Latest News

Rpp Bahasa Indonesia Kd 3.2 Dan 4.2 Kelas 7 Kurtilas Revisi 2019

 Kali ini blog akan membuatkan bersama anda RPP BAHASA INDONESIA KD  RPP BAHASA INDONESIA KD 3.2 DAN 4.2 KELAS 7 KURTILAS REVISI 2019

RPP BAHASA INDONESIA KD 3.2 DAN 4.2 KELAS 7 KURTILAS REVISI 2019


Kali ini blog akan membuatkan bersama anda RPP BAHASA INDONESIA KD 3.2 DAN 4.2 KELAS 7 KURTILAS REVISI 2019. Banyak sekali bertebaran RPP yang berbunyi kurikulum 2013 namun kebanyakan dari rpp rpp itu yaitu rpp kuikulum 2013 versi 2014 2015. RPP kurtilas telah mengalami pergantian atau dalam arti penyempurnaan bahkan mungkin setahu saya 4 kali ini. penyempurnaan itu menimbulkan perubahan KD dan deskripsi KD juga berubah. Maka jikalau kita tak hati hati dan asal comot dari internet maka saya jamin anda akan sangat kecewa sebab RPP yang anda cetak ternyata tak sanggup anda gunakan lagi.

Silakan anda lihat viewnya dulu potongan bawah ini lalu jikalau RPP ini dirasa cocok untuk anda dan sekolah tempat anda bekerja silakan saja anda download pada link sebagai berikut.


Begini tampak viewnya. periksa kelengkapannya apakah ada rubrik dan kisi kisi penilaiannya. 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 
RPP (2)
Sekolah
SMPN 4 Satu Atap Karangrayung
Mata pelajaran
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester
VII/Ganjil
Alokasi Waktu
14 JP
A.  Kompetensi Inti :
  1. Menghargai dan menghayati fatwa agama yang dianutnya.
  2. Menghargaidan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
  3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
  4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah ajaib (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi  Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian
3.2  Menelaah struktur dan unsur kebahasaan dari teks deskripsi wacana objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca.
1.         Merinci bagian-bagian struktur teks deskripsi
2.         Menentukan potongan identifikasi dan deskripsi potongan pada teks deskripsi yang disajikan
3.         Menentukan variasi pola pengembangan teks deskripsi
4.    Menelaah potongan struktur yang sesuai untuk melengkapi teks deskripsi yang dirumpangkan
5.         Menentukan dan memperbaiki kesalahan penggunaan kata, kalimat, ejaan dan tanda baca
4.2 Menyajikan data, gagasan, kesan dalam bentuk teks deskripsi wacana objek (sekolah,tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) secara tulis dan ekspresi dengan memperhatikan struktur dan aspek kebahasaan baik secara ekspresi dan tulis.
1.         Merencanakan penulisan teks deskripsi
2.         Menulis teks deskripsi dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata kalimat/ tanda baca/ejaan
3.         Menyajikan secara ekspresi teks deskripsi dalam konteks pembawa program televisi mendeskripsikan objek
C.  TujuanPembelajaran
Pengetahuan
Setelah mengikuti aktivitas diskusi siswa dapat;
  1. Memerinci bagian-bagian struktur teks deskripsi
  2. Menentukan potongan identifikasi dan deskripsi potongan pada teks deskripsi yang disajikan
  3. Menentukan variasi pola pengembangan teks deskripsi
  4. Menelaah potongan struktur yang sesuai untuk melengkapi teks deskripsi yang dirumpangkan
  5. Menentukan dan memperbaiki kesalahan penggunaan kata, kalimat, ejaan dan tanda baca
Keterampilan
Setelah mengikuti aktivitas pembelajaran siswa dapat;
  1. Merencanakan penulisan teks deskripsi dengan baik
  2. Menulis teks deskripsi dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata kalimat/ tanda baca/ejaan dengan baik
  3. Menyajikan secara ekspresi teks deskripsi dalam konteks pembawa program televisi mendeskripsikan objek dengan baik.

