Latest News

Mengajarkan Perkalian Pada Anak Kecil

Mengajarkan perkalian pada anak kecil


Memberikan layanan pembelajaran tentunya tak hanya di sekolah namun kita sebagai orang renta juga mempunyai tugas penting dalam proses pembelajaran anak. Bahkan boleh saya bilang mencar ilmu di rumah oleh orang renta menjadi penentu apakah anak kita nanti mempunyai kemampuan yang mumpuni dalam memecahkan dilema konteks dalam perkembangan kehidupannya hingga anak kita renta nanti. Pada kali ini akan kami bahas bagaimana cara mengajarkan perkalian pada anak.

Pengetahuan dalam mengajarkan perkalian termasuk pengetahuan dasar siswa, dan proses pengenalan ihwal konsep perkalian memang tidak begitu selancar dikala kita mengajarkan penjumlahan atau perkalian. Nah dengan pengetahuan ini anda baik sebagai pendidik maupun sebagai orang renta harus mengajarkan perkalian sesuai dengan perkembangan anak atau siswa. 

Anak kecil biasanya mempunyai kesulitan tersendiri dalam memahami konsep perkalian. Ini semua di mungkinkan sebab guru dan orang renta kebanyakan mengajarkan perkalian kepada anak dengan metode menghafal tanpa tahu konsep real nya. 

Untuk mengajarkan konsep perkalian dengan real ada harus melihat dulu apa saja objek objek benda atau hewan disekitar lingkungan anak dan yang niscaya di kenal oleh anak.   Teori yang saya pakai atalah teory Enaktif , ikonik dan simbolik. Ingat menurut teori perkembangan anak bahwa anak berkembang harus menyesuaikan tingkat berpikir yang rendah kepada tingkat yang lebih rumit. Konsep enaktif ikonik dan simbolik ialah teori yang cocok dan relefan dan sudah terbukti dalam memperlihatkan pembelajaran bermakna kepada siswa. 
 Memberikan layanan pembelajaran tentunya tak hanya di sekolah namun kita sebagai orang tu Mengajarkan perkalian pada anak kecil

Coba kita pelajari dan lakukan dengan sabar 

1. Tahap enaktif 

a. Perkalian dengan angka 1, 
anda bisa memakai hewan ayam atau kambing atau hewan apapun yang ada di sekitar anak. Objek yang akan di gunakan ialah kepala ayam. Jumlah kepala hewan kebanyakan ialah 1 bahkan hampir seluru binatang. 

Ajarkan anak untuk menghitung kepala ayam kalau ayamnya ada 1, menghitung kepala kambing kalau kambingnya ada dua dan seterusnya. 

b. Perkalian dengan angka 2 
Yang menjadi objek ialah hewan berkaki 2, misalkan saja ayam, objek yang harus di amati anak ialah banyaknya kaki ayam. Anda bisa meminta anak berapa banyak kaki ayam kalau ayamnya ada 1, kemudian tingkatkan lagi berapa jumlah kaki ayam kalau ayamnya ada dua dan seterusnya

Untuk perkalian 3 dan seterusnya ada bisa memakai objek yang sesuai misal perkalian dengan angka 3 maka anda bisa melatih siswa untuk menghitung banyak roda pada becak kalau banyak becak 1, berapa roda becak kalau banyak becak 2 dan seterusnya.

Untuk perkalian empat maka anda bisa kasih rujukan ihwal kaki sapi. Tanyakan dengan hal yang sama menyerupai langkah di atas.

Lakukan hal ini hingga anak lancar dulu. Mungkin langkah ini akan lancar dalam waktu sekitar 2 minggu. kemudian lanjutkan pada tahap ikonik.

2. Tahap ikonik
Tahapan ikonik ialah merubah kontek real kedalam kontek gambar. 

jadi misalkan perkalian angka 2 maka sediakan gambar 2 angsa siswa di mita untuk menghitung berapa jumlah kaki angsa pada keseluruhan gambar. 
lakukan acara ini selama 1 minggu. Dengan acara ini akan mengarahkan anak anda untuk mengalihkan kontek real kedalam kontek gambar.

3. Tahap simbolik.
Tahap simbolik ini artinya mengubah gambar gambar pada tahap ikonik menjadi simbol simbol bilangan. 

Misalkan gambar 3 angsa dan yang diminta ialah menghitung banyak kaki angsa maka ada bisa menuliskan 

3 x 2 = 
3 x 2 artinya ada 3 angsa diminta mengitung kaki angsa yang masing masing berjumlah 2

kemudian bagai mana kalau pertanyaannya 

6 x 4 = 
artinya kira kira ? 
ya betul artinya ada 6 sapi anda diminta menhitung banyak kaki sapi dengan masing masing banyak kaki 4. 

Dengan demikian niscaya anak kita akan cepat melaksanakan absorpsi dan gampang dalam mempelajari perkalian. 

Nah kalau anak anda sudah hebat maka pekerjaan anda dalam mengajarkan perkalian kepada anak akan benar benar bermakna kepada anak. Kebermaknaan pembelajaran oleh anak kita akan menciptakan dan meningkatkan motivasi dalam mempelajari pelajaran pelajaran yang kain. 

anda bisa mengambil instrumen cara mengajarkan perkalian pada anak dengan download dibawah ini

0 Response to "Mengajarkan Perkalian Pada Anak Kecil"

Total Pageviews