Latest News

Pengalaman Mengikuti Pppk Provinsi Jateng

Pengalaman mengikuti tes seleksi PPPK provinsi Jateng


Bicara mengenai pengalaman mengikuti tes seleksi PPPK, ada mitra saya yang sudah kisah panjang lebar ihwal kharakteristik soal soal yang keluar pada tes PPPK Pemprov Jateng tahun 2018 silam. Namanya Aan dwi Aprianto dan Wahyudi SE, keduanya mendaftarkan diri pada deretan guru bahasa Jawa dan IPS SMA. Mereka berdualah yang banyak memperlihatkan citra soal soal dan tes tes apa saja yang di laksanakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah sekitar pertengahan tahun 2018 silam.
 Pengalaman mengikuti tes seleksi PPPK provinsi Jateng Pengalaman mengikuti PPPK provinsi Jateng

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah memang membuka lowongan guru dalam kategori pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja atau PPPK untuk mengisi deretan formasi kosong alasannya berbagai pegawai pemprov terutama bidang pendidikan yang pensiun. bahkan sebelum PP ihwal PPPK ASN di launching , Pemprov Jateng sudah menciptakan solusi cerdas dengan mengadakan perekrutan Guru dengan perjanjian Kontrak.

Trus apa saja yang yang harus di siapkan untuk mendaftarkan menjadi PPPK. Berdasarkan mitra kawan saya tersebut cara mendaftarkan nya cukum gampang dan tak sesulit saat kita mendaftarkan di SSCN. Dulu memang jadwal PPPK jateng tersebut belum di fasilitas Pemerintah Pusat jadi gres sebatas itu. Namu untuk kini alasannya sudah menjadi jadwal pemerintah lewat UU Aparatur sipil Negara dan PP no 49 tahun 2018 ihwal Pengadaan PPPK maka kemungkinan akan di fasilitas secara Nasional lewat Portal Seleksi PPPK Nasional semacam SSCN.

Jika kalian belum pernah mencoba membuka portal SSCN alangkah baiknya kini anda coba buka buka atau bertanya tanya pada adik atau teman yang sudah ikut dalam seleksi CPNS 2018 kemarin, Mumpung masih hangat di fikiran mereka. Makara anda dapat berguru prosedur registrasi dan prosedur pengumuman hasilnya.

Mengenai Soal soal PPPK berdasarkan pengalaman mitra saya di Pemprov Jateng, mereka menyampaikan secara garis besar terbagi dalam 2 tahap. Sama juga ibarat tahapan seleksi CPNS 2018. Tahapan itu adalah

1. Tahap tes kompetensi Dasar
Tahap tes kompetensi dasar ini berbeda dengan Tes Wawasan Kebangsaan pada seleksi CPNS. Mereka menyampaikan jenis tes cenderung semacam soal Tes Potensi Akademik atau tes TPA. 
Kemudian dari kisah tersebut lalu saya mencoba melaksanakan penjelasan dari mereka, saya tunjukan tes tes potensi akademik keguruan ibarat TPA pada pretest PPG (Pendidikan Profesi Guru)

Lalu apa respon mereka? ya ternyata mereka bilang " nah yang kayak ini lho pak, lho jikalau tau soal soalnya kayak begini mendingan berguru ini ya pak". 

Wauw sama ibarat tebakan saya, bahwa tes ini niscaya ada hubungannya dengan standar dasar kompetensi guru sebagaimana tes yang diberikan pada UKG dan PPG atau PLPG. pada dasarnya soalnya ada hubungannya dengan soal soal tes rekrutmen penerima sertifikasi.

Anda belum memilikinya? Jangan khawatir saya sudah menciptakan materi tes potensi akademik yang mumpuni sebagai materi berguru untuk menghadapi tes PPPK tahun ini.


2. Soal soal kompetensi bidang 

Pada tes ini berdasarkan mitra saya bahkan tak ada hubungannya dengan pelajaran yang di ampu, misalkan anda yaitu jurusan IPA yang mendaftar PPPK pada deretan guruIPA Sekolah Menengah Pertama maka jangan berharap soal soalnya yaitu pelajaran IPA. Tidak, Bukan itu soalnya. 

Soal soalnya beliau berdasarkan pengalaman mitra kawan saya tadi sesudah saya buat garis besarnya

1.  " Tes  menciptakan gambar pohon" 

ini tes yang dipakai untuk seleksi TKB CPNS jaman dulu. kuncinya dalam mengerjakan tes ini yaitu kelengkapan, kerapian, keakuratan, dan ketelitian gambar. alasannya memang tes ini untuk di rancang untuk itu. Tips dari saya jikalau anda menjumpai tes ini silakan baca di bawah

a. buat gambar sempurna, ada akar, batang, ranting, daun, bunga atau buah. 
b. Ukuran dari masing masing unsur pohon yang kau gambar juga harus proporsional. Misalkan anda menggambar pohon kelapa batangnya besar sekali sementara buahnya kecil. Nah kan itu tak sama dengan kondisi kelapa sebenarnya. 
c. Gambar rapi tak banyak coret coret yang tak perlu, Gambar pada tes ini tak harus cantik dengan tekstur dan warna macam macam, itu tak penting yang paling penting yaitu poin a dan poin b di atas. serta jangan kotor kertas gambarnya. 

Jika ingin lebih memahami tes ini silakan berguru di link psikotes Gambar Pohon

2. Tes semacam melihat gambar figural, ada pencerminan, perputaran, barisan gambar, 

anda dapat berguru tes tes figuran pada link PsikoTes figural 


3. Masih banyak lagi yang terang anda dapat membaca tes tes psikotes CPNS yang ada.

Baca Soal tes PPPK untuk Guru

Itu citra soal soal tes PPPK berdasarkan pengalaman mengikuti PPPK Pemprov Jateng.  Selamat Belajar

0 Response to "Pengalaman Mengikuti Pppk Provinsi Jateng"

Total Pageviews