tugas anda pada pekerjaan yang lalu? 
6.  Darimana anda mengetahui perusahaan ini? 
7.  Mengapa anda tertarik untuk bekerja di perusahaan ini? 
8.  Jika anda diterima bekerja untuk jabatan ini, apa yang akan anda lakukan? 
9.  Apa itu professionalisme berdasarkan anda? 
10. Apa itu teamwork berdasarkan anda? 
11. Apa hoby anda? 
Dalam wawancara yang memakai teknik wawancara kerja behavioral, maka pertanyaan-pertanyaan 
di atas seringkali ditambahkan dengan pertanyaan-pertanyaan sebagai berikut: 
1.  Ceritakan pada saya/kami kapan anda mengalamisuatu situasi yang sangat tidak menyenangkan 
dan bagaimana anda berhasil keluar dari situasi tersebut. 
2.  Ceritakan pada saya/kami bagaimana anda meyakinkan klien anda ketika anda melakukan 
presentasi. 
3.  Coba anda ceritakan bagaimana anda mengatasisituasi dimana anda harus melaksanakan banyak 
kiprah dan anda harus menciptakan prioritas kiprah mana yang harus didahulukan. 
4.  Bisakah anda ceritakan keputusan apa yang paling sulit anda buat dalam setahun terakhir ini? 
Mengapa demikian? 
5.  Ceritakan mengapa team anda gagal mencapai sasaran pada tahun sebelumnya dan bagaimana 
anda memotivasi team tersebut sehingga sanggup meraih sukses di tahun berikutnya. 
6.  Bagaimana cara anda menyelesaikankonflik? Bisa beri contoh? 
7.  Bisakah anda ceritakan suatu kejadian dimana anda mencoba untuk menuntaskan suatu tugas 
dan ternyata gagal? 
8.  Ceritakan apa yang anda lakukan ketika dipaksa menciptakan suatu aturan yang tidak 
menyenangkan bagi karyawan tetapi menguntungkan bagi perusahaan. Sebagai suatu proses 
yang melibatkan interaksi antara kedua belah  pihak, dalam wawancara kerja si pelamar juga 
biasanya diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan. Oleh alasannya ialah itu akan sangat baik 
kalau pelamar mempersiapkan beberapa pertanyaan, misalnya: 
•  Apa yang diharapkan dari saya kalau saya diterima untuk jabatan ini? 
•  Menurut pengalaman di sini, apa yang merupakan tantangan 
•  terbesar bagi pemegang jabatan ini? 
•  Apakah ada pembinaan (internal maupun eksternal) yang sanggup membantu saya untuk lebih 
berperan kalau saya diterima bekerja di perusahaan ini? 
•  Adakah ada hal-hal khusus di luar uraian jabatan yang harus saya selesaikan dalam 
waktu tertentu? 

MENANGANI PERTANYAAN BERSIFAT PRIBADI 
Berbeda dengan kondisi di negara-negara barat dimanahak individu sangat dijunjung tinggi dan telah 
mempunyai perangkat aturan sangat memadai ihwal hal-hal yang mengatur hak-hak pribadi seseorang  sehingga para recruiter (pewawancara) sangat berhati-hati dalam mengajukan pertanyaan, di Indonesia justru sebaliknya. 
Dalam wawancara kerja di perusahaan-perusahaan di Indonesia seringkali pewawancara justru banyak menggali masalah-masalah yang bersifat pribadi. Contoh: Menanyakan latarbelakang pelamar (orangtua, saudara, istri,  anak, status, agama, suku bangsa, umur) adalah  merupakan hal yang dianggap biasa. Meskipun seringkali pertanyaan-pertanyaan tersebut tidak  mempunyai relevansi dengan jabatan yang dilamar, pelamar harus menyiapkan diri untuk merespon  pertanyaan-pertanyaan tersebut secara sempurna dengan cara-cara yang elegan. Para penanya mungkin saja  tidak bermaksud untuk menyudutkan pelamar, tetapi lebih didasarkan pada kepedulian mereka terhadap

