Latest News

Perilaku Konsumen Dan Produsen Dalam Acara Ekonomi| Circular Flow Diagram| Peran| Pendekatan Kardinal Dan Ordinal| Garis Anggaran| Produksi

Perilaku Konsumen dan Produsen dalam Kegiatan Ekonomi , Circular Flow Diagram , Peran , Pendekatan Kardinal dan Ordinal , Garis Anggaran , Produksi - Pernahkah Anda membayangkan bagaimana mie instan dibuat? Terbuat dari apakah mi instan tersebut? Jika Anda pernah melihat proses pembuatan mi tersebut , Anda akan memperoleh citra secara umum mengenai kegiatan produksi. Proses produksi dilakukan melalui aneka macam tahap mulai dari materi dasar tepung hingga menjadi barang jadi (mi instan). Setelah dikemas , mi einstan tersebut didistribusikan ke penjual , contohnya warung. Anda mungkin mengonsumsi mie tersebut untuk makan sehari-hari. Mengonsumsi mi tersebut sanggup dikatakan sikap konsumen alasannya yaitu Anda membeli dan mengonsumsi mie instan tersebut.

Uraian singkat di atas menggambarkan sikap produsen (pabrik mi instan) dan sikap konsumen (Anda sebagai pembeli dan pengonsumsi mie instan tersebut). Dalam Bab ini , Anda akan mendapat materi sikap konsumen dan perilaku produsen , siklus arus barang , jasa , dan pendapatan (circular flow diagram) yang terdiri atas perekonomian tertutup dan perekonomian terbuka , dan tugas konsumen dan tugas produsen dalam perekonomian.

A. Perilaku Konsumen dan Perilaku Produsen


Akibat adanya keterbatasan pendapatan dan harapan untuk mengkonsumsi barang dan jasa sehingga diperoleh kepuasan maksimal , maka muncul sikap konsumen. Perilaku konsumen intinya menjelaskan bagaimana konsumen mendayagunakan sumber daya yang ada (uang) dalam memuaskan harapan atau kebutuhan dari suatu atau beberapa produk. Dalam teori sikap konsumen terdapat dua pendekatan utama untuk melaksanakan analisis mengenai sikap konsumen dalam menikmati barang atau jasa untuk memuaskan kebutuhannya. Dua pendekatan tersebut yaitu pendekatan kardinal dan pendekatan ordinal.

a. Pendekatan Kardinal (Cardinal Approach)


Pendekatan kardinal merupakan adonan dari beberapa pendapat para mahir ekonomi anutan subjektif menyerupai Herman Heinrich Gossen (1854) , William Stanley Jevons (1871) , dan Leon Walras (1894). Pendekatan kardinal sanggup dianalisis dengan memakai konsep utilitas marjinal (marginal utility). Asumsi dalam pendekatan ini antara lain:
  1. konsumen bertindak rasional (ingin memaksimalkan kepuasan sesuai dengan batas anggarannya);
  2. pendapatan konsumen tetap;
  3. uang mempunyai nilai subjektif yang tetap.
Menurut pendekatan kardinal utilitas suatu barang dan jasa sanggup diukur dengan satuan util. Contoh , sebuah raket akan lebih berkhasiat bagi pemain tenis dari pada pemain sepak bola. Namun bagi pemain sepak bola , bola akan lebih berkhasiat daripada raket. Beberapa konsep fundamental yang berkaitan sikap konsumen melalui pendekatan kardinal yaitu konsep utilitas total (total utility) dan utilitas marjinal (marginal utility). Utilitas total yaitu yang dinikmati konsumen dalam mengonsumsi sejumlah barang atau jasa tertentu secara keseluruhan. Adapun utilitas marjinal yaitu pertambahan utilitas yang dinikmati oleh konsumen dari setiap pemanis satu unit barang dan jasa yang dikonsumsi.

Sampai pada titik tertentu , semakin banyak unit komoditas yang dikonsumsi oleh individu , akan semakin besar kepuasan total yang diperoleh. Meskipun utilitas total meningkat , namun pemanis (utilitas) yang diterima dari mengonsumsi tiap unit pemanis komoditas tersebut biasanya semakin menurun.

