RPP bilangan Berpangkat Dan Bentuk Akar kurikulum 2013 revisi 2019
Kurikulum 2013 edisi revisi 2019 memperlihatkan nuansa yang berbeda kalau kita bandingkan dengan kurikulum yang sebelumnya. Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan kepada saudara semua RPP bilangan Berpangkat Dan Bentuk Akar kurikulum 2013 revisi 2019 untuk kelas 9 semester 1.
Bilangan berpangkat dan bentuk akar merupakan bahan matematika yang di ajarkan pada kelas 9. Pembelajaran kelas 9 memang perlu di rancang sedemikian sehingga daya serap bahan oleh siswa di harapkan akan meningkat. Rangcangan pembelajaran akan bernilai baik kalau bisa mengakibatkan proses pembelajaran yang aktif kreatif dan menyenangkan bagi guru, bagi siswa dan bagi lingkungan sekolah. Artinya bahwa rancangan pembelajaran itu akan bisa dilaksanakan dan memperlihatkan nuansa meaningfull.
Saudara bisa mengunduh rpp bilangan berpangkat dan bentuk akar untuk kelas 9 kurikulum 2013 edisi revisi pada link berikut.
silakan anda lihat viewnya sebagai berikut.
H. Langkah-Langkah Pembelajaran
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMPN 4 Satu Atap Karangrayung
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : IX / Ganjil
Materi Pokok : Bilangan Berpangkat dan Bentuk Akar
Alokasi Waktu : 8 Minggu x 5 Jam Pelajaran @40 Menit
A. Kompetensi Inti
KI1 dan KI2: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah,
masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
KI3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI4: Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar | Indikator |
3.1 Menjelaskan dan melakukan operasi bilangan berpangkat bilangan rasional dan bentuk akar, serta sifat-sifatnya | Mengidentifikasi konsep bilangan berpangkat Mengidentifikasi notasi bilangan berpangkat Memahami bilangan bentuk akar Memahami cara menentukan nilai perpangkatan Memahami pengertian notasi ilmiah (bentuk baku) Mengidentifikasi Pangkat bilangan pecahan Mengidentifikasi perkalian pada perpangkatan dengan basis yang sama Mengidentifikasi perkalian perpangkatan pada bilangan berpangkat Mengidentifikasi perpangkatan pada perkalian bilangan Mengidentifikasi pembagian dua bilangan berpangkat dengan basis yang sama. Menyederhanakan operasi pada perpangkatan |
4.1 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sifat-sifat operasi bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar | Menyajikan hasil pembelajaran bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar, serta sifat-sifatnya Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar, serta sifat-sifatnya |
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik dapat:
Mengidentifikasi konsep bilangan berpangkat
Mengidentifikasi notasi bilangan berpangkat
Memahami bilangan bentuk akar
Memahami cara menentukan nilai perpangkatan
Memahami pengertian notasi ilmiah (bentuk baku)
Mengidentifikasi Pangkat bilangan pecahan
Mengidentifikasi perkalian pada perpangkatan dengan basis yang sama
Mengidentifikasi perkalian perpangkatan pada bilangan berpangkat
Mengidentifikasi perpangkatan pada perkalian bilangan
Mengidentifikasi pembagian dua bilangan berpangkat dengan basis yang sama.
