Latest News

Pengalaman Mengikuti Skb Cpns 2018

PENGALAMAN MENGIKUTI SKB CPNS 2018


Sekedar membuatkan kawan, Kebetulan istri saya gres saja mengikuti Seleksi kompetensi bidang (SKB) CPNS 2018. Ternyata soal soalnya luar biasa sulitnya. Istri saya kebetulan ialah guru sd yang mendaftar jabatan guru kelas SD. Oleh alasannya ialah itu kami akan bagikan pengalaman mengikuti SKB CPNS 2018.

Dari dongeng yang saya sanggup dari beliau memang sudah saya perkirakan bahwa soal soalnya tak akan jauh dari soal uji tulis nasional PLPG atau pendidikan profesi guru. Bahkan soal soal yang dibentuk lebih sulit dari UTN PLPG. Hmmm sesudah saya bandingkan dengan soal soal yang dari uji pengetahuan PPG ternyata akibatnya di luar perkiraan. soal soal SKB CPNS 2018 ternyata mempunyai kemiripan sekali dengan soal soal UP PPG 2017 dan 2018. 
 Kebetulan istri saya gres saja mengikuti Seleksi kompetensi bidang  PENGALAMAN MENGIKUTI SKB CPNS 2018

Nah bagi anda yang sudah pernah PPG mungkin hal ini bukan menjadi masalah. Namun bagi anda yang newbe ini akan menciptakan anda frustasi. Soal soal yang keluar diluar bahan asuh jenjang sekolah SD, kalau saya lihat soal soal skb condong ke tingkat Sekolah Menengah Pertama dan SMA. misalnya bahan matematika. soal soal yang keluar
1. waktu berpapasan antara dua orang yang berjalan berlawanan arah dengan selang waktu tertentu.
2. Debit air jikalau dihubungkan dengan bahan volum tabung
3. Persamaan kuadrat.
4. statistika pada diagram lingkaran.

soal soal ipa tentang
1. koefisien konduksi,
2. momentum  dan impuls
3. menghitung besar iuran listrik jikalau diketahui perkakas listrik dan rata rata menyala setiap hari
4. menghitung besar lengan berkuasa arus (hubungannya dengan aturan OM)

Dan lagi soal soal paedagogik banyak membahas tentang
1. studi masalah pembuatan RPP yang sempurna jikalau ada duduk kasus dalam kelas
2. Mencocokan KD dengan indikator
3. Membelajarkan KD dengan media yang pas
4. Bagaimana Cara mengevaluasi siswa yang paling sempurna terhadap KD dan duduk kasus tertentu
5. Kesenjangan antara hasil penilaian perilaku dengan perilaku siswa di luar sekolah, apakah kesalahan teknik penilaian, sistem penilaian, subjektivitas penilai atau apa.
6. perihal menentukan judul PTK yang sempurna jikalau diberikan kasus.

Nah soal soal tersebut diatas masih banyak yang belum kami sharekan akan tetapi secara garis besar anda yang belum tes SKB kami sarankan untuk mempelajari kisi kisi yang kami buat menurut tes dari mitra kawan kami dan hasil analisis review pada grup grup

silakan simak hasil pengalaman mengikuti SKB CPNS 2018 berikut sesudah kami rangkum dan kami susun kisi kisinya.