Hal tersebut yang mendasari aturan utilitas marjinal yang semakin berkurang (the law of diminishing marginal utility). Menurut aturan ini jumlah pemanis utilitas yang diperoleh konsumen akan semakin menurun dengan bertambahnya konsumsi dari barang atau jasa tersebut. Hukum tersebut diperkenalkan pertama kali oleh H.H. Gossen (1810–1858) , spesialis ekonomi dan matematika Jerman , dan selanjutnya aturan ini dikenal dengan nama Hukum Gossen I. Sebagai rujukan , kalau Anda dalam keadaan haus , segelas teh anggun atau cuek akan terasa sangat menyegarkan , gelas kedua masih terasa segar , hingga gelas ketiga mungkin Anda merasa kekenyangan bahkan mual. Contoh di atas memperlihatkan turunnya utilitas total hingga pada tingkat tertentu.

Contoh tersebut akan lebih terang dengan memakai data kuantitatif , menyerupai Tabel 1.

Kuantitas Barang yang Dikonsumsi (unit)
Total Utility (TU) (util)
Marginal Utility (MU) (util)
0
0
-
1
4
4
2
7
3
3
9
2
4
10
1

Dari Tabel 1. terlihat bahwa utilitas total (TU) meningkat sejalan dengan kenaikan konsumsi , akan tetapi dengan laju pertumbuhan yang semakin menurun. Adapun utilitas marjinal (MU) semakin menurun sejalan dengan adanya kenaikan konsumsi. Jika seseorang mengkonsumsi dua unit barang , utilitas marjinalnya yaitu 7 – 4 = 3 util , dan kalau mengonsumsi tiga unit barang , utilitas marjinalnya yaitu 9 – 7 = 2 util , begitu seterusnya.

Tabel 1. sanggup digambarkan dalam Kurva 1. yaitu sebagai berikut.
Kurva Utilitas Total dan Utilitas Marjinal
Kurva 1. Utilitas Total dan Utilitas Marjinal
Dari Kurva 1. terlihat bahwa utilitas total meningkat seiring dengan bertambahnya konsumsi , akan tetapi dengan proporsi yang semakin menurun. Adapun utilitas marjinal dari setiap pemanis barang akan menurun sejalan dengan meningkatnya konsumsi. Selanjutnya kebutuhan insan tidak hanya terdiri atas satu atau dua kebutuhan , tetapi aneka macam jenis kebutuhan. Oleh alasannya yaitu itu , bagaimana insan sanggup mengatur kebutuhannya untuk memuaskan kebutuhan atas aneka macam jenis barang atau jasa? Gossen menjelaskan bahwa konsumen akan memuaskan kebutuhan yang bermacam-macam tersebut hingga mempunyai tingkat intensitas yang sama.

Dengan tegas , Gossen menyatakan bahwa konsumen akan melaksanakan konsumsi sedemikian rupa sehingga rasio antara utilitas marjinal dan harga setiap barang atau jasa yang dikonsumsi besarnya sama. Selanjutnya , pernyataan ini dikenal dengan Hukum Gossen II.

Hukum Gossen II memperlihatkan adanya upaya setiap orang untuk memprioritaskan pemenuhan kebutuhannya berbanding harga barang hingga memperoleh tingkat optimalisasi konsumsinya. Dengan tingkat pendapatan tertentu seorang konsumen akan berusaha men dapatkan kombinasi aneka macam macam kebutuhan hingga rasio antara utilitas marjinal (MU) dan harga sama untuk semua barang atau jasa yang dikonsumsinya.

b. Pendekatan Ordinal (Ordinal Approach)


Pendekatan ordinal kali pertama diperkenalkan oleh Francis Edgeworth dan Vilfredo Pareto. Asumsi yang dipergunakan dalam pendekatan ini antara lain:
  1. konsumen bertindak rasional (ingin memaksimumkan kepuasannya);
  2. konsumen mempunyai pola pilihan (preferensi) terhadap barang yang disusun menurut urutan besar kecilnya (pilihan) nilai guna;
  3. konsumen mempunyai sejumlah uang tertentu;
  4. konsumen konsisten dengan pilihannya. Jika ia menentukan A dibanding B , menentukan B dibanding C , maka ia akan menentukan A dibanding C.
Pendekatan ordinal menganggap bahwa utilitas suatu barang tidak perlu diukur , cukup untuk diketahui dan konsumen bisa menciptakan urutan tinggi rendahnya utilitas yang di peroleh dari mengonsumsi sejumlah barang atau jasa. Selanjutnya konsumsi dipandang sebagai upaya optimalisasi dalam konsumsinya.

