Latest News

Dampak Dampak Ancaman Radiasi Pada Insan Dan Makhluk Hidup| Elektromagnetik| Takaran Serap| Teladan Soal| Jawaban| Fisika

Dampak Efek Bahaya Radiasi pada Manusia dan Makhluk Hidup , Elektromagnetik , Dosis Serap , Contoh Soal , Jawaban , Fisika - Radiasi sanggup menimbulkan kerusakan , yaitu perubahan yang membahayakan yang berlangsung pada benda mati dan makhluk hidup akhir pemaparan terhadap elektron berenergi , nukleon , fragmen fisi , atau radiasi elektromagnetik energi tinggi. Pada benda mati , kerusakan sanggup disebabkan oleh eksitasi , ionisasi , perubahan elektronik , atau perpindahan atom. Pada makhluk hidup , mekanisme-mekanisme tersebut sanggup menimbulkan perubahan-perubahan pada sel yang mengganggu struktur genetiknya , keikutsertaan pada pembelahan sel , atau bahkan membunuh sel tersebut.

Pada insan , perubahan-perubahan ini sanggup mengakibatkan penyakit radiasi , luka bakar akhir radiasi (akibat takaran tinggi radiasi) , atau banyak sekali macam kerusakan jangka panjang. Akibat paling berbahaya ialah sanggup mengakibatkan banyak sekali jenis kanker. Kerusakan-kerusakan tersebut sanggup terjadi lantaran radiasi sanggup melewati atau menembus suatu benda. Jenis dan tingkat kerusakan tergantung pada beberapa faktor , antara lain jenis dari energi radiasi serta sifat dari medium. Sebagai pola , logam yang dipergunakan di dalam reaktor. Strukturnya sanggup menjadi lemah lantaran menerima fluks neutron berenergi tinggi.

Dosis Serap

Suatu ukuran untuk menyatakan sejauh mana materi telah dikenai radiasi ionisasi disebut dosis. Dosis Serap menyatakan energi per satuan massa yang diserap oleh materi akhir radiasi tersebut. Besarnya takaran serap sanggup dirumuskan:

D = E/m

Dengan D ialah takaran serap , E menyatakan besarnya energi yang diberikan oleh radiasi pengion , dan m ialah massa yang menyerap energi tersebut.

Dalam satuan SI , takaran serap dinyatakan dalam Gray (Gy) , yaitu takaran terserap jika energi per satuan massa yang diberikan pada materi oleh radiasi ionisasi mempunyai nilai 1 joule per kilogram. Satuan terdahulu ialah rad (rd) , yang nilainya setara dengan 10-2 Gy.

Dosis maksimum yang diizinkan (maximum permissible dose) ialah batas atas takaran terserap yang boleh diterima insan atau anggota badan dalam selang waktu tertentu , yang dianjurkan oleh Dewan Internasional untuk Perlindungan Radiologi (International Comission on Radiological Protection).

Contoh Soal :

Seberkas partikel α melewati daging dan mengendapkan 0.2 J energi di dalam setiap kilogram daging. Tentukan dosisnya dalam Gy!

Penyelesaian:

Diketahui: 

E = 0 ,2 J
m = 1 kg

Ditanya: D = ...?

Jawab: D = E/m = 0 ,2/1 = 0 ,2 Gy

Anda kini sudah mengetahui Bahaya Radiasi. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Budiyanto , J. 2009. Fisika : Untuk SMA/MA Kelas XII. Pusat Perbukuan , Departemen Pendidikan Nasional , Jakarta. p. 298.

0 Response to "Dampak Dampak Ancaman Radiasi Pada Insan Dan Makhluk Hidup| Elektromagnetik| Takaran Serap| Teladan Soal| Jawaban| Fisika"

Total Pageviews