kecocokan antara pelamar (calon karyawan) dengan budaya yang ada dalam perusahaan. Oleh karena 
itu kalau pelamar ditanyakan mengenai hal-hal yang dirasa tidak berafiliasi dengan pekerjaan yang  ditawarkan, pelamar harus bisa mengidentifikasi apa makna dibalik pertanyaan tersebut. Untuk  merespon pertanyaan- pertanyaan yang bersifat pribadi, pelamar sanggup melaksanakan beberapa alternatif: 
1.  Pelamar bisa mengklarifikasi kepada penanya apa relevansi pertanyaan yang diajukan dengan  jabatan yang dilamar sehingga penanya sanggup menjelaskan lebih jauh hubungannya dengan  pekerjaan, kemudian berikan tanggapan yang tepat. 
2.  Pelamar sanggup menjawab eksklusif secara diplomatis dengan kesadaran penuh bahwa pertanyaan  tersebut memang tidak mempunyai relasi eksklusif dengan pekerjaan / jabatan yang dilamar. 
3.  Pelamar bisa juga menolak untuk menjawab pertanyaan tersebut kalau dirasa sangat mengganggu  privacy pelamar. Jika hal ini terpaksa dilakukan, maka harus dilakukan dengan cara-cara halus  dan  diplomatis sehingga recruiter tidak merasa dilecehkan alasannya ialah dianggap telah memberikan  pertanyaan yang keliru. 

FAKTOR-FAKTOR NEGATIF HARUS DIHINDARI 
Beberapa faktor, baik fisik maupun psikologis, yang harus diwaspadai oleh pelamar ialah faktor-faktor 
negatif yang menjadi perhatian pewawancara. Faktor-faktor tersebut misalnya: 
1.  Penampilan diri yang terlihat tidak professional (dandanan menor, pakaian yang tidak enak 
dilihat, tidak rapi, dan tidak sesuai suasana) 
2.  Bersikap angkuh, defensive atau berangasan . 
3.  Ogah-ogahan (tidak terlihat antusias atau tertarik dengan materi pembicaraan yang diajukan 
(pewawancara). 
4.  Gugup. 
5.  Sangat menekankan pada kompensasi yang akan diterima. 
6.  Selalu berusaha mencari-cari alasan atas setiap kegagalan yang pernah dialami di masa lalu. 
7.  Tidak bisa berdiplomasi, tidak matang dan kurang bisa bersopan santun. 
8.  Menyalahkan perusahaan atau bekas atasan atasan dimasa lalu, atau mengeluhkan perubahan 
teknologi yang cepat. 
9.  Tidak bisa fokus dalam menjawab pertanyaan atau pembicaraan pewawancara. 
10. Gagal memperlihatkan pertanyaan kepada pewawancara 
11. Berulang kali bertanya: "apa yang sanggup diberikan perusahaan kepada saya kalau saya 
melaksanakan ......?" 
12. Kurang persiapan: gagal memperoleh informasi penting seputar perusahaan, gagal menjawab 
pertanyaan-pertanyaan pewawancara dan tidak bisa mengajukan pertanyaan bermutu kepada 
pewawancara.