Pendekatan ordinal sanggup dianalisis dengan memakai kurva indiferen (indifference curve) dan garis anggaran ( budget line).

1) Kurva Indiferen

Kurva indiferen yaitu kurva yang memperlihatkan kombinasi dua macam barang konsumsi yang memperlihatkan tingkat utilitas yang sama. Seorang konsumen membeli sejumlah barang , contohnya , masakan dan pakaian dan berusaha mengombinasikan dua kebutuhan yang menghasilkan utilitas yang sama , digambarkan dalam Tabel 2. yaitu sebagai berikut.

Situasi
Makanan
Pakaian
A
4
2
B
3
4

Apabila konsumen menyatakan bahwa.

a) A>B , berarti makan 4 kali sehari dengan membeli pakaian 2 kali setahun lebih berdaya guna dan memuaskan konsumen daripada makan 3 kali sehari dan membeli pakaian 4 kali setahun.
b) A<B , berarti makan 3 kali sehari dengan membeli pakaian 4 kali setahun lebih berdaya guna dan memuaskan konsumen daripada makan 4 kali sehari dengan membeli pakaian 2 kali setahun.
c) A=B , berarti makan 4 kali sehari dengan membeli pakaian 2 kali setahun dan makan 3 kali sehari dengan membeli pakaian 4 kali setahun memperlihatkan utilitas yang sama kepada konsumen.

Contoh situasi tersebut sanggup digambarkan dalam kurva indiferen sebagaimana ditunjukkan dalam kurva 2.
Kurva Indiferen Kombinasi Makanan dan Pakaian
Kurva 2. Indiferen Kombinasi Makanan dan Pakaian.
Dari Kurva 2. terlihat bahwa dengan memperoleh lebih banyak barang yang satu akan menimbulkan kehilangan sebagian barang yang lain. Kombinasi masakan dan pakaian yang memperlihatkan utilitas sama digambarkan sebagai kurva indiferen.

Ciri-ciri kurva indiferen yaitu sebagai berikut.

a) Turun dari kiri atas ke kanan bawah , hal ini berakibat pada terjadinya keadaan yang saling meniadakan (trade-off) , yaitu kalau konsumen ingin menambah konsumsi atas satu barang , ia harus mengurangi konsumsi atas barang lainnya.
b) Cembung ke arah titik asal (angka 0) , yang memperlihatkan kalau konsumen menambah konsumsi satu unit barang , jumlah barang lain yang dikorbankan semakin kecil. Dalam analisis ilmu ekonomi hal ini sering disebut sebagai tingkat substitusi marginal (marginal rate of substitution atau MRS) , yaitu tingkat ketika barang X bisa disubstitusikan dengan barang Y dengan tingkat utilitas yang tetap.
c) Kurva indiferen tidak saling berpotongan.
d) Jika kombinasi barang yang dikonsumsi mempunyai kualitas yang semakin banyak , maka akan memperlihatkan utilitas yang semakin tinggi yang ditunjukan oleh kurva indiferen yang semakin menjauhi titik 0.

Kurva indiferen digagas pertama kali oleh ekonom kelahiran Irlandia , Francis Edgeworth (1845-1926) dan ekonom kelahiran Italia , Vilfredo Pareto (1848-1923). Mereka berdua menyatakan bahwa pendekatan ordinal seharusnya membentuk basis analisis ekonomi ketimbang pendekatan kardinal. Edgeworth dan juga Pareto membuatkan perangkat analisis yang kini disebut kurva indeferen (indifference curve).

Contoh Soal SPMB 2004 1 :

Kurva indiferen

1. menurun dari kiri ke kanan bawah
2. cembung ke arah titik origin
3. memperlihatkan tingkat kepuasan sama bagi seorang konsumen
4. tidak akan saling berpotongan

Yang memperlihatkan ciri kurva indiferen yaitu ....

a. 1 dan 2 d. 2 dan 4
b. 1 dan 3 e. 1 dan 4
c. 2 dan 3

Penyelesaian:

ciri-ciri kurva indiferen :

1. berbentuk cembung terhadap sumbu ordinat
2. gradien negatif
3. tidak saling berpotongan
4. semakin jauh kurva tersebut menggambarkan utilitas yang semakin tinggi

Jawaban : E

2) Garis Anggaran ( Budget Line)

Adanya keterbatasan pada pendapatan akan membatasi pengeluaran konsumen untuk mengonsumsi sejumlah barang. Hal ini digambarkan dalam garis anggaran ( budget line) , yaitu garis yang memperlihatkan aneka macam kombinasi dari dua macam barang yang berbeda oleh konsumen dengan pendapatan yang sama. 

