Latest News

Tbc : Tanda-Tanda Umum & Khusus

Perpustakaan Cyber (11/11/2014) - Tuberkulosis atau yang lebih dikenal dengan TBC ialah suatu penyakit yang menyerang organ pernapasan. Serangannya berupa sebuah infeksi yang terdapat sempurna pada akses pernapasan , sehingga penyakit ini menciptakan proses pernapasan menjadi terganggu. Banyaknya kasus TBC yang terjadi di Indonesia menempatkannya sebagai salah satu penyakit yang mempunyai resiko kematian. Tidak hanya di negeri sendiri saja , namun tidak ada satupun negara di dunia yang telah dinyatakan bebas TBC. Tidak sanggup dipungkiri bahwa terganggunya pernapasan akan menciptakan seseorang menjadi lemah tak berdaya , lantaran pernapasan ialah acara di bawah kesadaran yang berfungsi untuk menggerakkan semua anggota tubuh.


TBC merupakan penyakit yang disebabkan oleh kuman berjulukan mikobakterium tuberkulosa. Bakteri ini termasuk dalam kategori virus , sehingga penyebarannya akan dengan gampang berproses di udara. Jika berada dalam suatu daerah di mana kuman ini bebas melayang di udara dan badan sedang tidak dalam kondisi yang fit , maka badan akan berisiko terjangkit kuman atau virus ini. Organ yang menjadi sasaran serangan virus mikobakterium tuberkulosa ialah paru-paru. Maka tidaklah heran bila sistem pernapasanlah yang terkena imbas dari serangan tersebut. Walaupun demikian , TBC sanggup juga menyerang organ lain sesudah berhasil memasuki paru-paru. Hal ini disebabkan oleh kuman yang telah berkembang biak di dalam paru-paru dengan segera akan melaksanakan pergerakan ke organ lain mirip otak , ginjal , dan akses pencernaan melalui kelenjar getah bening atau sanggup juga melalui pembuluh darah. 

Seseorang yang telah terkena serangan dari virus mikobakterium tuberkulosa akan mengalami beberapa tragedi yang memperlihatkan bahwa badan telah terinfeksi virus tersebut. Adapun beberapa tanda-tanda TBC yang kejadiannya mirip pada influenza biasa. Seperti yang diketahui bahwa seseorang yang mengidap TBC biasanya mempunyai kegiatan batuk hebat. Dalam TBC , ada bebereapa tanda-tanda yang perlu diperhatikan untuk selanjutnya biar sanggup menjadi materi pertimbangan memeriksakan diri ke dokter.

Gejala Umum

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa ada sejumlah tanda-tanda pada TBC yang mirip penyakit influenza. Hal inilah yang merupakan tanda-tanda umum dari penyakit TBC , sehingga diharapkan investigasi lebih lanjut untuk mengetahui apakah badan memang hanya terkena influenza saja atau justru terkena penyakit TBC. Hal ini sangat penting meskipun kedua penyakit tersebut mempunyai tanda-tanda yang serupa , penanganan medis yang dibutuhkan untuk masing-masing penyakit amat sangat berbeda. 

Gejala umum yang terlihat pada seseorang yang terkena penyakit TBC antara lain demam yang tiba dan pergi , sama mirip yang terjadi pada seseorang yang sedang mengidap influenza. Biasanya demam yang tidak terlalu tinggi ini disertai juga dengan keringat tanpa penyebab yang terang , di mana tragedi ini merupakan salah satu ciri yang sangat terang bila seseorang tersebut positif mengidap TBC. Kemudian batuk , yang terjadi dalam kurun waktu yang cukup usang dan disertai darah. 

Gejala Khusus

Jika seseorang terkena serangan virus mikobakterium tuberkulosa pada organ paru-paru , maka tanda-tanda yang timbul pada badan seseorang itu ialah bunyi hembusan napas yang melemah dan terkadang terasa sesak. Hal ini disebabkan oleh tersumbatnya fatwa udara yang masuk dan keluar oleh koloni mikobakterium tuberkulosa yang membentuk gumpalan bulat. Rasa nyeri pada dada juga akan terasa apabila penyebaran virus sudah meluas. Virus yang menyerang organ lain juga sanggup memperlihatkan imbas yang jelek , mirip kejang-kejang (jika virus menyebar sampai ke otak) dan adanya infeksi di persendian (jika virus menyerang tulang).

0 Response to "Tbc : Tanda-Tanda Umum & Khusus"

Total Pageviews