SOLUSINYA : 
Bagi anda pencari kerja yang dipanggil untuk menjalani wawancara kerja, mungkin ada baiknya anda  memperhatikan beberapa saran dibawah ini. 
Lakukan hal-hal berikut: 
Pastikan anda sudah tahu daerah wawancara, Jika tidak diberitahu terlebih dahulu jenis pakaian apa  yang harus dipakai, maka gunakan pakaian yang bersifat formal, higienis dan rapi. Mempersiapkan diri  menjawab pertanyaan-pertanyaan yang mungkin akan diajukan pewawancara. Usahakan untuk tiba 10 (sepuluh) menit lebih awal, kalau terpaksa terlambat alasannya ialah ada gangguan di perjalanan segera beritahu perusahaan (pewawancara). Sapa satpam atau resepsionis yang anda temui dengan ramah. 
Jika harus  mengisi formulir, isilah dengan lengkap dan rapi. Ucapkan salam (selamat pagi / siang / sore) kepada  para pewawancara dan kalau harus berjabat tangan, jabatlahdengan akrab (tidak terlalu keras namun tidak lemas). 
Tetaplah bangkit hingga anda dipersilakan untuk duduk. Duduk dengan posisi yang tegak dan  seimbang. Persiapkan surat lamaran dan CV anda. Ingat dengan baik nama pewawancara. Lakukan  kontak mata dengan pewawancara. Tetap fokus pada pertanyaan yang diajukan pewawancara.  Tunjukkan antusiasme dan ketertarikan anda pada jabatan yang dilamar dan pada perusahaan. Gunakan bahasa formal, bukan prokem atau bahasa gaul kecuali anda diwawancaraiuntuk bisa memakai bahasa tersebut. 
Tampilkan hal-hal positif yang pernah anda raih. Tunjukkan energi dan rasa percaya diri yang tinggi. Tunjukkan apa yangbisa anda perbuat untuk perusahaan bukan apa yang bisa diberikan oleh perusahaan kepada anda . Jelaskan serinci mungkin hal-hal yang ditanyakan oleh pewawancara.  Ajukan beberapa pertanyaan bermutu diseputar pekerjaan anda dan bisnis perusahaan secara umum.  Berbicara dengan cukup keras sehingga bunyi terang terdengar oleh pewawancara. Akhiri wawancara 
dengan menanyakan apa yang harus anda lakukan selanjutnya. Ucapkan banyak terima kasih kepada 
pewawancara atas waktu dan kesempatan yang diberikan kepada anda. 

HAL-HAL BERIKUT HARUSANDA PERHATIKAN : 
Jangan Berasumsi bahwa anda tahu daerah wawancara, padahal anda tidak yakin. 
Melatih diri untuk menjawab pertanyaan yang kira-kira akan diajukan pewawancara. Berpakaian rapi 
dan sopan sesuai standart ketimuran dan jangan berlebihan/mencolok. Jangan Datang terlambat (paling 
lambat 15 menit sebelum dimulai harus sudah datang/siap). Membawa surat lamaran dan CV dalam 
map yang rapi dan disusun yang benar supaya bila ditanyakan anda gampang mengambilnya/tidak gugup dan 
berantakan. Jangan menganggap remeh satpam, resepsionis bahkan pewawancara. Menjabat tangan 
pewawancara dengan tegas namun sopan (jangan lemas dan gemetar). Jangan Merokok, mengunyah 
permen atau meludah selama wawancara. Jangan duduk selonjor atau bersandar. Jangan berbicara terlalu keras atau terlalu lembut. 

Jangan Membuat lelucon/berusaha melucu.

Jangan menjawab sekedarnya saja, menyerupai "ya" atau "tidak" atau"tidak tahu" atau "entahlah". Jangan terlalu usang berpikir setiap kali  menjawab. Jangan sekali-kali mengalihkan topik pembicaraan kehal-hal yang tidak ada hubungan  dengan pekerjaan. Jangan menyalahkan mantan atasan, mantan rekan kerja atau perusahaan yang lama  (jangan menjelek-jelekkan daerah kerja yang lama). Jangan memperlihatkan jawab palsu, berbohong atau memanipulasi data. 

Jangan menanyakan honor dan kemudahan yang diterima pada ketika wawancara seleksi  dimana anda belum tahu kemungkinan anda akan diterima atau tidak. 

Jangan memperlihatkan rasa  frustasi anda dengan memperlihatkan bahwa anda mau bekerja untuk bidang apa saja dan mau  melaksanakan apa saja asal bisa diterima bekerja di perusahaan tersebut. 

Jangan membahas hal-hal negatif dari anda yang akan merugikan diri anda sendiri. Jangan mengemukakan hal-hal yang dianggap masih  kontroversial. Jangan menelpon atau menerimatelepon, atau membaca buku selama wawancara sebaiknya hand phone dimatikan sewaktu wawancara). 

Jangan sampai  salah menyebut nama  pewawancara (sebaiknya hafalkan nama beliau). Harus mengajukan pertanyaan pada ketika diberikan 
kesempatan untuk bertanya. Jangan lupa mengucapkan terima kasih kepada para pewawancara

Sekian dan terimakasih

File lengkap bisa di download pada link berikut


0 Response to "Tips Menghadapi Tes Wawancara Kerja"

Total Pageviews