Persamaan garis anggaran adalah: 

I = Px.X + Py.Y

Misalnya seorang konsumen mengonsumsi barang X dan Y , harga barang X (Px) dan harga barang Y (Py) yaitu Rp1.000 ,00 dan pendapatan konsumen (I) pada dikala itu yaitu Rp10.000 ,00 dan semuanya dibelanjakan untuk barang X dan Y.
Garis Anggaran Barang X dan Barang Y
Kurva 3. Garis Anggaran Barang X dan Barang Y.
Jika konsumen membelanjakan semua pendapatannya untuk barang Y , ia sanggup membeli sebanyak 10 unit barang X   , hal tersebut ditunjukkan oleh titik A. Sebaliknya kalau konsumen membelanjakan semua pendapatannya untuk barang X , ia sanggup membeli sebanyak 0 unit barang Y   , ditunjukkan oleh titik B. Menghubungkan titik A dan B dengan suatu garis lurus sanggup diperoleh garis anggaran AB yang memperlihatkan kombinasi yang berbeda dari dua jenis barang yang sanggup dibeli konsumen dengan tingkat pendapatan yang terbatas. Selanjutnya untuk mengetahui pada dikala kapan konsumen optimalisasi dalam mengkonsumsi secara optimal , yaitu pada dikala kurva indiferen (IC2) bersinggungan dengan garis anggaran (AB) , terjadi di titik (E).

Adapun kurva indiferen (IC1) dan kurva indiferen (IC3) merupakan kurva yang tidak diperlukan oleh konsumen , alasannya yaitu kurva-kurva tersebut tidak memperlihatkan keseimbangan barang dan jasa yang dikonsumsi.

c. Perilaku Produsen dalam Kegiatan Produksi


Produksi merupakan hasil simpulan dari proses kegiatan produksi atau acara ekonomi dengan memanfaatkan beberapa input (faktor produksi). Secara teknis kegiatan produksi dilakukan dengan mengkombinasikan beberapa input untuk menghasilkan sejumlah output. Hubungan teknis antara input dan output dalam proses produksi dinamakan fungsi produksi. Fungsi produksi yaitu suatu persamaan yang memperlihatkan jumlah maksimum yang dihasilkan dengan mengkombinasikan input atau faktor produksi tertentu. Hubungan antara input dan output diformulasikan dalam sebuah fungsi produksi secara matematis sebagai berikut.

Q = f (R , L ,  , E ….)

Di mana: 

Q = Output
R = Sumber daya alam (resources)
L = Tenaga Kerja (labor)
K = Modal (capital)
E = Keahlian atau kewirausahaan (entrepreneurship)

Apabila input yang dipergunakan dalam proses produksi hanya terdiri atas input tetap (modal) dan input variabel (tenaga kerja) , formula persamaan matematisnya sebagai berikut. 

Q = f ( , L)

Fungsi produksi di atas memperlihatkan maksimum output yang sanggup diproduksi dengan memakai pilihan kombinasi dari Modal () sebagai input tetap dan tenaga kerja (L) sebagai input variabel. Apabila kedua input yang dipakai yaitu input variabel , disebut produksi jangka panjang dan ditulis sebagai berikut.

Q = f ( , L)

Dari sebuah fungsi produksi jangka pendek , sanggup dipelajari tiga konsep penting dalam produksi. Ketiga konsep tersebut yaitu sebagai berikut.

a) Produk total (Total Product atau TP) memperlihatkan total output yang diproduksi.
b) Produk marjinal (Marginal Product atau MP) memperlihatkan pemanis produk atau output yang diakibatkan oleh pertambahan satu unit input (dalam hal ini tenaga kerja) , dengan menganggap faktor lainnya konstan (ceteris paribus). Secara matematis ditulis sebagai berikut.
c) Produk rata-rata (Average Product atau AP) memperlihatkan output total dibagi dengan unit total input (tenaga kerja). Secara matematis ditulis sebagai berikut.
Dari klarifikasi di atas maka sanggup dibentuk tahap-tahap kurva produksi sebagai berikut.