D.  Materi Pembelajaran
1.    Materi Pembelajaran Reguler
Pengetahuan
        Struktur teks deskripsi
        Karakteristik tiap potongan teks deskripsi
        Contoh cara melengkapi teks deskripsi
        Contoh penggunaan kata/ frasa benda, kata / frasa sifat, kata keterangan tempat, kalimat rincian
        Contoh sinonim dan hiponim pada teks deskripsi
        Contoh penggunaan tanda baca/ ejaan baik yang salah maupun yang benar
Keterampilan
        Praktik menulis teks deskripsi dari objek sekitar yang diamati
        Praktik menunjukkan narasi ekspresi untuk video/objek
        Praktik menyunting dan memperbaiki teks yang dibuat
2.  Materi Pembelajaran Remedial
Pengetahuan
        Struktur teks deskripsi
        Karakteristik tiap potongan teks deskripsi
        Contoh cara melengkapi teks deskripsi
        Contoh penggunaan kata/ frasa benda, kata / frasa sifat, kata keterangan tempat, kalimat rincian
        Contoh sinonim dan hiponim pada teks deskripsi
        Contoh penggunaan tanda baca/ ejaan baik yang salah maupun yang benar
Keterampilan
        Praktik menulis teks deskripsi dari objek sekitar yang diamati
        Praktik menunjukkan narasi ekspresi untuk video/objek
        Praktik menyunting dan memperbaiki teks yang dibuat
3.  Materi Pembelajaran Pengayaan
Pengetahuan
        Struktur teks deskripsi
        Karakteristik tiap potongan teks deskripsi
        Contoh cara melengkapi teks deskripsi
        Contoh penggunaan kata/ frasa benda, kata / frasa sifat, kata keterangan tempat, kalimat rincian
        Contoh sinonim dan hiponim pada teks deskripsi
        Contoh penggunaan tanda baca/ ejaan baik yang salah maupun yang benar
Keterampilan
        Praktik menulis teks deskripsi dari objek sekitar yang diamati
        Praktik menunjukkan narasi ekspresi untuk video/objek
        Praktik menyunting dan memperbaiki teks yang dibuat
Sikap yang ditumbuhkan: Jujur berkarya, Tanggung jawab.
E.  MetodePembelajaran
PendekatanSaitifik
1.     mengamati
2.     bertanya
3.     mengumpulkan data
4.     mengolah data
5.     mengomunikasikan (mennyajikan)
F. Media danSumberBelajar
        Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Halaman 18 s.d 35.
        Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Halaman 39 s.d 42.
        http://kecilnyaaku.com Kategori: Jenis Teks, Kotak Info dan Tugas
G. Langkah-langkahPembelajaran
Pengatahuan
  1. Pendahuluan
        Mengucapkan salam, berdoa, mengondisikan kelas ke dalam situasi belajar, dan mengabsen siswa.
        Guru bertanya-jawab wacana bentuk teks deskripsi pada pembelajaran sebelumnya dan mengaitkannya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
        Dibuka dengan hal-hal yang berkaitan dengan materi yang sanggup menggairahkan siswa untuk belajar.
        Mengungkapkan kompetensi dasar dan indikator yang akan dicapai.
        Bertanya jawab wacana manfaat pembelaaran yang akan dipelajari.
        Membangun konteks untuk menumbuhkan sikap yang telah dirancang.


