Latest News

Persamaan Dan Perbedaan Gsm Dan Cdma| Pengertian| Contoh

Persamaan Dan Perbedaan GSM Dan CDMA , Pengertian , Contoh - Hampir sebagian besar masyarakat Indonesia memakai ponsel atau handphone untuk melaksanakan telekomunikasi dari jarak jauh , baik jaraknya yang hanya 1 kilometer hingga beribu-ribu kilometer jauhnya. Hal ini alasannya ialah selain penggunaan lebih gampang dan mudah , ponsel juga mempunyai banyak fitur dan akomodasi yang sanggup membantu pemiliknya , ibarat kalkulator , alarm , kamera , video , hingga sekedar untuk mendengarkan lagu favorit Anda dikala dalam waktu luang. Selain itu ukurannya yang kecil dan sanggup disimpan di saku membuat ponsel semakin menjadi favorit semua kalangan.

Mungkin dikala ini ada ponsel yang berada di genggaman , di saku , atau ditas Anda , namun tahukah Anda bila ponsel Anda tersebut berjenis GSM atau CDMA? Bila jawabannya iya , maka kemungkinan besar Anda mengetahuinya dari keterangan yang diberikan oleh vendor pada kemasannya atau dari kapasitas dan kemampuan dari ponsel tersebut. Namun bila Anda ingin lebih mengetahui lebih jauh mengenai apa bahwasanya definisi dari ponsel GSM dan CDMA , ada baiknya bila Anda meluangkan waktu sejenak untuk membaca isu dibawah ini.

1. Pengertian GSM Dan CDMA


GSM ialah kepanjangan dari Global System for Mobile Communication yang merupakan sebuah teknologi komunikasi telepon selular yang bersifat digital. Teknologi dari GSM lebih banyak diterapkan dan digunakan kepada komunikasi yang aktif dan bergerak , khususnya handphone (telepon genggam) atau ponsel. Dimana teknologi ini memanfaatkan gelombang yang luas atau mikro serta pengiriman sinyal yang berdasarkan dari waktu (TDMA) serta frekuensi (FDMA) , hal ini membuat sinyal isu yang dikirim hingga pada tujuan. Teknologi GSM merupakan standar global untuk berkomunikasi selular dan sekaligus sebagai teknologi yang paling banyak digunakan oleh masyarakat dunia.

Sedangkan CDMA merupakan kepanjangan dari Code Division Multiple Access yang merupakan sebuah model pemultipleksan dan bukan sebuah sketsa pemodulasian , dan merupakan sebuah metode saluran yang dilakukan secara bersama yang membagi jalur tidak berdasarkan waktu (TDMA) atau frekuensi (FDMA) , namun lebih kepada cara mengkodekan data pada tiap jalur yang ada , dan kemudian memanfaatkan interferensi konstruktif dari kode-kode yang khusus tersebut untuk melaksanakan pemultipleksan.

Mungkin pengertian ilmiah ibarat diatas masih membuat galau orang awam. Kalau disederhanakan definisinya ialah bila diumpamakan sebuah alat komunikasi maka CDMA ialah sebuah Bus alasannya ialah sanggup membawa penumpang dalam waktu yang bersamaan alasannya ialah masing-masing penumpang telah mempunyai arahan uniknya masing-masing namun akomodasi dan tujuannya harus sesuai dengan yang telah ditetapkan oleh armada bus , sedangkan GSM ialah sebuah Taxi yang bisa mengantar penumpangnya kemana saja tujuan (jangkauan daerahnya lebih luas) yang diinginkan oleh penumpang dan lebih banyak akomodasi yang menawarkan kenyaman bagi penumpangnya dimana saja dan kapan saja digunakan.

2. Persamaan dan Perbedaan GSM dan CDMA


Setelah mengetahui apa pengertian dan analogi sederhana dari GSM dan CDMA diatas maka berikut ini ialah persamaan dan perbedaan dari GSM dan CDMA , yaitu :