Tahap produksi dilaksanakan dalam beberapa tahap.
  1. Tahap I : dimulai dari tenaga kerja (L)=0 hingga MP=AP atau AP maksimum.
  2. Tahap II : dimulai dari MP=AP atau AP maksimum hingga MP=0 atau TP maksimum.
  3. Tahap III : dimulai dari MP=0 ke kanan.
Kurva Produk Total dan Produk Marjinal
Kurva 4. Produk Total dan Produk Marjinal.
Kurva produksi jangka pendek berbentuk menyerupai gunung alasannya yaitu berlakunya aturan pertambahan hasil yang semakin menurun ( law of diminishing returns) , yang menyatakan bahwa apabila faktor produksi K tetap , semakin banyak faktor produksi L ditambah , awalnya hasil produksi akan bertambah , mencapai maksimum , dan selanjutnya menurun. law of diminishing returns terjadi secara berturut-turut pada MP , AP , dan TP. Pentahapan produksi I , II , dan III ditentukan menurut pola pikir rasional , yang sanggup dijelaskan pada Tabel 3.

Tahap
Faktor
Produksi L
TPL
Ada/Tidak
Eksternalitas
Rasional/
Tidak Rasional
Tahap I
Ditambah
Bertambah
Ada
Tidak Rasional
Tahap II
Ditambah
Bertambah
Tidak Ada
Rasional
Tahap III
Ditambah
Berkurang
Ada
Tidak Rasional

Tahap Produksi II yaitu tahap produksi yang akan dipakai produsen yang rasional untuk melaksanakan produksinya alasannya yaitu (1) kalau produsen menambah L ia akan memperoleh pemanis output (TPL) , dan (2) seluruh proses produksi sepenuhnya berada dalam pengendaliannya alasannya yaitu tidak ada eksternalitas yang mengganggu jalannya proses produksi.

B. Circular Flow Diagram (Diagram Arus Kegiatan Ekonomi)


1. Perekonomian Dua Sektor


Dalam circular flow diagram dijelaskan mengenai diagram anutan pendapatan pada perekonomian tertutup yang hanya melibatkan dua pelaku kegiatan ekonomi. Untuk lebih jelasnya perhatikan Bagan 1. berikut.
Diagram Siklus Interaksi Antarpelaku Ekonomi ( Circular Flow Diagram) dengan Dua Sektor
Bagan 1. Diagram Siklus Interaksi Antarpelaku Ekonomi (Circular Flow Diagram) dengan Dua Sektor.

Dari Bagan 1. terlihat bahwa sektor rumah tangga konsumen akan menjual faktor produksi pada sektor perusahaan (rumah tangga produsen) biar memperoleh pendapatan. Dalam hal ini , sektor rumah tangga konsumen akan memperlihatkan faktor produksi menyerupai tanah , tenaga kerja , modal atau keahlian pada perusahaan (garis a). Sebagai tanggapan atas faktor produksi yang diberikan oleh sektor rumah tangga , maka sektor perusahaan akan me mberikan balas jasa berupa sewa untuk tanah , upah atau honor bagi tenaga kerja , bunga atau sewa untuk modal dan laba bagi keahlian (garis b).

Setelah sektor rumah tangga memperoleh balas jasa atas faktor produksi yang mereka jual kepada perusahaan , maka sektor rumah tangga mempunyai pendapatan yang siap untuk dibelanjakan (yaitu pendapatan sesudah dikurangi tabungan dan pajak) pada sektor perusahaan , berupa pembelian barang dan jasa (garis c bawah). Kemudian sektor rumah tangga produsen akan menyerahkan barang dan jasa tersebut kepada sektor rumah tangga konsumen (garis d).

2. Perekonomian Tiga Sektor


Diagram anutan interaksi perekonomian tiga sektor dijelaskan dalam Bagan 2. 

Perhatikan Bagan 2. berikut.
Diagram Siklus Interaksi Antarpelaku Ekonomi ( Circular Flow Diagram) dengan Tiga Sektor
Bagan 2. Diagram Siklus Interaksi Antarpelaku Ekonomi (Circular Flow Diagram) dengan Tiga Sektor.
Dalam teori ekonomi makro , komponen tabungan (S: Saving) , pajak (T: Tax) dan impor (M: Import) merupakan kebocoran (leakages) bagi siklus anutan pendapatan alasannya yaitu kalau ditambah menimbulkan penurunan pendapatan nasional. Sedangkan investasi (I: Investment) , pengeluaran pemerintah (G: Goverment) dan ekspor (X: Eksport) merupakan suntikan (injections) dalam siklus anutan pendapatan , alasannya yaitu kalau ditambah akan meningkatkan pendapatan nasional.