2.  Kegiatan Inti

Pertemuan ke-1 (2 JP)
        Mengamati tabel struktur teks deskripsi
        Menggali informasi wacana karakteristik identifikasi, deskripsi bagian
        Menalar
        Mengidentifikasi struktur teks deskripsi
        Menukarkan hasil
Pertemuan ke-2 ( 2 JP)
        Mengamati teks yang belum lengkap
        Mempertanyakan cara melengkapi potongan struktur
        Menggali informasi cara
        Melengkapi dengan membaca lagi struktur dan variasi bagian-bagiannya
        Mendiskusikan
        Bagian yang sempurna untuk melengkapi
        Menelaah hasil melengkapi teks dari segi ketepatan dan kelengkapan struktur
Pertemuan ke-3 (2 JP)
        Membaca dan mengamati pola penggunaan kata, kalimat, tanda baca/ ejaan
        Menanya
        Bagaimana prinsip penggunaan kata, kalimat, paragraf, dan tanda baca serta ejaan.
        Menggali informasi
        Membaca buku siswa dan sumber lain yang relevan wacana prinsip penggunaan kata, kalimat, paragraf, dan tanda baca serta ejaan.
        Bermain menelaah/ memperbaiki penggunaan kata, kalimat, paragraf, dan tanda baca serta ejaan
        Memajang hasil telaah dari segi penggunaan kata, kalimat, paragraf, dan tanda baca serta ejaan
3.  Penutup
        Siswa bersama guru menyimpulkan butir-butir pokok materi yang telah dipelajari.
        Siswa bersama guru melaksanakan indentifikasi keunggulan dan kelemahan aktivitas pembelajaran yang sudah dilaksnakan.
        Siswa mendapatkan umpan balik wacana proses pembelajaran.
        Mewajibkan siswa untuk membaca buku yang berkaitan dengan objek-objek di Nusantara baik mengenai wisata, kuliner, situs sejarah, museum, taman asional, dan lain-lain. Hasil bacaan siswa dituangkan pada jurnal harian berikut. Sikap yang ditekankan yaitu minat baca yang tinggi, rasa tanggung jawab, dan kejujuran dalam melaksanakan tugas.
        Siswa mendapatkan penyampaian wacana aktivitas pembelajaran pertemuan berikutnya.
Keterampilan
  1.  Pendahuluan
        Mengucapkan salam, berdoa, mengondisikan kelas ke dalam situasi belajar, dan mengabsen siswa.
        Guru bertanya-jawab wacana stuktur dan karakteristik teks deskripsi pada pembelajaran sebelumnya dan mengaitkannya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
        Dibuka dengan hal-hal yang berkaitan dengan materi yang sanggup menggairahkan siswa untuk belajar.
        Mengungkapkan kompetensi dasar dan indikator yang akan dicapai.
        Bertanya jawab wacana manfaat pembelaran yang akan dipelajari.
        Membangun konteks untuk menumbuhkan sikap yang telah dirancang.
2.  Kegiatan Inti
Pertemun ke-1 ( 2 JP)
        Mengamati langkah dan pola judul, kerangka, cara mengembangkan teks
        Mempertanyakan langkah menciptakan teks deskripsi dengan mengamati objek
        Menggali informasi dari banyak sekali sumber langkah menulis teks deskripsi
        Latihan meranncang objek dan n kerangka teks deskripsi berdasarkan objek yang ditentukan/ dipilih siswa dengan langkah yang ditemukan
Pertemuan ke-2 (2 JP)
        Mengamati objek yang akan dijadikan teks deskripsi
        Mempertanyakan informasi apa yang harus dikumpulkan
        Menggali informasi
        Mencari data dari objek yang dipilih
        Mendata kata kunci dari objek
        Menalar
        Merangkai kata-kata kunci menjadi paragraf
        Merangkai paragraf menjadi teks
        Mengomunikasikan
        Memajang hasil
Pertemuan ke-3 (2 JP)
        Mengamati pola kesalahan pengembangan
        Menanya
        Bagaimana cara menyunting dan memperbaiki teks yang dibuat
        Menggali informasi
        Menemukan kesalahan dari teks yang ditulis
        Dipajang untuk mendapatkan masukan dari teman/ guru
        Memperbaiki dan memamerkan hasil akhir
3.  Penutup
        Siswa bersama guru menyimpulkan butir-butir pokok materi yang telah dipelajari.
        Siswa bersama guru melaksanakan indentifikasi keunggulan dan kelemahan aktivitas pembelajaran yang sudah dilaksnakan.
        Siswa mendapatkan umpan balik wacana proses pembelajaran.
        Mewajibkan siswa untuk membaca buku yang berkaitan dengan objek-objek di Nusantara baik mengenai wisata, kuliner, situs sejarah, museum, taman asional, dan lain-lain. Hasil bacaan siswa dituangkan pada jurnal harian berikut. Sikap yang ditekankan yaitu minat baca yang tinggi, rasa tanggung jawab, dan kejujuran dalam melaksanakan tugas.
        Siswa mendapatkan penyampaian wacana aktivitas pembelajaran pertemuan berikutnya.
H.  Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
  1.  Penilaian Pengetahuan
Teknik             :  Tes tulis dan penugasan.
Bentuk            :  Isian dan kiprah yang dikerjakan secara individu.
Indikator Soal :
Disajikan teks dekripsi.
  1. Struktur teks tanggapan deskriptif mencakup….
  2. Identifikasi/ citra umum berisi ….
  3. Deskripsi potongan berisi….
  4. Sebutkan jenis pengembangan deskripsi bagian!
  5. Sebutkan penggunaan tanda koma (,) yang kau ketahui!
  6. Sebutkan penggunaan karakter kapital yang kau ketahui!
  7. Kata depan di berfungsi sebagai kata depan jikalau …. Sebagai kata depan di ditulis terpisah dengan kata yang mengikutinya (di pantai, di belakang, di atas, di potongan barat, di samping).
  8. Fonem k, p, t, s luluh jikalau sesudah awalan meN- diikuti oleh kata dasar yang berawal dengan karakter k, p, t, s. tuliskan masing-masing satu contoh!
  9. Fonem k, p, t, s TIDAK luluh jikalau sesudah awalan meN- diikuti oleh kata dasar yang diawali dengan kluster/ konsonan rangkap. Tuliskan contohnya!
  10. Gantilah kata-kata bercetak miring dengan kata yang bermakna sama
Sungguh elok pemandangan di Raja Ampat
Air maritim di Pantai itu sungguh jernih.
Tak ketinggalan koral berbentuk jamur kuping dengan warna cokelat.
Koral itu ibarat jamur yang sesungguhnya
Pasir putih nan lembut berpadu dengan batas air.
Luar biasa pemandangan di pantai itu.
Bentuk koral di maritim dangkal itu beragam.
Keindahan alami pulau itu sangat menakjubkan


