Latest News

Pengertian Kebutuhan Manusia| Macam-Macam Kebutuhan Menurut Intensitas Kegunaannya| Sifatnya| Waktu Pemenuhan| Subjek

Pengertian Kebutuhan Manusia , Macam-macam Kebutuhan Berdasarkan Intensitas Kegunaannya , Sifatnya , Waktu Pemenuhan , Subjek

1. Pengertian Kebutuhan


Kebutuhan yakni segala sesuatu yang muncul secara naluriah dan sangat diharapkan oleh insan untuk mempertahankan hidup. Untuk sanggup bertahan hidup , insan harus memenuhi segala macam kebutuhannya. Kebutuhan insan ini sanggup berupa barang dan jasa. Barang yakni sesuatu yang berwujud (tangible) , menyerupai makanan , minuman , pakaian , dan perumahan. Adapun jasa yakni sesuatu yang tidak berwujud (intangible) , menyerupai pendidikan , kesehatan , hiburan , dan rekreasi.

Kebutuhan insan akan barang dan jasa , dari waktu ke waktu selalu mengalami perubahan. Faktor-faktor yang memengaruhi berkembangnya kebutuhan insan di antaranya sebagai berikut.

a. Sifat insan tidak pernah merasa puas dengan apa yang telah mereka peroleh dan mereka miliki.
b. Adanya pertumbuhan penduduk dunia yang tinggi , yaitu rata-rata 2 ,1 juta jiwa per detik atau sekitar 65 juta orang per tahun.
c. Kebutuhan insan sifatnya tidak terbatas , sedangkan sumber daya untuk menghasilkan semua barang dan jasa yang dibutuhkan insan sifatnya terbatas. Keadaan menyerupai inilah yang disebut kelangkaan (scarcity).

Adanya keterbatasan sumber daya yang tersedia menyebabkan insan dihadapkan pada pilihan-pilihan yang bersifat individu maupun kolektif. Pilihan yang bersifat individu , contohnya Anda sebagai pelajar dihadapkan pada pilihan untuk membeli buku pelajaran atau pakaian. Adapun pilihan kolektif , contohnya membangun jembatan atau memperbaiki selokan.
membeli buku pakaian
Gambar 1. Salah satu pilihan yang bersifat individu. (a) mengatakan aktivitas membeli buku. (b) mengatakan aktivitas membeli pakaian. Dari dua aktivitas ekonomi di atas , manakah yang harus Anda dahulukan atau prioritaskan?

2. Macam-Macam Kebutuhan


Kebutuhan insan sanggup dikelompokkan menjadi sebagai berikut.

a. Kebutuhan Berdasarkan Intensitas Kegunaanya


Berdasarkan tingkat kepentingannya , kebutuhan sanggup dibagi menjadi sebagai berikut.

1) Kebutuhan Primer atau Kebutuhan Dasar

Kebutuhan primer disebut juga kebutuhan alamiah. Kebutuhan primer merupakan tuntutan secara alamiah yang harus dipenuhi. Manusia harus memenuhi kebutuhan dasarnya , menyerupai makanan , pakaian , dan perumahan (sandang , pangan , dan papan) untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya.
rumah
Gambar 2. Rumah merupakan kebutuhan primer yang harus dipenuhi oleh setiap manusia. Bagaimana dengan kebutuhan primer Anda?
2) Kebutuhan Sekunder atau Kebutuhan Pelengkap (Kebutuhan Kultural)

Setelah kebutuhan primer sudah terpenuhi , insan masih memerlukan kebutuhan yang lain , yaitu kebutuhan sekunder. Pemenuhan kebutuhan ini sejalan dengan tingkat kebudayaan (culture) masyarakat tempat seseorang hidup atau bertempat tinggal. Misalnya , kebutuhan masyarakat di tempat Lembah Baliem Papua akan berbeda dengan masyarakat di Kota Surabaya. Contoh kebutuhan sekunder yakni radio , televisi , buku , dan alat tulis.

