Latest News

8 Tanda-Tanda Penyakit Rematik

Perpustakaan Cyber (30/10/2014)  - Penyakit rematik merupakan sebuah penyakit yang menyerang pada belahan jaringan dan organ tubuh menyerupai sendi , tulang , otot , darah dan belahan tubuh lainnya. penyebab utama dari penyakit rematik yakni kelebihan zat purin sebagai hasil dari metabolisme tubuh yang tertimbun pada persendian. Selain itu rematik yang biasa juga disebut “Rheumatoid Arhritis” ini sanggup juga disebabkan oleh kelebihan berat tubuh (obesitas) dan terjadinya peradangan pada belahan persendian. 

Penyakit rematik termasuk penyakit sistemik dan autoimun yang progresif lantaran sanggup menunjukkan imbas negatif pada organ tubuh yang lain. berdasarkan penelitian dari Prof. Dr. dr. Handono Kalim , SpPD KR , Ketua Indonesia Rheumatology Association (IRA) , serta dokter seorang hebat penyakit dalam , menyampaikan bahwa tanda-tanda dari rematik yakni penderita akan mengalami peradangan , merah dan rasa nyeri pada sendi kaki dan tangan , yang disertai dengan tanda-tanda sistemik lainnya menyerupai anemia , depresi , dan kelelahan.


Bagi masyarakat umum , mungkin akan sulit mendiagnosis penyakit rematik , lantaran umumnya tanda-tanda yang timbul hampir sama dengan beberapa penyakit lainnya. Namun salah satu tanda-tanda rematik yang sering menjadi tolak ukur bagi orang awam sedang mengalami penyakit rematik yaitu terasa nyeri pada persendian , sedangkan tanda-tanda yang lainnya masih sering diabaikan , lantaran masih belum sepenuhnya mengetahui tanda-tanda dari penyakit rematik.

Berikut ini 8 tanda-tanda penyakit rematik yang perlu di ketahui dan kenali lebih jauh , supaya sanggup segera menanganinya dengan cepat dan sempurna dikala merasakannya pada belahan tubuh Anda , yaitu :

1. Kesemutan atau Mati Rasa

Kesemutan atau menyerupai mati rasa pada pergelangan tangan dan kaki , dan biasanya akan terasa lebih jelek pada dikala malam hari , sebaiknya kompreslah belahan kaki dan tangan Anda yang terasa kesemutan.

2. Praktis Cedera  

Terkadang mungkin Anda menganggap keseleo atau terkilir merupakan hal yang tidak terlalu serius. Padahal hal tersebut sanggup jadi merupakan tanda-tanda dari rematik.

3. Masalah Pada Indra Penglihatan (Mata)

Penderita rematik juga mengalami gangguan autoimun yang sanggup mengakibatkan kekeringan pada mata , hidung , lisan , kulit , dan tenggorokan , hal ini disebabkan lantaran terjadinya peradangan. Bila Anda mengalami problem dengan mata dan telah memakai obat mata , namun belum ada perubahan berarti , sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter seorang hebat reumathologi. 

4. Rasa Nyeri dan Pegal Pada Persendian

Gejala ini merupakan yang paling lebih banyak didominasi dan dikenali oleh semua orang sebagai tanda penyakit rematik , biasanya rasa nyeri dan pegal ini berlangsung selama lebih dari satu minggu.

5. Pada Pagi Hari Terasa Kaku

Salah satu ciri khas dari penyakit rematik yakni rasa kaku akhir dari rasa sakit sehabis melaksanakan acara yang usang menyerupai tidur. Perbedaan rasa kaku rematik dengan osteoarthritis yakni penderita rematik akan membutuhkan waktu yang lebih usang untuk sanggup mengurangi rasa kaku pada persendiannya.

6. Mengalami Sendi Terasa Terkunci

Pembengkakan tendon pada sekitar sendi menciptakan lutut dan siku terkadang terasa menyerupai terkunci , 

7. Benjolan (Nodul) Pada Kulit Dekat Persendian

Nodul merupakan benjolan yang timbul pada kulit erat dengan belahan persendian yang mengalami rematik dan umumnya terjadi pada belahan belakang siku.

8. Gerakan Tubuh Menjadi Lamban dan kaku

Penyakit rematik menciptakan beberapa belahan persendian menjadi lebih kaku , dan memerlukan waktu yang usang untuk mengurangi rasa kaku dan nyeri tersebut , hal ini menimbulkan gerakan tubuh menjadi lebih lambat dari keadaan normalnya tubuh Anda.

Dengan lebih mengenali tanda-tanda penyakit rematik diatas akan menciptakan Anda lebih perhatian dengan keadaan tubuh Anda.

0 Response to "8 Tanda-Tanda Penyakit Rematik"

Total Pageviews