Kunci jawaban
  1. Identifikasi, deskripsi bagian, simpulan.
  2. Nama objek yang dideskripsikan, lokasi, sejarah lahirnya, makna nama, pernyataan umum wacana objek.
  3. Deskripsi potongan Berisi perincian potongan apa yang dilihat, apa yang didengar, apa yang dirasakan penulis dengan mengamati objek.
  4. Jenis Pengembangan Deskripsi Bagian: (1) Deskripsi potongan berdasarkan ruang. (2) Deskripsi potongan berdasarkan anggota bagian- potongan objek. (3) Deskripsi potongan berdasarkan proses sesuatu berlangsung. (4) Deskripsi potongan berupa pemfokusan.
  5. Tanda koma (,) digunakan (1) di antara unsur-unsur dalam suatu peperincian atau pembilangan. (2) digunakan di belakang kata penghubung antarkalimat yang terdapat pada awal kalimat (jadi, dengan demikian)
  6. Huruf kapital digunakan sebagai karakter pertama nama diri atau nama diri geografi jikalau kata yang mendahuluinya menggambarkan kekhasan budaya goresan Jepara, sarung Makasar Huruf pertama unsur-unsur nama geografi yang diikuti nama diri geografi (Selat Lombok, Teluk Benggala, Jalan Gajah Mada)
  7. Diikuti dengan kata keterangan tempat, arah, posisi/ letak.
  8. Misal: memengaruhi (meN- + pengaruh), memesona (meN- + pesona), mengarantina (meN- + karantina)
  9. Misal: memprakarsai, mengkriminalkan, mengklasifikasi.
3.  Pembelajaran Remedial
Aktivitas aktivitas pembelajaran remedial, yang sanggup berupa: pembelajaran ulang, bimbingan perorangan, mencar ilmu kelompok atau tutor sebaya dengan merumuskan aktivitas pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.
4.  Pembelajaran Pengayaan
Kegiatan pembelajaran pengayaan dirumuskan sesuai dengan karakteristik siswa, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.
2.  Penilaian Keterampilan
1. Menjadi Reporter Acara Jalan-jalan
Carilah tayangan video/gambar wisata di sebuah daerah. Tayangkan dan jadilah reporter program jalan-jalan untuk mendeskripsikan keindahan wisata tersebut.
Lakukan bergantian di depan kelas!
Perhatikan kesesuaian gambar dengan deskripsi. Intonasi dan gerak-gerik juga perlu diperhatikan!
Menulis Teks Deskripsi
Setelah menyajikan lisan, kini kau menulis teks deskripsi. Deskripsikan satu di antara tempat-tempat yang disebutkan di bawah ini. Deskripsi yang kau buat harus berisi wacana ukuran, lokasi, dan tipe kota atau desa yang kau pilih. Sebutkan juga hal-hal yang menjadi ciri khas. Uraikan juga perasaanmu terhadap tempat tinggalmu (alasan mengapa merasa betah atau sebaliknya).
2. Menyunting Teks Deskripsi
Telaahlah kembali teks yang Anda tulis dengan memakai rubrik yang disediakan.
3.  Pembelajaran Remedial
Aktivitas aktivitas pembelajaran remedial sanggup berupa: pembelajaran ulang, bimbingan perorangan, mencar ilmu kelompok atau tutor sebaya dengan merumuskan aktivitas pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.
4.  Pembelajaran Pengayaan
Kegiatan pembelajaran pengayaan dirumuskan sesuai dengan karakteristik siswa, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.
Rubrikpenilaianpengetahuan
No.
Uraian
Skor
1.
Jawabanbenar
1-2
2.
Jawabanbenar
1-5
3.
Jabanbenar
1-5
4.
Jawabanbenar
1-5
5.
Jabanbenar
1-5
6.
Jawabanbenar
1-4
7.
Jawabanbenar
1-5
8.
Jabanbenar
1-4
9.
Jawabanbenar
1-5