3) Kebutuhan Tersier atau Kebutuhan Luks (Kebutuhan Mewah)

Kebutuhan tersier yakni kebutuhan yang hanya sanggup dipenuhi oleh sebagian kecil masyarakat yang mempunyai ekonomi biaya tinggi atau orang-orang kaya. Ukuran glamor ini sifatnya relatif , artinya satu barang pada satu waktu atau tempat mungkin termasuk kategori glamor (luks) , sedangkan pada tempat atau waktu lain mungkin tidak termasuk barang mewah. Contohnya , rumah glamor , kendaraan beroda empat glamor , dan berlibur ke luar negeri.
mobil
Gambar 3. Mobil yang harganya hingga ratusan juta bahkan lebih dari 1 miliar rupiah termasuk barang kebutuhan tersier.

b. Kebutuhan Berdasarkan Sifatnya


Berdasarkan sifatnya , kebutuhan sanggup dibagi menjadi sebagai berikut.

1) Kebutuhan Jasmani atau Kebutuhan Badaniah

Kebutuhan jasmani yakni kebutuhan yang dirasakan oleh unsur jasmani insan terhadap barang dan jasa. Unsur jasmani terhadap barang , contohnya , pada ketika Anda lapar dan haus , Anda butuh makan dan minum , di waktu udara masbodoh Anda perlu baju hangat , serta Anda perlu berolah raga semoga tubuh Anda sehat. Unsur jasmani terhadap jasa , contohnya , menonton film , liburan , dan tamasya ke kebun binatang.
kebutuhan jasmani
Gambar 4. Senam pagi semoga tubuh Anda sehat merupakan kebutuhan jasmani yang harus dipenuhi.
2) Kebutuhan Rohani

Kebutuhan rohani yakni kebutuhan yang berkenaan dengan rohani. Misalnya , kalau seseorang dalam keadaan stress (tekanan jiwa) berat , ia butuh psikiater atau psikolog. Untuk menentramkan jiwa dan rohani insan butuh beribadah berdasarkan keyakinan agamanya masing-masing.

c. Kebutuhan Berdasarkan Waktu Pemenuhan


Berdasarkan waktu pemenuhannya , kebutuhan sanggup dibagi menjadi sebagai berikut.

1) Kebutuhan Sekarang

Kebutuhan kini yakni kebutuhan yang harus dipenuhi pada waktu kini dan sifatnya tidak sanggup ditunda. Misalnya , bagi pelajar kebutuhan akan seragam sekolah , sepatu , buku-buku pelajaran , dan alat-alat tulis merupakan kebutuhan waktu sekarang.

2) Kebutuhan Waktu yang Akan Datang

Kebutuhan yang persiapannya dilakukan pada waktu sebelumnya untuk dipakai pada waktu yang akan datang. Contohnya , seseorang menabung untuk memenuhi kebutuhan membangun rumah atau untuk biaya pendidikan anak-anaknya. Kaprikornus , kebutuhan waktu yang akan tiba sifatnya sanggup ditunda. Penundaan pemuasan kebutuhan tersebut biasanya tidak akan memengaruhi kelangsungan hidup sehari-hari.

d. Kebutuhan Berdasarkan Subjek


Berdasarkan subjeknya , kebutuhan sanggup dibagi menjadi sebagai berikut.

1) Kebutuhan Perorangan/Individu

Kebutuhan perorangan yakni kebutuhan yang pemuasannya ditujukan bagi kepentingan individu yang bersangkutan. Contohnya , kebutuhan akan obat jantung bagi penderita penyakit jantung dan kebutuhan buku-buku pelajaran bagi pelajar.

2) Kebutuhan Kelompok/Masyarakat

Kebutuhan kelompok yakni kebutuhan yang pemuasannya ditujukan bagi kepentingan bersama (kelompok). Misalnya , pasar dipakai untuk berjualan maupun berbelanja dan rumah sakit dipakai sebagai tempat berobat oleh masyarakat.

Referensi :

Widjajanta , B. dan Aristanti Widyaningsih. 2009. Mengasah Kemampuan Ekonomi 1 : Untuk Kelas X Sekolah Menengah Atas/Mandrasah Aliyah Program Ilmu Pengetahuan Sosial. Pusat Perbukuan , Departemen Pendidikan Nasional , Jakarta. p. 170.

0 Response to "Pengertian Kebutuhan Manusia| Macam-Macam Kebutuhan Menurut Intensitas Kegunaannya| Sifatnya| Waktu Pemenuhan| Subjek"

Total Pageviews