SOAL SKB CPNS 2018  GURU SEKOLAH DASAR
CAPAIAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR ESENSIAL
Menguasai konsep teoritis materi pelajaran
matematika sekolah secara mendalam
Menerapkan prinsip operasi hitung bilangan pecahan
Menguasai teori aplikasi pedagogis (pedagogical
content knowledge) minimal teori belajar, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, dan prinsip-prinsip pembelajaran matematika SD yang mendidik
Merancang pembelajaran matematika sekolah dasar dengan
menerapkan pendekatan berbasis konstruktivisme
Menguasai teori aplikasi pedagogis (pedagogical
content knowledge) minimal teori belajar, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, dan prinsip-prinsip pembelajaran matematika SD yang mendidik
Menganalisis karakteristik  suatu kasus pembelajaran
matematika SD
Menguasai teori aplikasi pedagogis (pedagogical
content knowledge) minimal teori belajar, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, dan prinsip-prinsip pembelajaran matematika SD yang mendidik
Menyusun soal yang mengukur kemampuan berpikir matematik
tingkat tinggi
Menguasai konsep teoritis materi pelajaran
matematika sekolah secara mendalam
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan
kuadrat
Menguasai konsep teoritis materi pelajaran
matematika sekolah secara mendalam
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kesebangunan
pada segitiga atau  segiempat
Menguasai konsep teoritis materi pelajaran
matematika sekolah secara mendalam
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan ukuran  pada
bangun ruang
Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural
serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmetika, aljabar, geometri, pengukuran, peluang dan statistika, serta logika matematika
Menarik kesimpulan matematis dengan menggunakan penalaran
logis
Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural
serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmetika, aljabar, geometri, pengukuran, peluang dan statistika, serta logika matematika
Memecahkan masalah sehari-hari  yang berkaitan dengan teknik
membilang
Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural
serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmetika, aljabar, geometri, pengukuran, peluang dan statistika, serta logika matematika
Menganalisis data  statistik secara deskriptif yang meliputi
penyajian, ukuran  pemusatan dan penyebaran, serta nilai baku
Mampu menggunakan pengetahuan konseptual dan
prosedural serta keterkaitan keduanya dalam pemecahan masalah matematika serta kehidupan sehari-hari
Menentukan rumus dari suatu pola bilangan
Mampu menggunakan pengetahuan konseptual dan
prosedural serta keterkaitan keduanya dalam pemecahan masalah matematika serta kehidupan sehari-hari
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan grafik fungsi
polynomial maksimal berderajat tiga
Mampu menggunakan pengetahuan konseptual dan
prosedural serta keterkaitan keduanya dalam pemecahan masalah matematika serta kehidupan sehari-hari
Memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang
dengan jarak, waktu, dan kecepatan
Mampu menggunakan pengetahuan konseptual dan
prosedural serta keterkaitan keduanya dalam pemecahan masalah matematika serta kehidupan sehari-hari
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan debit
Mampu menggunakan pengetahuan konseptual dan
prosedural serta keterkaitan keduanya dalam pemecahan masalah matematika serta kehidupan sehari-hari
Pemecahan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan faktor,
FPB, dan KPK



Mampu melakukan observasi gejala alam baik secara
langsung maupun tidak langsung
Menganalisis kegiatan ilmiah untuk menentukan rumusan
masalah, tujuan, hipotesis, atau  variabel penelitian
Mampu melakukan observasi gejala alam baik secara
langsung maupun tidak langsung
Menganalisis perubahan yang terjadi di alam akibat pelapukan,
Perkaratan
Memanfaatkan konsep-konsep dan hukumhukum ilmu
pengetahuan alam dalamberbagai situasi kehidupan seharihari
Membedakan fungsi bagian rangka manusia
Memanfaatkan konsep-konsep dan hukumhukum ilmu
pengetahuan alam dalamberbagai situasi kehidupan seharihari
Menganalisis proses pernapasan pada manusia ( organ  dan
struktur organ  pernapasan, proses pengangkutan udara)
Memanfaatkan konsep-konsep dan hukumhukum ilmu
pengetahuan alam dalamberbagai situasi kehidupan seharihari
Menentukan cara  pemisahan materi ( filtrasi, kristalisasi,
sublimasi,atau kromatografi)
Memanfaatkan konsep-konsep dan hukumhukum ilmu
pengetahuan alam dalamberbagai situasi kehidupan seharihari
Menyimpulkan kelebihan teknik perkembangbiakan tumbuhan
atau  hewan
Memanfaatkan konsep-konsep dan hukumhukum ilmu
pengetahuan alam dalamberbagai situasi kehidupan seharihari
Menentukan parameter gelombang (frekuensi, amplitudo,
panjang gelombang, periode, kecepatan, energi) yang terjadi pada bunyi
Memanfaatkan konsep-konsep dan hukumhukum ilmu
pengetahuan alam dalamberbagai situasi kehidupan seharihari
Menerapkan konsep kalor pada kehidupan sehari-hari
Memanfaatkan konsep-konsep dan hukumhukum ilmu
pengetahuan alam dalamberbagai situasi kehidupan seharihari
Memahami cacat mata  dan cara  mengatasinya
Menguasai teori aplikasi pedagogis (pedagogical
content knowledge) minimal teori belajar, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, dan prinsip-prinsip pembelajaran matematika SD yang mendidik
Menjelaskan penggunaan media atau  alat peraga untuk
menanamkan konsep matematika SD
Memanfaatkan konsep-konsep dan hukumhukum ilmu
pengetahuan alam dalamberbagai situasi kehidupan seharihari
Menerapkan konsep kelistrikan pada rangkaian seri, paralel,
campuran seri paralel.
Memanfaatkan konsep-konsep dan hukumhukum ilmu
pengetahuan alam dalamberbagai situasi kehidupan seharihari
Menerapkan konsep gaya  dan gerak  pada kehidupan sehari-hari
Memahami struktur ilmu pengetahuan alam, termasuk
hubungan fungsional antarkonsep, yang berhubungan
dengan mata  pelajaran IPA
Menganalisis keterkaitan konsep sains dengan teknologi,
lingkungan dan masyarakat
Menguasai teori aplikasi pedagogik (techno-
pedagogical content knowledge (TPACK) minimal teori belajar, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, model dan prinsipprinsip pembelajaran IPA yang bersifat mendidik.
Disajikan kasus, peserta diminta menentukan model
pembelajaran atau  pengelolaan kelas atau  penggunaan media dalam membelajarkan IPA
Menilai dan mengevaluasi pembelajaran meliputi:
1) melaksanakan penilaian otentikholistik yang mencakup ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan; dan
2) menggunakan hasil penilaian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
Membuat rubrik untuk menilai praktikum IPA
Mampu merancang dan melaksanakan penelitian yang
relevan dengan masalah pembelajaran sesuai kaidah penelitian ilmiah
Disajikan kasus, peserta diminta menentukan rumusan masalah,
dan pemecahannya sesuai dengan permasalahan  yang dihadapi di kelas.



