Latest News

Supernova

Perpustakaan Cyber (17/11/2014) - Apakah anda tahu apa itu supernova? Supernova yaitu ledakan yang luar biasa besar yang terjadi pada suatu bintang di galaksi dan menimbulkan energi yang lebih besar atau banyak dari nova. Nova yaitu ledakan nuklir kataklismik pada bintang katai putih (bintang kecil yang sudah tidak bersinar lagi) sehingga mengakibatkan bintang tersebut tiba-tiba menjadi sangat terang. Ledakan nuklir kataklismik yaitu ledakan nuklir pada bintang sehingga secara tidak teratur terjadi peningkatan tingkat terperinci pada bintang tersebut lalu. Selanjutnya bintang tersebut akan meredup. 

Dengan adanya supernova biasanya insiden ini merupakan tanda berakhirnya “kehidupan” dari bintang tersebut. Para hebat menyampaikan bahwa milyaran tahun yang kemudian pun pernah terjadi ledakan yang sama. Dan hal itu yang merupakan titik awal munculnya kehidupan di alam semesta. Namun , tahukah anda bagaimana ledakan supernova terjadi?


Berikut  ini proses terjadinya ledakan supernova adalah

Pembengkakan

Bintang yang mengalami ledakan supernova biasanya ditandai dengan pembengkakan atau pun pembesaran bintang tersebut. Pembengkakan yang terjadi pada bintang tersebut menjadikan bintang tersebut berwarna merah. Namun segalanya akan berbanding terbalik dengan inti atom. Keadaan inti atom biasanya menjadi panas , padat dan mengalami penyusutan. Meskipun kita telah mengetahui mengenai apa saja yang ada di dalam tata surya namun masih banyak hal yang belum terungkap. Hal ini dikatakan oleh para hebat yang kini masih melaksanakan banyak sekali penelitian alasannya masih banyak pertanyaan dibenak kita namun belum terjawab. Kuasa Tuhan yang membuat dengan segala kesempurnaanya.

Inti besi

Proses yang terjadi selanjutnya yaitu hilangnya seluruh inti sebuah bintang dan yang tersisa hanyalah unsur besinya saja. Pada proses ini suatu bintang mengalami masa kehancuran. Hal itu ditandai dari ketidakmampuan bintang melaksanakan reaksi fusi. Bintang yang tidak sanggup menyampaikan fungsinya sanggup menjadikan panas yang makin meningkat pada inti.    

Peledakan

Suhu pada inti bintang yang meningkat hingga seratus milyar derajat sehingga mengakibatkan bintang itu meledak. Suhu pada inti bintang tersebut pindah dan menyelimuti seluruh kepingan dari bintang. Yang terjadi sehabis itu yaitu ledakan yang super dahsyat. Ledakan inilah yang dinamakan ledakan supernova. Ledakan dahsyat tersebut bisa membuat satu gelombang yang sering di sebagai gelombang kejut. Gelombang kejut ini yang mengenai kepingan luar pada bintang yang mengakibatkan material yang ada menjadi panas. Material yang menjadi elemen gres ini di sebut sebagai isotop radioaktif.

Pelontaran

Pelontaran yaitu proses di mana ledakan yang super dasyat supernova berakhir. Nah sehabis terjadi gelombang kejut biasanya bintang akan memunculkan material. Material yang keluar akan bertebaran di ruang angkasa. Bahkan material yang meledak ini menyembur hingga materialnya ada yang berhasil hingga ke bumi.

Perlu anda ketahui bahwa bintang yang mengalami supernova akan memancarkan cahaya yang sangat terang. Bahkan cahayanya melebihi dari terangnya cahaya yang semula. Dengan adanya ledakan tersebut pastilah akan menimbulkan imbas dari ledakan tersebut. Dampak yang terjadi sehabis adanya ledakan supernova yaitu :

1. Munculnya logam

Inti bintang yang telah mengalami ledakan biasanya akan mengalami reaksi nuklir. Dari reaksi ini munculnya kadar berat. Jika di hitung kadarnya lebih berat dari helium dan hidrogen.

2. Terdapat kehidupan di alam semesta

Proses alam yang sangat menakjubkan. Mengapa di sebut demikian? Hal ini terjadi alasannya sehabis ledakan dahsyat dan mengerikan ada pesan yang tersirat serta keajaiban yang muncul. Keajaiban yang muncul setelahnya yaitu kehidupan di alam semesta ini. 

0 Response to "Supernova"

Total Pageviews