Menyederhanakan operasi pada perpangkatan
Menyajikan hasil pembelajaran bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar, serta sifat-sifatnya
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar, serta sifat- sifatnya
D. Materi Pembelajaran
Bilangan berpangkat bilangan bulat (bilangan berpangkat bulat positif, sifat-sifat operasi bilangan berpangkat, sifat perpangkatan bilangan berpangkat)
Bilangan berpangkat bulat negatif dan nol (bilangan berpangkat bulat negatif, bilangan berpangkat nol
Bentuk akar
Merasionalkan bentuk akar
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Saintifik
2. Model : Discovery Based Learning
3. Metode : Demonstrasi
F. Media Pembelajaran
1. Laptop
2. LCD
3. Power Point
4. Internet
G. Sumber Belajar
Buku Penunjang Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Matematika, Kelas IX, Kemendikbud, Revisi Tahun
2015
Internet
|
H. Langkah-Langkah Pembelajaran
1 . Pertemuan Pertama dan Kedua (5 x 40 Menit) | |||
Pemberian contoh-contoh materi Konsep tentang bilangan berpangkat bilangan bulat untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb Membaca. Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Konsep tentang bilangan berpangkat bilangan bulat. Menulis Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Konsep tentang bilangan berpangkat bilangan bulat. Mendengar Pemberian materi Konsep tentang bilangan berpangkat bilangan bulat oleh guru. Menyimak Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi : Konsep tentang bilangan berpangkat bilangan bulat untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi. | |||
Problem statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) | CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya : Mengajukan pertanyaan tentang materi : Konsep tentang bilangan berpangkat bilangan bulat yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. | ||
Data collection (pengumpulan data) | KEGIATAN LITERASI Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: Mengamati obyek/kejadian Mengamati dengan seksama materi Konsep tentang bilangan berpangkat bilangan bulat yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya. Membaca sumber lain selain buku teks Secara disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Konsep tentang bilangan berpangkat bilangan bulat yang sedang dipelajari. Aktivitas Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Konsep tentang bilangan berpangkat bilangan bulat yang sedang dipelajari. Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Konsep tentang bilangan berpangkat bilangan bulat yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru. COLLABORATION (KERJASAMA) Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk: Mendiskusikan Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Konsep tentang bilangan berpangkat bilangan bulat. Mengumpulkan informasi Mencatat semua informasi tentang materi Konsep tentang bilangan berpangkat bilangan bulat yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Mempresentasikan ulang Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri Konsep tentang bilangan berpangkat bilangan bulat sesuai dengan pemahamannya. Saling tukar informasi tentang materi : |
1 . Pertemuan Pertama dan Kedua (5 x 40 Menit) | |||
Konsep tentang bilangan berpangkat bilangan bulat dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat. | |||
Data processing (pengolahan Data) | COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara : Berdiskusi tentang data dari Materi : Konsep tentang bilangan berpangkat bilangan bulat Mengolah informasi dari materi Konsep tentang bilangan berpangkat bilangan bulat yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Konsep tentang bilangan berpangkat bilangan bulat. | ||
Verification (pembuktian) | CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan : Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi : Konsep tentang bilangan berpangkat bilangan bulat antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik. | ||
Generalization (menarik kesimpulan) | COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI) Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan Menyampaikan hasil diskusi tentang materi Konsep tentang bilangan berpangkat bilangan bulat berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan. Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi : Konsep tentang bilangan berpangkat bilangan bulat Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Konsep tentang bilangan berpangkat bilangan bulat dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan. Bertanya atas presentasi tentang materi Konsep tentang bilangan berpangkat bilangan bulat yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya. CREATIVITY (KREATIVITAS) Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang materi : Konsep tentang bilangan berpangkat bilangan bulat Menjawab pertanyaan tentang materi Konsep tentang bilangan berpangkat bilangan bulat yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan. Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Konsep tentang bilangan berpangkat bilangan bulat yang akan selesai dipelajari Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Konsep tentang bilangan berpangkat bilangan bulat yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran. |
1 . Pertemuan Pertama dan Kedua (5 x 40 Menit) |
Catatan : Selama pembelajaran Konsep tentang bilangan berpangkat bilangan bulat berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan |
Kegiatan Penutup (30 Menit) |
Peserta didik : Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Konsep tentang bilangan berpangkat bilangan bulat yang baru dilakukan. Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Konsep tentang bilangan berpangkat bilangan bulat yang baru diselesaikan. Mengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah. Guru : Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Konsep tentang bilangan berpangkat bilangan bulat. Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Konsep tentang bilangan berpangkat bilangan bulat. Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Konsep tentang bilangan berpangkat bilangan bulat kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik. |
Demikian artikel RPP bilangan Berpangkat Dan Bentuk Akar kurikulum 2013 revisi 2019
0 Response to "Rpp Bilangan Berpangkat Dan Bentuk Akar Kurikulum 2013 Revisi 2019"