Menilai dan mengevaluasi pembelajaran meliputi:
1) melaksanakan penilaian otentikholistik yang mencakup ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan; dan
2) menggunakan hasil penilaian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
Membuat soal yang digunakan untuk mengukur kemampuan
berpikir tingkat tinggi materi IPA
Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa
Indonesia
Menganalisis sifat dan fungsi bahasa
Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Indonesia
sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar
Mengidentifikasi struktur BI
Memiliki keterampilan berbahasa Indonesia
(menyimak, berbicara, membaca, dan menulis).
Menentukan ide pokok dalam wacana
Mampu mengapresiasi karya sastra Indonesia, secara
reseptif dan produktif
Menerapkan pendekatan analitis dalam mengapresiasi puisi
anak-anak secara reseptif
Menguasai teori aplikasi pedagogik (techno-
pedagogical content knowledge (TPACK)) minimal teori belajar, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, dan prinsip-prinsip pembelajaran bidang SD yang bersifat mendidik
Menganalisis ruang  lingkup dan tujuan pembelajaran Bahasa
Indonesia di SD berdasarkan kurikulum dan techno-pedagogical content knowledge (TPACK) di SD
Mampu merencanakan pembelajaran yang mendidik
sesuai dengan karakteristik pembelajaran Bahasa
Indonesia di SD, meliputi:
1) merumuskan indikator dan tujuan pembelajaran berdasarkan KD.
2) Memilih dan menetapkan pendekatan, metode, materi, proses, sumber, media, dan penilaian
Merancang perencanaan pembelajaran Bahasa Indonesia SD
yang meliputi indikator, tujuan, metode, proses, materi, media, penilaian.
Mampu melaksanakan pembelajaran yang mendidik
dengan suasana dan proses pembelajaran yang sesuai dengan kaidah pedagogik untuk memfasilitasi pengembangan karakter dan potensi diri siswa sebagai pembelajar mandiri (self-regulated learner) pada muatan pembelajaran
Bahasa Indonesia di SD;
Menganalisis penerapan pembelajaran Bahasa Indonesia SD
yang mendidik dan inovatif sesuai tuntutan abad 21
Mampu melaksanakan penilaian otentik holistik yang
mencakup ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan
Merancang instrumen penilaian dalam pembelajaran BI yang
bersifat otentik holistik yang mencakup ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan
Menguasai konsep teoretis materi pelajaran IPS yang
diampu secara mendalam
Mengembangkan peran konsep Ilmu-ilmu sosial dalam materi
IPS SD
Menguasai konsep teoretis materi pelajaran IPS yang
diampu secara mendalam
Menerapkan nilai-nilai yang   dikembangkan IPS SD dalam
kehidupan sehari-hari
Menguasai konsep teoretis materi pelajaran IPS yang
diampu secara mendalam
Menguraikan berbagai  pendekatan dalam pembelajaran IPS SD
Mampu Megembangkan materi, struktur, dan konsep
keilmuan IPS
Menggunakan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar IPS
SD
Mampu Megembangkan materi, struktur, dan konsep
keilmuan IPS
Menyusun  fakta, konsep, dan generalisasi dalam pembelajaran
IPS SD
Memahami cita-cita, nilai, konsep, dan prinsip-prinsip
pokok ilmu-ilmu sosial dalam konteks kebhinnekaan masyarakat Indonesia dan dinamika kehidupan global
Mengidentifikasi permasalahan sosial yang ada  lingkungan
Masyarakatnya
Memahami cita-cita, nilai, konsep, dan prinsip-prinsip
pokok ilmu-ilmu sosial dalam konteks kebhinnekaan masyarakat Indonesia dan dinamika kehidupan global
Menganalisis konsep ruang  dan waktu  dalam dinamika
kehidupan global


 
 
 silakan undu versi lengkap di sini
SOAL SOAL BISA ANDA DOWNLOAD DI
SOAL SKB CPNS 2018 GURU SD

Demikian artikel tentang PENGALAMAN MENGIKUTI SKB CPNS 2018. baca gosip dibawah ini

0 Response to "Pengalaman Mengikuti Skb Cpns 2018"

Total Pageviews