3. Perekonomian Empat Sektor


Diagram anutan interaksi perekonomian empat sektor dijelaskan dalam Bagan 3. Perhatikan Bagan 3. berikut.
Diagram Siklus Interaksi Antarpelaku Ekonomi ( Circular Flow Diagram) dengan Empat Sektor
Bagan 3. Diagram Siklus Interaksi Antarpelaku Ekonomi (Circular Flow Diagram) dengan Empat Sektor.
Dari Bagan 1 , Bagan 2 , dan Bagan 3. sanggup dilihat perbedaan interaksi antarpelaku ekonomi dalam perekonomian sederhana (Bagan 1) , perekonomian tertutup (Bagan 2) , dan perekonomian terbuka (Bagan 3). Hampir semua negara di dunia pada dikala ini melaksanakan interaksi dengan negara lain , sehingga interaksi ekonomi juga melibatkan sektor luar negeri. Sektor rumah tangga , perusahaan dan pemerintah merupakan perekonomian domestik. Perekonomian dikatakan tertutup (closed economy) kalau tidak melaksanakan interaksi dengan sektor luar negeri. Adapun perekonomian suatu negara dikatakan terbuka (open economy) apabila terjadi interaksi dengan sektor luar negeri yang ditandai dengan adanya prosedur ekspor dan impor. Ekspor merupakan anutan pendapatan dari perekonomian luar negeri ke perekonomian domestik. Adapun impor merupakan anutan pengeluaran dari perekonomian domestik ke perekonomian luar negeri.

C. Peran Konsumen dan Peran Produsen


Telah diketahui bahwa sumber alat pemuas kebutuhan yang tersedia di bumi terbatas jumlahnya. Oleh alasannya yaitu itu , dalam melaksanakan kegiatan ekonomi , baik yang berkaitan dengan perjuangan menghasilkan maupun memakai alat pemuas kebutuhan insan harus selalu bertindak hemat atau hemat. Artinya , setiap penggunaan sumber daya alam dan alat pemuas kebutuhan harus sanggup menghasilkan kepuasan maksimal bagi pemenuhan kebutuhan manusia.

Dalam melaksanakan tindakan ekonomi , insan harus selalu mempertimbangkan perbandingan antara pengorbanan dan hasil yang akan dicapai , perbandingan yang rasional antara pengorbanan dan hasil tersebut , sesuai dengan prinsip ekonomi. Pada dasarnya , prinsip ekonomi merupakan pedoman bagi insan atau pelaku ekonomi dalam melaksanakan kegiatan ekonomi untuk mencapai hasil maksimal dengan sumber daya yang terbatas.

Di dalam kegiatan ekonomi , konsumen berperan sebagai pengguna atau pemakai barang maupun jasa yang dihasilkan oleh pelaku ekonomi yang lain. Di samping sebagai pengguna barang atau jasa , konsumen juga sanggup berperan sebagai penyedia faktor produksi (tanah atau sumber daya alam , tenaga kerja , dan modal) , baik untuk produsen , pemerintah , maupun masyarakat luar negeri.

Adapun produsen sendiri berperan sebagai penghasil dan penyalur barang maupun jasa hingga hingga ke tangan konsumen. Dalam menghasilkan barang dan jasa tersebut , produsen memerlukan faktor produksi dari konsumen , pemerintah , maupun masyarakat luar negeri.

Pada kenyataannya , baik konsumen maupun produsen akan berperilaku sesuai prinsip ekonomi. Artinya , konsumen akan mengorbankan uangnya untuk membeli barang dengan kualitas yang paling baik dan tingkat harga serendah mungkin. Begitu pun produsen , ia akan selalu menjual harga produk setinggi mungkin biar memperoleh laba maksimal.

Perilaku konsumen biasanya didasarkan pada selera dan tingkat pendapatan. Dalam kehidupan sehari-hari sering terjadi faktor selera sangat menghipnotis konsumsi seseorang terhadap suatu barang. Di samping itu , konsumen yang bakir mengatur keuangannya , akan mempertimbangkan tingkat pendapatannya dalam mengonsumsi suatu barang. Seseorang yang berpendapatan rendah akan membeli barang yang tidak terlalu mahal dan seseorang yang berpenghasilan tinggi tidak terlalu konsumtif terhadap barang yang harganya mahal.