2.1. Persamaan GSM dan CDMA


1. Sama-sama berfungsi sebagai teknologi telekomunikasi yang memudahkan pelanggannya dalam berkomunikasi
Contoh : hampir semua handphone GSM dan CDMA sanggup digunakan dalam mengirim pesan , berkomunikasi lewat bunyi , dan bertukar isu melalui internet.
2. Secara fisik dan ukuran handphone atau ponsel pada umumnya mempunyai kesamaan tampilan dan ukuran yang sama
Contoh : handphone GSM dan CDMA terdiri dari banyak sekali jenis dan model yang hampir sama ibarat model biasa atau umum , model lipat , model tipis , atau model yang tebal
3. Fitur dan akomodasi pelengkap  handphone GSM dan CDMA biasanya juga sama
Contoh : masing-masing handphone umumnya mempunyai akomodasi alarm , kalkulator , TV , radio , dan pemutaran serta perekaman video.
4. Handphone GSM dan CDMA mempunyai kesamaan kekurangan yaitu semakin banyak pengguna dalam waktu yang bersamaan maka semakin kurang baik jaringan yang didapatkan oleh pelanggan
Contoh : pada momen istimewa ibarat lebaran , natal dan tahun gres umumnya operator mengalami kesulitan mengatur penyampaian pesan dan penggunaan komunikasi dalam waktu yang bersamaan dikala digunakan oleh banyak pengguna.


Setelah mengetahui beberapa perbedaan antara GSM dan CDMA diatas , ada baiknya bila Anda juga mengetahui apa saja perbedaannya , antara lain :
1.    Tarif dan biaya telekomunikasi
Tarif operator GSM lebih mahal bila dibandingkan dengan CDMA , namun untuk beberapa promosi khusus malah gratis
Tarif operator CDMA sedikit lebih murah , terutama untuk wilayah dalam kota
2.    Fasilitas yang diberikan
GSM menawarkan fasilitasn 3G dalam berkomunikasi sedangkan CDMA menawarkan akomodasi EVDO. Untuk kecepatan saluran internet , komunikasi data , bunyi dan video harus diakui EVDO lebih baik dan cepat daripada 3G
3.    Spesifikasi
GSM 1800 mempunyai spesifikasi uplink 1710-1785 MHz , dan downlink : 1805 -1880 MHz
CDMA 1900 mempunyai spesfikasi uplink 1850-1910 MHz dan downlink : 1920-1990 Mhz
4.    Kelebihan jaringan
5.    Operator di Indonesia
GSM : As , Simpati , XL bebas , XL jempol , Mentari , IM3 dan 3 (three)
CDMA : Flexi , Fren , Starone , dan Smarfren
6.    Daya jelajah
Untuk daya jelalah sistem digital GSM dan CDMA mempunyai perbedaan dimana CDMA lebih baik bila digunakan diwilayah yang padat penduduknya dan di lingkungan yang dipenuhi dengan gedung-gedung yang tinggi alasannya ialah semakin padat semakin baik. sedangkan GSM lebih baik digunakan di lingkungan yang tidak terlalu padat dan jarak jauh. Karena bila penggunaan yang telalu konstan sanggup membuat koneksi menjadi terganggu atau melambat.

3. Manfaat Mengetahui Pengertian , Persamaan dan Perbedaan GSM dan CDMA


Informasi diatas agar bisa menambah pengetahuan mengenai apa pengertian dari GSM dan CDMA dalam analogi yang lebih sederhana yaitu antara Bus dan Taxi. Sedangkan isu mengenai persamaan dan perbedaan sanggup menawarkan Anda isu mengenai apa saja kelebihan da kekurangan dari handphone GSM dan CDMA , sehingga Anda bisa menyesuaikan ponsel jenis apa yang sesuai dengan kebutuhan Anda dikala ini.

Di mana bila Anda berada di lingkungan yang pada penduduk ditengah gedung bertingkat dan hampir setiap hari menghabiskan waktu disekitar tempat tersebut ada baiknya memakai ponsel CDMA , namun bila Anda tinggal didaerah yang berpenduduk tidak terlalu padat , dimana masih banyak area kosong dan jarak antara satu tempat tujuan ke tempat lain cukup jauh , maka Anda perlu mempertimbangkan untuk memakai ponsel GSM. Atau mungkin bila Anda mempunyai dana yang lebih ada baiknya bila mempunyai ponsel GSM dan CDMA. Karena di banyak kota besar dan berjuluk kota metropolis yang penuh dengan kegiatan dan kesibukan masyarakatnya lebih banyak memakai dua jenis ponsel sekaligus yaitu GSM dan CDMA. Hal ini bukan alasannya ialah untuk gaya-gayaan saja tapi memang sebuah kebutuhan yang perlu menerima perhatian lebih , apalagi bila hal tersebut berafiliasi dengan efektivitas terlaksananya sebuah pekerjaan atau proses komunikasi yang lancar antara keluarga yang mungkin mempunyai jarak yang jauh dengan lokasi pekerjaan. Bagaimana berdasarkan Anda?

Semoga artikel mengenai Persamaan dan Perbedaan GSM Dan CDMA menambah wawasan kita. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

0 Response to "Persamaan Dan Perbedaan Gsm Dan Cdma| Pengertian| Contoh"

Total Pageviews