            Jumlahskor

Nilai= ∑skor X 100
                    40
RubrikPenilaianKeterampilan
Nilaiunjukkerja Menjadi Reporter Acara Jalan-jalan
No.
Uraian
Skor
1.
Kesesuaianisidengangambarvidio
1-8

Intonasi
1-7

Gesture
1-8

Volume suara
1-7

Jumlahskor
30

Nilai= ∑skor X 100
                    30
NilaiProyekmenulisteksdeskripsi
No.
Uraian
Skor
2.
Kesesuaianisidengandengantempat
1-8

Ketepatanpilihan kata
1-7

Keterpaduanhubunganantarkalimat
1-8

Ketepatanmenggunakanejaan
1-7

Jumlahskor
30
Nilai= ∑skor X 100
                        30
NilaiUnjukkerjamenyuntingteksdeskripsi
No.
Uraian
Skor
3.
Memperbaikikeslahanisiteks
1-8

Memperbaikikesalahanhubunganantarkalimat
1-7

Memperbaikikesalahanpilihan kata
1-8

Memperbaikikesalahanejaan
1-7

Jumlahskor
30

Nilai= ∑ skor X 100
                        30




Mengetahui,                                                                            ............,   Juli 2018
Kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Websiteedukasi.com                           Guru Mata Pelajaran   



..........................................                                                      ...........................................
NIP....................................                                                     NIP. ..................................
















Lampiran
Materi
Struktur teks tanggapan deskriptif mencakup: identifikasi,  deskripsi bagian,  simpulan. Untuk lebih jelasnya sanggup dilihat pada denah berikut.

Struktur Teks Tanggapan Deskriptif
 1. identifikasi
 2. deskripsi potongan
3. simpulan/ kesan

Identifikasi/ citra umum Berisi nama objek yang dideskripsikan, lokasi, sejarah lahirnya, makna nama, pernyataan umum wacana objek.
Deskripsi potongan Berisi perincian potongan objek tetapi diperinci berdasarkan tanggapan subjektif penulis. Perincian sanggup berisi apa yang dilihat (bagian-bagiannya, komposisi warna, ibarat apa objek yang dilihat berdasarkan kesan penulis). Perincian juga sanggup berisi perincian apa yang didengar (mendengar bunyi apa saja, ibarat apa suara-suara itu/penulis membandingkan dengan apa). Perincian juga sanggup berisi apa yang dirasakan penulis dengan mengamati objek.

Jenis Pengembangan Deskripsi Bagian
Deskripsi potongan berdasarkan ruang Berisi perincian bagian-bagian ruang objek yang dideskripsikan. Misalnya, penulis mendeskripsikan potongan pintu masuk, potongan tengah, potongan belakang). Perincian ruang juga sanggup menyebut nama ruangruang dan ciri-cirinya.
Deskripsi potongan berdasarkan anggota bagian- potongan objek Berisi perincian bagian-bagian yang dideskripsikan (pantai digambarkan bawah lautnya, bibir pantai, ombak dan pasirnya, pemandangan flora dan binatang pantai).
Deskripsi potongan berdasarkan  proses sesuatu berlangsung. Berisi perincian potongan awal, mulai meningkat, puncak (inti), penutup. Misalnya, penulis mendeskripsikan awal pementasan, puncak adegan, mulai meluruh, dan penutup.
Deskripsi bagian  berupa penitikberatan Berisi potongan yang paling disukai dari potongan yang dideskripsikan. Contoh: Bagian yang paling saya sukai dari perpustakaan ini yaitu ruang bacanya. Desain unik dengan cat cerah menunjukkan kenyamanan yang luar biasa pada pengunjung.


2.6 Penggunaan Kata Khusu
Kata umum yaitu kata yang luas ruang lingkupnya dan sanggup meliputi banyak hal. Kata – kata yang termasuk dalam kata umum disebut dengan hipernim. Kata khusus yaitu kata yang ruang lingkup dan cakupan maknanya lebih sempit. Kata – kata yang termasuk dalam kata umum disebut dengan hipernim. Kata umum dan kata khusus bergotong-royong sinonim tetapi dengan makna yang lebih khusus. ( Buku Siswa halaman 25)
Demikian artikel 
RPP BAHASA INDONESIA KD 3.2 DAN 4.2 KELAS 7 KURTILAS REVISI 2019 agar bermanfaat

0 Response to "Rpp Bahasa Indonesia Kd 3.2 Dan 4.2 Kelas 7 Kurtilas Revisi 2019"

Total Pageviews