Dari sisi produsen , seorang produsen akan berperilaku yang didasarkan pada motif mengambil laba optimum. Produsen akan mempertimbangkan cara memproduksi barang dengan biaya sekecil-kecilnya. Sumber materi baku diusahakan erat dengan lokasi perusahaan biar sanggup menekan biaya transportasi. Bahan pengemas produk diusahakan materi dengan harga murah biar sanggup menghemat biaya. Hal-hal tersebut akan selalu dilakukan produsen untuk memperoleh laba yang maksimal.

Rangkuman :
  1. Utilitas diartikan sebagai utilitas atau nilai guna subjektif yang dirasakan oleh seseorang dari mengonsumsi suatu barang dan jasa.
  2. Terdapat aneka macam bentuk utilitas antara lain utilitas daerah , bentuk , waktu , kepemilikan dan pelayanan.
  3. Utilitas suatu barang atau jasa sanggup dianalisis dengan memakai dua pendekatan , yaitu pendekatan kardinal dan pendekatan ordinal.
  4. Menurut pendekatan kardinal , utilitas suatu barang dan jasa sanggup diukur dengan satuan util dan tinggi rendahnya utilitas hanya sanggup diukur oleh orang yang bersangkutan.
  5. Utilitas total yaitu utilitas yang dinikmati konsumen dalam mengonsumsi sejumlah barang atau jasa tertentu secara keseluruhan.
  6. Utilitas marjinal yaitu pertambahan utilitas yang dinikmati oleh konsumen dari setiap pemanis barang dan jasa yang dikonsumsi.
  7. Menurut pendekatan ordinal , utilitas suatu barang tidak perlu diukur , cukup untuk diketahui dan konsumen bisa menciptakan urutan tinggi rendahnya utilitas yang diperoleh dari mengkonsumsi sejumlah barang atau jasa.
  8. Menurut Hukum Gossen I , jumlah pemanis utilitas yang diperoleh konsumen akan semakin menurun dengan bertambahnya konsumsi dari barang atau jasa tersebut.
  9. Menurut Hukum Gossen II , konsumen akan melaksanakan konsumsi sedemikian rupa sehingga rasio utilitas marjinal harga setiap barang atau jasa yang dikonsumsi besarnya sama.
  10. Kurva indiferen yaitu kurva yang memperlihatkan kombinasi dua macam barang konsumsi yang memperlihatkan tingkat utilitas yang sama.
  11. Garis anggaran ( budget line) , yaitu garis yang memperlihatkan aneka macam kombinasi dari dua macam barang yang dibeli oleh konsumen dengan pen dapatan yang sama.
  12. Circular flow diagram yaitu sebuah model yang menggambarkan bagaimana interaksi antar pelaku ekonomi menghasilkan pendapatan yang dipakai sebagai pengeluaran dalam upaya memaksimalkan utilitas (utility) masing-masing pelaku ekonomi.
  13. Seorang konsumen dikatakan berada dalam kondisi keseimbangan , apabila dengan batasan pendapatan dan harga tertentu ia sanggup memaksimalkan utilitas totalnya.
  14. Secara sederhana , produksi diartikan sebagai persamaan yang memperlihatkan jumlah maksimum yang dihasilkan dengan mengombinasi input atau faktor produksi tertentu.
  15. Fungsi produksi yaitu suatu persamaan yang memperlihatkan jumlah maksimum output yang dihasilkan dengan kombinasi input atau faktor produksi tertentu.
  16. Hukum pertambahan hasil yang semakin berkurang menyatakan bahwa apabila faktor produksi terus ditambah , hasil produksi akan meningkat hingga titik tertentu , namun kemudian pertambahan itu semakin menurun.
Referensi :

Arifin , I. 2009. Membuka Cakrawala Ekonomi 1 : Untuk Kelas X Sekolah Menengah Atas/Mandrasah Aliyah Program Ilmu Pengetahuan Sosial. Pusat Perbukuan , Departemen Pendidikan Nasional , Jakarta. p. 170.

0 Response to "Perilaku Konsumen Dan Produsen Dalam Acara Ekonomi| Circular Flow Diagram| Peran| Pendekatan Kardinal Dan Ordinal| Garis Anggaran| Produksi"

Total Pageviews